Honda CB1100 Series Edisi Salam Perpisahan Diproduksi Terbatas

Honda CB1100 EX RS

Honda bakal mengakhiri kiprah CB1100 Series. Informasi itu terkuak setelah twitter resmi mereka memposting salam perpisahan. Menggambarkan pengendara sedang mendorong CB1100 EX keluar dari garasi. Lalu ditambah teks “CB1100 EX/CB1100 RS Final Edition Coming soon”.

Benar saja, untuk mengakhiri itu semua Honda mengeluarkan CB1100 series 2022 Final Edition. Terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS. Keduanya bakal menjadi unit terakhir mesin empat silinder berpendingin udara dari pabrikan ‘sayap kepak’. Honda Taiwan pun juga resmi mengumumkan Honda CB1100 RS Final Edition 2021. Kembali menegaskan berakhirnya era mesin berpendingin udara berkapasitas besar, yang tidak lagi memenuhi berbagai persyaratan emisi di pasar di seluruh dunia. Sementara untuk Honda Jepang baru resmi merilis pada 8 Oktober 2021 dan mulai tersedia di diler 28 Oktober 2021.

Honda CB1100 Series Final Edition

Lantaran regulasi emisi ketat di Eropa dan Amerika Serikat, Jepang menjadi negara terakhir untuk CB1100 series. Pihaknya mengatakan bahwa pemesanan untuk model Final Edition ditutup pada 30 November, dan mungkin lebih awal jika permintaan tidak sesuai harapan. Secara total, perusahaan berencana hanya membuat 1.600 unit.

Versi EX mendapat dua skema warna, Candy Chromosphere Red yang menggunakan warna merah tua, dan Darkness Black Metallic dengan menonjolkan tampilan dasarnya. Pada tangkinya diberikan list retro. Fender depan dan belakang berlapis krom untuk meningkatkan kesan tradisional. Khusus di tipe ini menggunakan pelek model ruji.

Baca Juga: Honda CB500 Series Model 2022 Dapat Perubahan Suspensi

 

Honda CB1100 Series Final Edition

CB1100 RS Final Edition hadir dalam dua warna yang melengkapi gaya naked sport. Matte Jeans Blue Metallic yang memiliki kesan modern dengan memadukan jok berwarna cokelat dan velg depan serta belakang berkelir cokelat keemasan. Lalu ada Magna Red menggunakan kombinasi jok hitam dengan kedua roda dicat sama.

Perbedaan antara keduanya tampak di ukuran roda, model stang, shock ganda belakang, serta warna di beberapa komponen. EX lebih mencerminkan kesan klasik, sedang RS kental dengan nuansa modern. Buat komponennya masing-masing punya bekal yang sama. Rem radial Tokico, swingarm alloy, suspensi Showa dan semua versi memiliki stiker 'Edisi Terakhir' di atas tangki bahan bakar dan grafis baru.

Honda CB1100 Series Final Edition

Sementara buat jantung mekanis mengandalkan enjin 1.140 cc DOHC, 4-tak, 4-katup, 4-silinder segaris dan mengusung teknologi injeksi PGM-Fi. Ia mampu memberikan tenaga maksimum 88 Hp/7.500 rpm dan torsi 91 Nm/5.500 rpm. Powernya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

Honda CB1100 EX Final Edition dibanderol 1.362.900 yen (Rp170 jutaan). Sementara RS Final Edition 1.403.600 yen (Rp175 jutaan). Kedua harga itu belum termasuk pajak atau off the road di Jepang. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: AHM Beri Penyegaran Honda CB500X, Harga Kini Mendekati Brio RS CVT

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Motor Listrik Honda Masih Tergolong Mahal, Mungkinkah Bisa Semurah BeAT?
    Motor Listrik Honda Masih Tergolong Mahal, Mungkinkah Bisa Semurah BeAT?
    Bangkit Jaya Putra . 18 Des, 2024
  • Motor Listrik Honda Masih Tergolong Mahal, Mungkinkah Bisa Semurah BeAT?
    Motor Listrik Honda Masih Tergolong Mahal, Mungkinkah Bisa Semurah BeAT?
    Bangkit Jaya Putra . 18 Des, 2024
  • AHM Resmikan Harga Motor Listrik ICON e: dan CUV e:, Mulai Rp28 Juta!
    AHM Resmikan Harga Motor Listrik ICON e: dan CUV e:, Mulai Rp28 Juta!
    Zenuar Yoga . 16 Des, 2024
  • AHM Resmikan Harga Motor Listrik ICON e: dan CUV e:, Mulai Rp28 Juta!
    AHM Resmikan Harga Motor Listrik ICON e: dan CUV e:, Mulai Rp28 Juta!
    Zenuar Yoga . 16 Des, 2024
  • Teknisi AHASS Jadi Juara Umum Kompetisi Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2024
    Teknisi AHASS Jadi Juara Umum Kompetisi Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2024
    Zenuar Yoga . 16 Des, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022