Hanya 3 Ban dan 3 Suspensi Rusak, Rifat Sungkar Tuntaskan SS2 Leg 1 AXCR 2022

triton rifat sungkar


Meski terkendala satu ban pecah hingga suspensi mati tiga, Rifat Sungkar mampu selesaikan SS2 leg pertama. Sementara harus puas di posisi kedelapan. Triton yang dipakai benar-benar standar. Tidak ada modif ekstrem seperti lawan lain di level T1 (prototype) Asia Cross Country 2022. 

KEY TAKEAWAYS

  • Rifat Sungkar mengendarai Triton spek teknis pabrikan

    Ibarat laboratorium alam, hasilnya untuk pengembangan mobil-mobil terbaru
  • “Saya enggak tahu apa yang terjadi. Cuma dengar bunyi di belakang. Ternyata suspensinya bermasalah. Jadi mungkin, dari awal sudah begitu, tapi kita tak sadar. Karena suspensi belakang bagian kanan sudah jebol, akhirnya give up, ban pecah, 15 km to go. Kalo berhenti ganti ban mungkin kita kehilangan waktu 5 menit lebih. Akhirnya diputuskan tetap melesat (kehilangan 3 menit), hingga makin parah, sampai peleknya hilang (tergerus). Terus suspensi rusak jadi tiga. Jadi saya pakai speed biasa saja,” beber Rifat usai balapan di Chonburi, Thailand (22/11).

    Ia menggambarkan betapa tangguhnya Mitsubishi Triton spek standar pabrikan. Karena yang bermasalah ialah part pendukung, yakni suspensi lansiran Cusco. Sebab dia pikir, lantaran kondisi rusak, gardan bakal ketinggalan. Selain bunyi parah. Per pasti menabrak sasis. Yang tidak mengecewakan ialah saat melaju perjalanan 100 km, hanya dua mobil menyalip Triton Rifat. Di bayangannya, bakal tersusul lima sampai enam mobil. Sebab lari kendaraan hanya konsisten di angka 60-80 km. Dengan kerusakan suspensi dan mobilnya baik-baik saja, lanjutnya, adalah sebuah pencapaian.

    Triton AXCR 2022

    “Usai stage dua, mobil langsung dibawa ke bengkel servis untuk perbaikan. Semuanya (part) diganti baru. Terus keseriusan tim Ralliart pakai mobil standar adalah buat riset sasis yang lebih kuat lagi. Kebanyakan pembalap lain pakai transmisi matik. Sedangkan kami pakai manual. Posisi shock juga standar, tidak diubah. Mesin juga begitu. Sementara itu, ternyata aturannya, mesin boleh dipakaikan turbo besar. Jadi mereka (lawan) punya konsep mengoptimalkan mobil standar hingga lebih (racing spec),” tutur dia lagi.

    Tatkala membalap hingga 80 km, Rifat bisa melahap dan menyalip lawan tanpa masalah. Sedangkan Chayapoi Yotha dari tim sama, punya strategi beda. Pelan-pelan dulu asal konsisten hingga bisa posisi pertama. Ia mengaku puas dari capaian itu. Sedangkan di stage ketiga (SS3), pembalap asal Indonesia ini berharap bisa naik ke posisi lebih baik lagi. Setidaknya urutan keempat atau kalau bisa ketiga. Yang menarik saat di ajang AXCR. Para pembalap bisa santai dengan belanja keperluan makanan dan minuman di minimarket. Bahkan bisa isi bahan bakar di SPBU mana saja. 

     

    Mobil Spek Pabrikan

    spek triton AXCR 2022

    Balapan Asia Cross Country Rally 2022 memiliki benang merah dengan model produksi. Reli merupakan sebuah balapan yang menguji ketahanan mesin. Semua bagian dites di kejuaraan ini. Sehingga kata Mitsubishi, kegiatan saat ini sangat penting bagi produksi mobil-mobil selanjutnya. Karena ada tiga hal mendasar dalam membangun sebuah kendaraan: safety, security, comfort.

    “Dalam sebuah kompetisi, mobil belum tentu harus paling kencang. Tapi harus nyaman. Karena bila pembalap merasakan itu. Target menang lebih besar. Jadi memang harus safety, security dan comfort. Itu menjadi konsep utama kendaraan yang akan dites melalui reli. Melalui endurance laboratorium alam. Lantas hasilnya, bakal diolah lebih lanjut untuk pengembangan mobil-mobil Mitsubishi lainnya. Karena, intinya Mobil Mitsubishi kan kuat. Nah, itulah dasarnya,” imbuh Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, di Thailand.

