Honda BeAT Skutik Entry Level Paling Lengkap? Cek Dulu Fakta Ini

JAKARTA, Motovaganza.com – Fakta di lapangan menunjukkan jika Honda BeAT menjadi sktik terlaris. Ia menjadi model paling banyk dilirik di segmen entry level. Efisien dalam urusan bahan bakar, besar kemungkinan jadi faktor utama. Hampir tak terkalahkan oleh kompetitor manapun. Apalagi model barunya punya bobot makin ringan, mudah dikendarai siapa saja. Nilai jual yang diset serta kemasan stylish, juga selalu mudah diterima masyarakat. Apakah itu kemudian membuat BeAT menjadi yang paling baik di segala aspek? Tidak juga. Masih ada skuter lain yang punya (poin) lebih dibandingkan BeAT. Siapa itu? Oke, kita langsung bahas poin paling krusial; harga. Siapa bilang BeAT paling murah? Masih ada skutik sekelas dengan harga di bawah Rp 16,450 juta – Rp 17,250 juta OTR Jakarta. Ada Yamaha Mio. Untuk tipe Z, paling ekonomis, dilego Rp 15,8 juta. Varian M3, S, hingga M3 AKS SSS pun tak menembus nilai Beat. Masih sepantar. Yang termahal berhenti di angka Rp 17,2 juta. Suzuki punya Nex II. Parikan ini punya tiga varian tema yang ditawarkan. Sedangkan harga, dibanderol mulai Rp 16,1 sampai 16,8 juta. Pun saudara dekatnya Address, dijual kisaran Rp 16,9 juta sampai Rp 17,3 juta. Singkatnya, kompetitor sekelas cenderung dijual lebih murah ketimbang jagoan Honda. Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT atau Suzuki Nex II, Pilih Mana?

Performa Mesin

Honda membekali mesin 110 cc eSP generasi baru pada BeAT. Sama seperti yang terpasang Genio. Alhasil, tenaga dan torsi naik dari generasi sebelumnya, menjadi 8,89 hp @7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm. Sekaligus konsumsi bahan bakar mencapai 60,6 km/liter. Oke, klaim keiritan bensin tak ada yang bisa mengalahkan. Tapi soal ekstraksi daya, line up skutik pemula Yamaha berada di atas itu. Semua yang bertitel Mio – dari paling murah hingga termahal – menggendong dapur pacu 125 cc. Pusaran tenaga maksimal mencapai 9,38 hp @8.000 rpm dan torsi mencapai 9,6 Nm @5.500 rpm. Selisih yang lumayan untuk ukuran motor sekecil ini.

Ruang Akomodasi

Urusan tempat penyimpanan barang, BeAT memang bukan berarti terlalu kecil. Angka 12 liter masih masuk akal untuk mengakomodir beberapa barang bawaan, dengan catatan tak muat dijejali helm. Ia kalah dari Suzuki. Banyak yang tak sadar, Address memiliki ruang bagasi besar. Volume bersihnya mencapai 20,6 liter. Jangankan membawa perlengkapan sehari-hari. Helm full face pun diklaim bisa masuk, meski kemungkinan hanya tipe tertentu. Tapi paling tidak, dipastikan lebih leluasa dari BeAT. Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT VS Genio, Panduan Memilih

Fitur Penunjang

Salah satu pembaruan di generasi BeAT terkini, adalah disediakannya power outlet. Terletak pada laci sebelah kanan, yang bisa ditutup rapat sehingga tersembunyi dan terlindungi dari hujan. Tapi masih perlu adaptor tambahan. Padahal Suzuki Nex II, dengan harga lebih murah, sudah menyediakan soket bertipe USB Charger. Tinggal colok dan pakai.

Tema

Honda menyediakan 11 opsi warna, termasuk pada Beat Street. Terkesan banyak, namun sebetulnya masih ada yang lebih banyak. Jika ditotalkan, masih kalah dari dua skutik Suzuki. Nex II tipe Elegant saja punya enam kombinasi warna. Sementara yang Fancy, juga dikemas dalam enam tema. Belum lagi ketambahan dua lagi pada varian Cross. Totalnya 14 pilihan. Address lebih lagi. Konsumen tipe Playful bisa memilih sepuluh kelir. Lantas tipe FI, dengan grafis berbeda, disediakan dalam lima opsi warna. Baca juga OTO: Deretan Skuter ini Punya Kelebihan yang Tak Dimiliki Honda Beat HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024