Jika Anda tengah mencari SUV keluarga, parameternya acap kali mobil konfigurasi tujuh penumpang dan banderol mirip. Maka Mitsubishi Xpander Cross dan Wuling Almaz Executive 7-seater bisa saling ditarungkan. Mereka sudah sama-sama punya transmisi jenis CVT, harga terbilang mirip. Produk MMKSI dilego Rp335,75 juta dan kendaraan SGMW dijual Rp325,8 juta. Semua on the road Jakarta. Selisih Rp9,95 juta. Mari kita singkap kemampuan masing-masing unit.
Barang anyar itu memang sedap dipandang. New Xpander Cross kini lebih atletis dengan imbuhan overfender, body moulding dan sisipan aksesori di berbagai sudut. Ia makin tampan berkat pelek 17 inci dual tone. Hampir semua pencahayaan mengusung teknologi LED, termasuk lampu utama. Sedangkan Wuling Almaz Ex, tampil sporty walau tidak setampan varian RS. Sorot utama pakai proyektor LED, pelek baru dual tone 17 inci dan masih ada aksen light off-road di depan dan sisi mobil. Ia tetap menarik. Namun, subjektivitas desain memang kembali ke cara pandang personal konsumen.
Kala Anda duduk di kabin Almaz Ex, lumayan terkesan mewah. Jok pakai material kulit sintetis. Ada material soft touch di dasbor dan beberapa panel. Unit sudah pakai electric hand brake. Layar monitor 10,4 inci vertikal mencuat di tengah. Bisa terkoneksi smartphone dan yang paling penting punya fitur perintah suara WIND. Terus sudah panoramic sunroof pula.
Mitsubishi jua punya kabin mirip. Jok berbahan kulit sintetis, pakai tema dwi warna, ada soft touch di dasbor, star/stop button, setir empat arah dan sistem AC digital. Bahkan Xpander Cross sudah menggunakan layar meter cluster LCD 8 inci dan wireless charger. Sebagai hiburan, tertanam head unit 9 inci plus audio switch di lingkar kemudi. Bisa multikonektivitas, namun tak secanggih Wuling dengan perintah suara.
Baca Juga: Sarat Fitur Canggih, Pilih Toyota Avanza 1.5 G TSS atau Daihatsu Xenia 1.5 R ASA?
Xpander Cross mengandalkan mesin MIVEC 1,5 liter. Tenaganya 105 PS pada 6.000 rpm. Lalu dorongan torsi maksimal 141 Nm di 4.000 rpm. Ia pakai penggerak roda depan. Yang tak kalah penting ialah imbuhan Active Yaw Control (AYC) hanya di model facelift. Perangkat membantu meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman di roda depan. Sehingga mengoptimalkan kestabilan mobil ketika bermanuver secara cepat atau di jalan licin.
Sementara itu, Almaz menawarkan buncahan tenaga lebih. Tersedia daya 140 PS pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.800 - 3.600 rpm. Powernya menang telak, berkat jantung pacu 4-silinder 1,5 liter DVVT plus turbocharger. Urusan penyaluran output mengandalkan transmisi CVT, yang punya mode perpindahan simulasi manual 8-speed.
Nah, mereka punya konfigurasi tujuh penumpang yang digemari konsumen. Wuling Almaz Ex berdimensi (PLT) 4.655 mm x 1.835 mm x 1.760 mm dan ground clearance 230 mm. Sementara Xpander Cross berukuran 4.47500 mm x 1.750 mm x 1.695 mmm dan jarak tanah 220 mm. Lalu SUV pabrikan Cina memiliki jarak sumbu roda 2.750 mm, yang kalah sedikit dari Xpander 2.775 mm. Dari angka itu, Almaz sedikit lebih unggul. Ada baiknya Anda masuk kabin dan membuktikan kenyamanan serta kelapangan langsung.
Almaz punya dua kantong udara, seat belt reminder depan, rem ABS + EBD + BA dan Hill Hold Control. Dilengkapi pula oleh Electronic Stability Control, Traction Control System, immobilizer, rem cakram di tiap roda, Emergency Stop Signal (ESS), kamera parkir mundur, serta sensor parkir depan. Sedikit lebih komplet dari Xpander Cross.
Pabrikan Jepang ini hanya membekali deret peranti macam Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC) dan Hill Start Assist (HSA). Sedangkan peranti pasif: Supplemental Restraint System (SRS) dual airbag, sabuk keselamatan dengan pretension, parking sensor, camera 360 dan force limiter. Serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.
Jika sudut pandangnya ialah harga dan kelengkapan. Wuling Almaz Ex jauh lebih murah dan punya fitur komprehensif dibanding Xpander. Pabrikan Cina ini mulai gencar menambah jaringan penjualan maupun purnajual di Tanah Air. Sehingga semakin punya nilai lebih. Dilihat dari segi desain juga tampak sporty. Kalaupun masih tetap berhasrat beli produk Mitsubishi, Xpander Ultimate CVT juga layak dimiliki. Lebih terjangkau dari varian Cross. (Alx/Odi)
Baca Juga: Harga Sama Rp307,1 Juta, Adu Kemampuan Hyundai Stargazer Vs Mitsubishi Xpander
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.