    Triton yang ditunggangi Rifat Sungkar dan co driver asal Thailand, Chupong Chaiwan. Merupakan sebuah mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Golongan T1 prototipe kendaraan lintas alam. Berdasarkan spesifikasi model kabin ganda. Mobil reli dibuat menjadi ringan dengan bahan karbon. Material ada di kap mobil, pintu depan maupun belakang, interior dan bagian lain. Sedangkan bodi mobil telah diperkuat oleh roll cage dan underguard. Ini detailnya:

    Overall length

    5.300 mm

    Overall width

    1.815 mm

    Wheelbase

    3.000 mm

    Tread (front/rear)

    1.520 mm / 1.515 mm

    Engine

    4N15 type 4-cylinder MIVEC turbo diesel

    Fuel injector

    High-pressure common-rail injection

    Displacement

    2.442 cc

    Power (maximum)

    133 kW

    Torque (maximum)

    430 N m

    Transmission

    6-speed manual

    4WD system

    Super Select 4WD-II

    Differential

    CUSCO front and rear LSD

    Front suspension

    Independent double-wishbone with coil springs

    Rear suspension

    Rigid leaf spring

    Shock absorbers

    CUSCO fully-adjustable front and rear dampers

    Steering

    Rack and pinion with power assist

    Brakes

    ENDLESS front and rear ventilated discs

    with 4-piston calipers

    Wheels

    WORK aluminum alloy wheels (17-inch x 8J)

    Tires

    Yokohama GEOLANDAR M/T G003 (265/70R17)

    Body

    Carbon fiber hood

    Carbon fiber untuk panel pintu depan dan belakang

    (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Kapan Mitsubishi Indonesia Rilis Kompak SUV Pesaing Toyota Raize dan Honda WR-V?

    Jelajahi Mitsubishi Triton

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi Triton
    • Tampak samping Triton
    • Tampak belakang serong Triton
    • Tampak Depan Mitsubishi Triton
    • Tampak belakang Triton
    • Tampak Grille Triton
    • Lampu depan Triton
    • lampu belakang Triton
    • Mitsubishi Triton Drivers Side Mirror Front Angle
    • handle pintu Triton
    • Tampak belakang Triton
    • Mitsubishi Triton Front Side View
    • Tampak depan medium Mitsubishi Triton
    • Mitsubishi Triton Drivers Side Mirror Rear Angle
    Mitsubishi Triton
    Rp 302 - 527 Juta Cicilan : Rp 6,89 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Pajero Sport
      Mitsubishi Pajero Sport
    • Mitsubishi Pajero Sport Elite
      Mitsubishi Pajero Sport Elite
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Pickup Truck

    Artikel Mobil Mitsubishi Triton dari Carvaganza

    • Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
      Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
      Anindiyo Pradhono . 12 Des, 2024
    • FIRST DRIVE: All New Mitsubishi Triton GLS Bisa Diandalkan Lahap Off-Road
      FIRST DRIVE: All New Mitsubishi Triton GLS Bisa Diandalkan Lahap Off-Road
      Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
    • Mitsubishi Kenalkan All New Triton Varian Termurah, Simak Spek Lengkapnya
      Mitsubishi Kenalkan All New Triton Varian Termurah, Simak Spek Lengkapnya
      Anjar Leksana . 09 Sep, 2024
    • Perubahan Luar Dalam, All New Mitsubishi Triton Tetap Punya Performa Tangguh
      Perubahan Luar Dalam, All New Mitsubishi Triton Tetap Punya Performa Tangguh
      Alvando Noya . 30 Agu, 2024
    • Mitsubishi Mulai Uji All New Triton di Indonesia, Bakal Muncul di GIIAS 2024
      Mitsubishi Mulai Uji All New Triton di Indonesia, Bakal Muncul di GIIAS 2024
      Setyo Adi . 04 Jun, 2024

    Artikel Mobil Mitsubishi Triton dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
      Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
      OTO . 12 Des, 2024
    • Mitsubishi Ajak Konsumen Mencoba All New Triton di Pekanbaru
      Mitsubishi Ajak Konsumen Mencoba All New Triton di Pekanbaru
      Anjar Leksana . 13 Nov, 2024
    • Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
      Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
      Anjar Leksana . 09 Sep, 2024
    • Mitsubishi Rilis All New Triton dan New Pajero Sport
      Mitsubishi Rilis All New Triton dan New Pajero Sport
      Setyo Adi Nugroho . 17 Jul, 2024
    • Mitsubishi Gelar Special Delivery Ceremony XForce
      Mitsubishi Gelar Special Delivery Ceremony XForce
      Muhammad Hafid . 01 Des, 2023
    • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
      Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
      Ardiantomi . 29 Okt, 2024
    • Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
      Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
      Setyo Adi Nugroho . 25 Mar, 2022
    • Panduan Modifikasi Mitsubishi Triton
      Panduan Modifikasi Mitsubishi Triton
      OTO . 27 Mei, 2021
    • Komparasi Fungsionalitas di Atas Kertas: Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton
      Komparasi Fungsionalitas di Atas Kertas: Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton
      Ahmad Karim . 29 Agu, 2020
    • Begini Transformasi Mitsubishi Triton dari Masa ke Masa di Tanah Air
      Begini Transformasi Mitsubishi Triton dari Masa ke Masa di Tanah Air
      Muhammad Hafid . 19 Agu, 2020
    • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
      First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
      Anjar Leksana . 10 Sep, 2024