Honda CB1000R Neo Sports Café, Alami Perubahan Radikal
MILAN, 9 November 2017 – Ajang EICMA Show 2017 di Milan Italia, menjadi saksi kelahiran 2018 Honda CB1000R New Sport Café. Penampilannya berubah cukup radikal dibandingkan generasi sebelumnya.
Honda CB1000R baru meninggalkan inspirasi model 'RR'. Kini Honda menggunakan bahasa desain baru yang disebut 'Neo Sports Cafe'. Proporsi CB1000R terlihat jauh lebih kompak, dengan siluet trapezoid. Sistem pencahayaannya sudah all-LED, dan instrument cluster tampil dengan unit digital multifungsi.
Honda CB1000R memiliki farme baja mono-backbone yang baru. Frame ini menggunakan pelat pivot aluminium yang mengencangkan – sehingga bobot turun 2,5 kilogram - untuk mencengkeram swingarm yang lebih pendek 14.7mm menjadi 574.2mm.
Honda memasang mesin DOHC 4 silinder dengan kapasitas 998cc. Mesin ini mendorong tenaga 145,4 PS pada 10.500 rpm, dan torsi 104 Nm pada 8.250 rpm. Rekanan mesin ini adalah transmisi 6 kecepatan dengan kopling assist & slipper.
Ada tiga tingkat Engine Power (P), Engine Brake (EB) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Ada juga tiga mode berkendara: Hujan, Standar, Sport, selain mode User.
Perangkat lainnya meliputi garpu depan Showa SFF-BP USD, dan monoshock belakang Showa BRFC (Balance Free Rear Cushion). Ban depan berukuran 120 dan belakang 190 yang membungkus velg alloy 17 inci. Adapun sistem pengereman menggunakan cakram 310 mm ganda dengan kaliper radial di bagian depan dan cakram belakang 256 mm tunggal.
Motor ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 16,2 liter dan diklaim meminum BBM 17,2 km/liter. Versi 'CB1000R +' juga tersedia dengan berbagai aksesori 'factory-fit', yang meliputi pegangan dengan panas, flyscreen, cowl satu kursi dan quickshifter.
[gallery columns="4" ids="27924,27921,27920,27922">
RAJU FEBRIAN
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test