Harga, Teknologi, dan Infrastruktur Banyak Dibahas Netizen Indonesia Soal Merek Otomotif Tiongkok

Chery BRICS 2023

Merek-merek otomotif asal Tiongkok belakangan membanjiri pasar Indonesia dan mendapatkan penerimaan positif dari masyarakat. Klaim ini hasil dari riset yang dilakukan konsultan komunikasi Asia Tenggara, Vero, dan perusahaan manajeman pemasaran terpadu asal Tiongkok, WeBridge. Sebanyak 60 persen konsumen di Tanah Air menerima produk otomotif China dengan alasan harga terjangkau, ragam fitur inovatif, serta mobilitas dan kenyamanan.

Hasil ini didapat lewat analisa komprehensif sosial listening terhadap percakapan konsumen tentang mobil Tiongkok. Studi yang diberi judul "The Road to Southeast Asia: A Study of Consumer Perception and Market Opportunities for Chinese Automotive Brand", menggali penerimaan masyarakat Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Bagi yang bertanya bagaimana cara kerja metode sosial listening ini, peneliti melakukan pengamatan mengenai beragam topik di internet, utamanya media sosial. Lewat studi ini didapat, sebanyak 40 persen percakapan terkait merek otomotif China di indonesia berkisar soal harga produk dan layanan. Selain itu, sebanyak 29 persen percakapan berfokus pada teknologi dan inovasi yang menyoroti perangkat elektronik dan kendaraan. Terakhir ada diskusi mengenai fungsionalitas, desain dan ketersediaan barang lewat saluran online maupun offline.

Perbincangan mengenai kendaraan listrik asal Tiongkok juga terpantau lewat peningkatan volume pencarian kata kunci yang berkaitan dengan tema tersebut. Ada tema mengenai penghematan energi, mobil listrik, dan efisiensi energi.

Vero dan WeBridge juga menganalisis faktor utama yang mempengaruhi keputusan dalam membeli mobil di Indonesia. Lewat metode social listening, konsumen sebanyak 33 persen memandang bahwa memiliki mobil merupakan preferensi pribadi alias gaya hidup. Soal efisiensi dalam berkendara menyumbang 28 persen percakapan di internet, sementara soal mobilitas dan kenyamanan sebesar 15 persen dimana temanya adalah menyoroti pentingnya pilihan transportasi yang dipersonalisasi.

Selain bahasan positif di atas, perbincangan dengan tema negatif juga masih ditemui. Bahasan soal biaya kepemilikan yang dirasa tinggi sebesar 38 persen mewarnai perbincangan di internet. Selain itu soal kurangnya infrastruktur yang menghalangi membeli mobil diperbincangkan sebanyak 21 persen. Soal kemacetan lalu lintas yang menjadi kendala utama memiliki mobil diperbincangkan sebesar 17 persen.

Studi merek cina

Soal Harga, Merek Tiongkok Bisa Unggul

Lewat studi ini, Vero dan WeBridge memberikan saran pada merek asal Tiongkok. Lewat harga terjangkau yang menjadi nilai jual utama, merek otomotif China bisa memposisikan diri secara strategis untuk unggul di pasar kompetitif dengan mengoptimalkan strategi penetapan harga. Konsumen di Indonesia mencari cara yang dapat diandalkan dan hemat biaya untuk memudahkan perjalanan. Selain itu, ketersediaan pilihan ramah kantong dari brand Tiongkok sesuai dengan keinginan calon konsumen.

Quang Do, Vero Vice President IMC Consulting, mengungkapkan merek kendaraan listrik China dapat memperkuat kampanye lewat pesan keberlanjutan yang otentik dengan menyoroti tujuan mobilitas ramah lingkungan di Indonesia dan manfaat beralih ke kendaraan listrik. Ini bisa dilakukan dengan mempromosikan kendaraan listrik sebagai penanda gaya hidup modern, bukan sebagai tren sesaat.

"Merek-merek China juga dapat menggali lebih dalam untuk mengatasi masalah konsumen dalam adopsi kendaraan listrik, seperti infrastruktur pengisian daya dan sistem penukaran baterai yang nyaman," ucap Quang Do dalam keterangannya.

Dzikri Sabillah Anwar, Senior PR Executive Vero dan peneliti dalam studi ini mengungkapkan merek mobil China dapat meningkatkan visibilitas dengan berpartisipasi lewat beragam pameran. Selain itu bisa juga lewat acara-acara yang menawarkan kesempatan mencoba mobil dan berinteraksi dengan perwakilan merek.

"Inisiatif offline ini membawa merek-merek tersebut berinteraksi secara langsung dengan audiens target mereka dan memberikan wawasan yang tak ternilai ke dalam perilaku konsumen," ucap Anwar. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Gambaran Pasar MG Motor di Thailand yang Tumbuh Pesat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Pilihan SUV Besar Premium, Simak Perbedaan Mazda CX-70 dan CX-80 Versi Australia
    Pilihan SUV Besar Premium, Simak Perbedaan Mazda CX-70 dan CX-80 Versi Australia
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • BMW Xperience Digelar di Plaza Senayan, Pembuka Rangkaian The Year of X
    BMW Xperience Digelar di Plaza Senayan, Pembuka Rangkaian The Year of X
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2025
  • MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    Alvando Noya . 17 Jan, 2025
  • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
  • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024