Honda mengumumkan pembaruan CB500 series. Ubahan paling mencolok ada di suspensi depan. Kalau sebelumnya pakai jenis teleskopik, model mendatang gunakan upside down Showa dengan fitur SFF-BP (Separated Function Fork Big Piston) berdiameter 41 mm. Komponen baru itu dilengkapi dengan preload yang dapat diatur. Mirip dengan yang digunakan CB650R, CBR650R. Berkat penggunaan peredam kejut baru berukuran besar, tampang depan jadi terlihat padat.
Semua seri CB500 mendapatkannya: Honda CB500F, CBR500R dan CB500X. Walau sama-sama mengadopsi SFF-BP, suspensi CB500X memiliki travel 135mm atau lebih panjang 5,3 inci. Penggunaan komponen anyar itu untuk meningkatkan handling dan kualitas berkendara.
Masih berkaitan dengan pengendalian, pabrikan memberi CB500F dan CBR500R versi 2022 dengan pelek aluminium alloy Y-spoke yang lebih ringan. Sedangkan CB500X memakai pelek depan spoked 19-inci yang sama enteng, guna menunjang fungsinya sebagai motor adventure. Lalu ketiga varian juga mendapatkan sistem pengereman baru. Kalau sebelumnya cakram tunggal 320 mm, kini pakai double disc brake berukuran 296 mm untuk roda depan. Dilengkapi pula dengan kaliper Nissin yang dipasang radial dan sudah tersemat fitur ABS.
Pabrikan juga meningkatkan di bagian sasis, bukan major update tapi minor lantaran hanya mengganti lengan ayun berbobot lebih ringan. Dalam konstruksinya, swingarm baru yang didesain ulang menggunakan baja 2 mm, bukan baja 2,3 mm. Desainnya silang berongga, menurut Honda lebih kaku secara rotasi dan juga fleksibel secara lateral untuk meningkatkan handling. Honda mengklaim perubahan ini dilakukan untuk membantu pengendalian saat melibas tikungan, meningkatkan daya cengkeram serta membuat berkendara jadi makin menyenangkan.
Baca Juga: Honda CRF1100L Africa Twin 2022 Bersolek dengan Grafis Baru
Sayangnya untuk jantung mekanis tidak ada perubahan besar, masih sama dengan model sebelumnya. Mengusung mesin DOHC, 8 katup, 2 silinder segaris berkapasitas 471 cc, liquid cooled. Mereka mampu mengeluarkan tenaga 47 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi 44,6 Nm di kitiran 6.500 rpm. Performa tersebut disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan dan dikawinkan dengan assist and slipper clutch. Meski begitu, dalam keterangannya tertulis jika Honda memberikan penyempurnaan di setelan PGM-FI agar penyaluran torsi lebih maksimal dan mengubah sedikit karakter mesinnya. Selain itu, berat berkurang sedikit karena pakai radiator baru, menghemat 92 gram dari sebelumnya.
Secara keseluruhan, fitur masih relatif sama dari model terdahulu. Lampu sudah full LED, tapi headlamp mendapat update agar terangnya lebih maksimal. Instrumen kluster digital dengan tampilan negatif display, rem ABS, Assist & Slipper Clutch sudah menjadi standar.
Seperti yang kita harapkan, CB500 series MY2022 mendapatkan cat baru. CB500F hadir dalam pilihan Pearl Smoky Grey, Matte Axis Grey Metallic, dan Pearl Dusk Yellow. Sementara CBR500R 2022 ditawarkan dalam satu pilihan warna, Mat Gunpowder Black Metallic dengan grafis anyar yang menandakan warisan balap merek Honda. Terakhir, CB500X 2022 menampilkan warna Matte Gunpowder Black Metallic dan Pearl Organic Green. Ketiganya juga tersedia dalam warna klasik Honda Grand Prix Red. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Bocoran Honda CRF190L, Motor Adventure Entry Level Berwajah Africa Twin
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.