Sejumlah pejabat di Kementerian Keuangan memiliki motor Honda Rebel CMX500. Itu tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Ada yang tahun produksi 2018 dan 2019 senilai Rp120 juta hingga Rp145 juta. Sedangkan kalau dilihat unit seken area Jabodetabek, masih di kisaran sama. Kalau beli gres 2023 di diler big bike, sekarang dijual Rp199,83 juta OTR Jakarta.
Dari LHKPN, tertulis pemilik Honda CMX Rebel yakni Menkeu Sri Mulyani, Direktur Perpajakan Internasional Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Mekar Satria Utama. Lalu Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak Peni Hirjanto dan Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh. Asal tahu, rebel termasuk jenis moge tanggung karena kubikasinya tak begitu besar. Bentuk juga simpel.
Kata kunci saat pengembangan Honda Rebel yaitu sederhana dan mudah, untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Desain standar mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet rendah dan ramping. Tangki diposisikan mendongak, berkapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar. Sehingga pengendara dapat duduk secara sempurna di atas motor.
Rebel berbekal mesin 471 cc 8 valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R. Untuk menyuguhkan kemampuan jelajah, telah dilakukan perubahan settingan PGM-FI agar memiliki karakter berbeda dari motor sport itu. Unit berfokus pada performa rpm tinggi, menjadi output torsi bottom-end padat. Penyaluran daya diklaim halus dan linear di seluruh rentang putaran. Tarian dua piston memberi torsi maksimum 43,6 Nm di 5.500 rpm. Kemudian menghasilkan tenaga puncak 45,5 PS pada 8.500rpm. Girboks enam kecepatan dirancang supaya mudah dinaikkan maupun diturunkan. Terutama di perkotaan.
Baca Juga: Cocok buat Hobi, Pilih Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
Power unit tertanam dijanjikan memberi keseimbangan antara ukuran fisik dan output fleksibel. Bore dan stroke berukuran 67 mm x 66.8 mm dengan rasio kompresi 10,7:1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm. Yakni penyetelan katup jenis shim guna memperoleh bobot ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.
Silent (SV chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi material vanadium. Fungsinya mengurangi gesekan serta peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0 mm berdiameter katup buang 21,5 mm. Honda Rebel mengadops crankcases centrifugally cast thin-walled sleeves. Lalu desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli 2,5 liter.
Untuk mendukung tampilan low-rider. Rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin tiga titik, dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara. Panjang trail diset 110 mm sudut 28°. Rake, garpu offset suspensi memiliki sudut 30° dikombinasikan jarak sumbu roda 1.490 mm. Sehingga ketinggian jok mencapai 690 mm agar mempermudah keseimbangan kemudi. Secara umum tampilan relatif sederhana, supaya mudah dikustomisasi. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mengulik Perbedaan Honda CRF250L dan CRF250 Rally
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.