Hasil Pemesanan Mobil Selama GIIAS 2023, Siapa Paling Banyak?
Gelaran otomotif akbar GIIAS 2023 berakhir. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi memprediksi hasil transaksi selama 10 hari bisa tembus Rp15 triliun. Bahkan jumlah pengunjung naik 20 persen atau hingga 400.000 orang. Kemudian sejumlah produsen mobil beramai-ramai melaporkan hasil pemesanan unit (SPK) selama pameran. Siapa paling banyak? Kami merangkumnya dalam posisi enam besar.
KEY TAKEAWAYS
GIIAS 2023 dikunjungi oleh 400 ribu orang
Transaksi GIIAS 2023 ditaksir tembus Rp15 triliunToyota 5.796 SPK
Paling banyak datang dari Toyota Astra Motor (TAM) mengantongi 5.796 unit pemesanan (SPK) selama 10–20 Agustus 2023. Duo generasi terbaru Avanza – Veloz sebagai mobil favorit memimpin penjualan dengan SPK 1.213 unit (20,9 persen). Sementara di tempat kedua, All New Kijang Innova Zenix 823 unit (14,2 persen). Komposisi varian hybrid mencapai di atas 80 persen. Kemudian dilanjutkan model low cost green car Calya 816 unit (14,1 persen. Lanjut All New Agya 648 unit (11,2 persen). Serta produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6 persen).
All New Kijang Innova Zenix Hybrid mencatat SPK sebanyak 658 unit. All New Alphard Hybrid 305 unit, All New Yaris Cross Hybrid 222 unit, Toyota BZ4X 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport 3 unit. Jadi total SPK xEV Toyota sebanyak 1.255 unit atau 22 persen dari seluruh penjualan Toyota selama pameran GIIAS 2023 berlangsung. Angka ini naik signifikan lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu.
Baca Juga: Alasan Mitsubishi Xforce Pakai Platform Xpander dan Kemunculan Versi Hybrid
Hyundai 3.727 SPK
Lalu nomor dua ditempati Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mereka mencatatkan berbagai raihan positif dalam partisipasi di GIIAS 2023. HMID sukses meraih total 3.727 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Perusahaan juga mendapatkan apresiasi tinggi dari penyelenggara atas keberhasilan dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.
Dari seluruh lini kendaraan Hyundai di GIIAS 2023. Stargazer mendominasi pemesanan dengan total lebih dari 1.600 SPK. Hasil ini meliputi pemesanan untuk New Stargazer dan varian Stargazer X. Ioniq 5 sebagai lini kendaraan listrik unggulan juga mendapatkan antusiasme tinggi dari konsumen dengan total raihan 776 SPK. Selanjutnya diikuti oleh CRETA dengan total raihan 768 SPK.
“Terima kasih atas antusiasme pengunjung GIIAS 2023 untuk Hyundai. Ini menunjukkan kepercayaan dan minat tinggi masyarakat terhadap produk kami di Indonesia. Hal ini pun menjadi motivasi lebih bagi kami untuk terus memperkuat posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia. Yakni dengan menghadirkan lebih banyak kendaraan inovatif sesuai kebutuhan masyarakat,” ucap WooJune Cha, President Director of Hyundai Motors Indonesia.
MMKSI 3.685 SPK
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga mengumumkan pencapaian penjualannya. Selama periode GIIAS 2023, perusahaan mencatat pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 3.685 unit. Hasil ini didominasi oleh model MPV andalan Mitsubish Motors yaitu New Xpander (termasuk varian Cross).
Barang baru, Mitsubishi Xforce sebagai pendatang juga mendapat feedback besar dari pengunjung. Hal ini ditunjukkan dengan surat pemesanan dan minat test drive tinggi. Yakni hampir 1.000 kali diuji coba langsung oleh para pengunjung GIIAS 2023, dari total sekitar 1.300 kali test drive kendaraan Mitsubishi Motors. Selain itu, MMKSI tetap mempersiapkan unit flagship lain seperti Pajero Sport, New Xpander, dan juga New Xpander Cross.
“Kami sangat bangga dengan hasil penjualan yang positif di GIIAS 2023. Capaian ini merupakan bukti dedikasi dan kerja keras seluruh tim serta kepercayaan dari para pelanggan kami. Dan tentunya dukungan dari rekan-rekan media yang telah membantu menyebarkan informasi secara merata dan positif kepada masyarakat luas. Penerimaan yang mengesankan dari masyarakat, membuktikan kualitas kendaraan dan pelayanan secara konsisten. Pencapaian ini semakin memotivasi kami untuk terus menciptakan kendaraan menginspirasi, menggairahkan dan meningkatkan pengalaman berkendara,” tutur Atsushi Kurita, Presdir MMKSI.
Honda 1.992 SPK
Lanjut posisi keempat diraih Honda Prospect Motor. Perusahaan mencatat penjualan (pemesanan) sebanyak 1.992 unit selama GIIAS 2023. New Honda Brio terus menjadi primadona dan diikuti oleh All New CR-V. New Honda Brio kembali menjadi model dengan penjualan tertinggi yaitu sebanyak 485 unit atau sebesar 24 persen dari total penjualan Honda di GIIAS. Namun yang lebih istimewa, All New Honda CR-V, flagship SUV yang baru saja diluncurkan Honda di ajang GIIAS ini turut menjadi kontributor terbesar tahun ini.
