Honda Brio kembali menorehkan prestasi. Setelah berhasil menjadi mobil terlaris 2020, sepanjang Januari 2021 masih menunjukkan performa luar biasa. Khusus LCGC varian Satya terjual 2.758 unit. Penguasaan pangsa pasarnya mencapai 28 persen. Sementara Brio RS (non-LCGC) mencatatkan penjualan 942 unit. Lalu dengan market share di kelas city car hingga 81 persen.
Walau begitu total pemasaran Honda Prospect Motor masih kalah dari torehan tahun lalu. “Secara tradisional penjualan otomotif pada Januari memang cenderung turun. Itu bila dibanding penjualan pada akhir tahun sebelumnya. Terutama saat pasar otomotif pada awal 2021 masih belum stabil akibat kondisi ekonomi secara umum. Meskipun demikian, penjualan Honda masih sesuai dengan target. Dan kami masih dapat mempertahankan pangsa pasar sama dengan tahun lalu. Untuk terus mendorong penjualan. Kami akan melakukan penyegaran produk pada pertengahan Februari ini. Kemudian menawarkan program penjualan yang meringankan konsumen dalam melakukan pembelian,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, dalam laporan bulanan (16/2).
Nah, kalau diakumulasi, kedua model Brio memberi kontribusi 52 persen dari keseluruhan penjualan Honda Prospect Motor sepanjang Januari 2021. Lalu model yang lain memberikan sumbangan signifikan yakni HR-V 1,5 liter. Ia terjual sebanyak 1.418 unit, dengan pangsa pasar sebesar 16 persen di kompak SUV. Sementara itu, HR-V 1,8 liter hanya laku 142 unit.
Baca Juga: Honda HR-V Generasi Baru Bakal Punya Model Sendiri untuk Pasar AS?
Selanjutnya, Honda CR-V mencatat raihan sebanyak 565 unit. Dan diprediksi model sang facelift segera dikenalkan ke khalayak. Kemudian di lahan LMPV keluarga, Mobilio terjual 563 unit diikuti Jazz sebanyak 349 unit, BR-V sejumlah 131 unit. Civic hatchback sebanyak 108 unit dan Odyssey hanya tersalur delapan unit saja. Kalau menengok segmen sedan, Civic meraih penjualan sebesar 47 unit, Accord sebanyak 19 unit, diikuti City sedan 17 unit. Lantas model pamungkas, Civic Type R sebanyak satu unit. Sepanjang bulan pertama 2021, mereka merekam perolehan total 7.068 unit.
Untuk menggairahkan pasar. Honda pun memberikan program penjualan kepada konsumen periode Januari – Maret 2021. Bertajuk Sehat Bersama Honda, Anda bisa mendapat benefit tambahan hanya dengan menunjukkan foto saat berolahraga di akun media sosial. Bagi pembelian Mobilio, BR-V, HR-V dan CR-V. Pelanggan langsung mendapatkan voucher Sport Utilities hingga Rp 7 juta.
Pada periode yang sama, konsumen juga mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun). Itu khusus berlaku untuk unit seperti Mobilio, BR-V, Jazz dan CR-V. Khusus untuk konsumen loyalis, akademis dan pekerja medis yang melakukan pembelian Brio & HR-V. Juga diberi bonus berupa gratis biaya perawatan berkala sama.
Lalu bagi setiap pembelian Brio, Mobilio, BR-V, Accord, Odyssey, Civic Turbo, Civic Hatchback RS serta City. Maka memperoleh Honda Healthy Package. Pembeli mendapatkan penawaran menarik hingga Rp 10 juta. Ini berlaku bagi pembelian secara online maupun langsung di diler resmi Honda. Tersedia juga special leasing program berupa bunga 0 persen selama satu tahun. Honda juga memberikan kemudahan kepada perusahaan. Atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian. Maka memperoleh Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta. Syarat dan ketentuan berlaku. (Alx/Odi)
Baca Juga: Honda BR-V Generasi Terbaru, Berikut Perubahan yang Diekspektasikan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.