Juli lalu, Honda Civic Type R FL5 mendebut. Namun baru sebatas membuka selubung tampilan gres generasi terbaru. Menjawab rasa penasaran dari rentetan pengetesan panjang selama setahun. Namun, Honda belum membuka spesifikasi teknisnya kala itu. Memendam senjata sesungguhnya sang pemegang rekor mobil FWD.
Kini terbuka semua. Honda mengeluarkan detail resmi spesifikasi mesin hingga pengembangan apa saja yang dilakukan. Sesuai janji, FL5 makin beringas dan menunjukkan banyak peningkatan. Semua itu masih didapat dari mesin lawas KC20C1 4-silinder 2,0-liter turbo, disandingkan dengan transmisi manual 6-percepatan.
Pertama-tama, lonjakan output lumayan signifikan. Tenaga Naik 10 PS (10 hp) dan torsi melonjak 20 Nm. Dari sebelumnya 320 PS (316 hp)/400 Nm, menjadi 330 PS (326 hp) di 6.500 rpm dan 420 Nm dari 2.600-4.000 rpm.
Ini untuk figur domestik Jepang. Pasar Amerika Serikat ada perbedaan akibat regulasi emisi. Tenaganya diperas sedikit menjadi hanya 319 PS (315 hp), tapi torsinya tetap 420 Nm. Kenaikan dari FK8 spek AS tetap besar. Meningkat 9 PS (9 hp) dan 20 Nm.
Baca Juga: Honda Civic Type R 2023 Makin Memanas Walau dengan Komposisi Old-School
Lonjakan tenaga dan torsi berkat turbocharger baru. Ukuran, bentuk dan jumlah turbin dioptimalkan bersamaan arus udara. Tangkapan udara meningkat 48% melewati grille baru. Aliran semakin lancar dan deras melewati intake. Juga merancang ulang saluran pembuangan agar makin efektif. Masih ada Active Sound Control untuk menghasilkan suara mesin menggugah dari dalam kabin.
Kemudian flywheel dibuat lebih ringan dan sistem rev-match direvisi. Ini bakal mempengaruhi ketepatan putaran mesin saat menurunkan gigi. Ditambah memperkuat sensasi perpindahan tuas transmisi yang disebut lebih rigid dan presisi. Tentu saja tetap dengan model gagang alumunium khasnya.
Format suspensi pakai MacPherson strut di depan dan multi-link di belakang. Dituning ulang agar menambah kestabilan di lintasan lurus. Peredamannya bisa diatur secara elektrik. Ada pilihan mode Comfort, Sport dan R+ dengan tambahan mode Individual untuk disesuaikan keinginan sendiri. Rem depan rotor dibuat ringan dan meningkatkan proses pendinginannya. Booster rem juga disetel ulang agar rasanya lebih presisi.
Ban sangat diperhatikan. Honda mempercayakan Michelin untuk mengembangkan Pilot Sport 4S khusus Type R. Profilnya berubah menjadi 265/30R19 yang berarti lebih lebar 20 mm dibanding model sebelumnya. Alhasil trek roda keseluruhan melebar 25 mm di depan dan 12,7 mm di belakang. Melengkapi dimensi membesar dari basis Civic hatchback generasi baru, yang lebih panjang 20 mm dan lebar 15 mm. Ketinggian justru menurun. Pengemudi mampu duduk makin rendah karena pemakaian jok balap yang ringan.
Civic Type R anyar diproduksi di pabrik Yorii, Jepang. Tapi mesin KC20C1 masih dirakit di pabrik mesin Ohio, Amerika Serikat. Harga khusus pasar Jepang mulai dari 4.997.300 yen atau sekitar Rp534 jutaan. Ada kemungkinan FL5 bakal dijual di Indonesia kelak. Mengingat FK8 datang secara resmi dan selalu menjadi opsi bagi penikmat hot hatch. (Odi)
Baca Juga: Belum Meluncur, Honda Civic Type R 2023 Sudah Ciptakan Rekor Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.