Catatan Honda di GIIAS kali ini, All New CR-V mengumpulkan penjualan sebanyak 385 unit atau sebesar 19 persen dari total perolehan HPM. Diluncurkan pada 10 Agustus 2023, ia menjadi salah satu model yang paling ramai dikunjungi di booth sepanjang penyelenggaraan pameran.
Selain Honda Brio dan All New Honda CR-V. Torehan Honda di GIIAS tahun ini sebagian besar disumbangkan oleh produk-produk di segmen SUV. Salah satu produk favorit, HR-V menyumbangkan angka pemesanan 365 unit. Kemudian BR-V 340 unit dan WR-V sebanyak 325 unit. Seluruh angka penjualan ini merupakan pemesanan yang dilakukan di booth Honda selama GIIAS 2023 berlangsung. Turut dikatakan, telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee.
“Kami berterima kasih atas sambutan konsumen, sangat antusias untuk produk-produk Honda di ajang GIIAS 2023. Terutama untuk model-model SUV Honda yang terus menjadi favorit di tengah banyaknya mobil baru diluncurkan tahun ini. Produk terbaru kami, yaitu All New Honda CR-V langsung disambut baik oleh konsumen. Sementara produk lain seperti All New Honda HR-V, BR-V dan WR-V mencatat peningkatan perolehan dibandingkan tahun sebelumnya. Kami berharap pencapaian penjualan di GIIAS tahun ini kembali menyegarkan pasar. Termasuk memicu tren positif untuk penjualan otomotif tahun ini,” sebut Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor.
Wuling 1.771 Unit
Terus, posisi kelima dihuni Wuling. Pabrikan Cina ini berhasil membukukan angka pemesanan kendaraan secara keseluruhan 1.771 SPK. Kendaraan listrik Air ev kembali menjadi yang terlaris di pameran kali ini dengan mencakup 50 persen dari total pemesanan. Varian Air ev Long Range menjadi yang paling banyak dipesan. Varian terbaru Air ev Lite sendiri telah berhasil menyumbang 143 SPK. Kemudian, di posisi kedua diduduki oleh seri Confero dengan 20 persen. Diikuti oleh Alvez, memberikan kontribusi pemesanan sebesar 17 persen.
Selain memperoleh angka pemesanan baik. Kedatangan lini produk Wuling di GIIAS 2023 turut mendapat atensi dari pengunjung. Antusiasme ini dapat dilihat dari angka aktivitas test drive selama pameran mencapai 1.619 pengunjung di area yang sudah disediakan. Lini produk paling banyak dicoba adalah Air ev dengan jumlah 1.053 pengunjung. Lalu Alvez dengan 380 pengunjung dan seri Almaz total 186 pengunjung.
“Keikutsertaan Wuling dalam GIIAS 2023 kali ini berjalan dengan baik dan mencatatkan pencapaian baik. Kami berterima kasih atas antusiasme pengunjung booth Wuling. Mereka telah menyaksikan, mencoba lini produk dan melakukan transaksi selama pameran berlangsung. Pencapaian diraih Wuling ini menunjukkan pertumbuhan positif dibandingkan dengan tahun lalu. Kami terus berkomitmen untuk berinovasi menghadirkan layanan dan produk untuk kehidupan lebih baik. Sejalan dengan semangat ‘Drive For A Better Life’,” terang Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors.
Daihatsu 1.203 SPK
Tak hanya itu, selama ajang GIIAS 2023 berlangsung pemesanan kendaraan Daihatsu juga raih capaian positif. Hal ini ditandai dengan tercapainya SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 1.203 unit. Torehan ADM naik sekitar 17 persen dibandingkan GIIAS 2022 sebanyak 1.030 unit.
Adapun untuk model Daihatsu yang paling diminati selama GIIAS 2023. Pertama ada Sigra 311 unit atau berkontribusi sekitar 25,9 persen. Disusul GranMax Pick Up 188 unit (15,6 persen), Xenia 156 unit (13 persen), Terios 154 unit (12,8 persen), Ayla 116 unit (9,6 persen), Rocky 112 unit (9,3 persen). Kemudian disusul 3 model lain seperti GranMax Mini Bus, Sirion dan Luxio dengan total 166 unit (13,8 persen).
“Kami bersyukur dan berterimakasih, booth Daihatsu di GIIAS 2023 raih beragam apresiasi positif dari para pengunjung. Melihat antusiasme dan keseruan pengunjung di booth Daihatsu semakin memotivasi dalam memberikan pengalaman terbaik yang berkesan. Dan tak terlupakan kepada pengunjung di GIIAS 2023. Semoga Daihatsu selalu dekat dengan pelanggan dan masyarakat sejalan dengan tagline Daihatsu Sahabatku,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director Astra Daihatsu Motor. (Alx)
Baca Juga: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Otomotif di Asia Tenggara, Asalkan..
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test