Kemunculan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary memukau lantai EICMA 2021 lalu. Merupakan edisi istimewa memperingati 30 tahun keluarga Fireblade yang pertama kali lahir pada 1992. Generasi pertamanya adalah Honda CBR900RR dengan memakai corak desain melegenda hingga sekarang. Rancangan itu dipakai oleh CBR1000RR-R, dibuat mirip memadukan visual merah, biru dan putih atau juga dikenal Tricolor.
Sekarang, edisi istimewa itu telah hadir untuk pencinta big bike Indonesia. Harganya fantastis, senilai Rp1,058 miliar (OTR DKI Jakarta). PT Astra Honda Motor mendatangkannya untuk konsumen yang ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit dengan fitur terbaik. "CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda," kata Thomas Wijaya, Marketing Director AHM.
Ada ciri penanda edisi spesial ulang tahun Fireblade. Selain warna Tricolor yang membuat perasaan nostalgia, ada beberapa logo 30 tahun sebagai penegas. Begitu memutar kunci kontak juga muncul tulisan khusus edisi 30 tahun di panel. Jika memperhatikan lebih detail, ada serial number yang digoreskan menggunakan laser di bagians setang. Lalu logo 30 terdapat di smart key, tutup tangki bahan bakar dan di silencer knalpot Akrapovic.
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP mengandung DNA motor balap begitu kuat. Ia pun terlahir dari inspirasi motor MotoGP Honda RC213V dan RC213V-S. Ada beberapa bagian mengalami peningkatan, seperti rombakan intake system untuk menaikkan performa mesin di putaran menengah, dan menambah gear sprocket dari 40T menjadi 43T agar memperbaiki akselerasi. Akibatnya wheelbase melar 5 mm menjadi 1.460 mm. Diklaim turut meningkatkan kestabilan dalam kecepatan tinggi.
Baca Juga: Honda CB500 Series Model 2022 Dapat Perubahan Suspensi
Ditenagai mesin 4-silinder dengan konfigurasi serupa Honda RC213V. Berkapasitas 999,9 cc DOHC dengan ukuran bore-stroke 81 mm x 48,5 mm yang juga sama persis seperti motor besutan Marc Marquez. Tenaganya mencapai 215 hp di putaran 14.500 rpm dan torsi maksimum 112 Nm di 12.500 rpm. Piston terbuat dari aluminium tempa yang bobotnya lebih ringan 5 persen sekaligus lebih kuat. Camshaft diberi lapisan khusus Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen. Lalu Connecting rod (konrod) pakai bahan titanium, juga lebih ringan 50 persen.
Honda juga memakai sistem sirkulasi air Built-in Bottom Bypass. Air dialirkan langsung dari radiator langsung menuju water jacket. Ada lagi New Multi-point Pison Jet. Teknologi ini mampu menyemprotkan pelumas dingin ke piston dari berbagai arah. Sehingga temperatur piston selalu terjaga dan mengurangi gesekan berlebih.
Banyak peranti canggih untuk menunjang kenikmatan berkendara. Fireblade SP tidak lagi memakai kabel di bukaan gas alias throttle by wire. Kemudian dilengkapi Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis yang mampu mengukur posisi motor dalam enam sumbu. Sistem ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga model: Hard, Medium, Soft. Berfungsi menambah kestabilan saat kecepatan tinggi dan menikung.
Riding Mode ada tiga pilihan yang berguna saat menggebernya di sirkuit. Masing-masing mode mengatur besar tenaga, kontrol torsi, engine brake, wheelie dan suspensi. Masih ada lagi Wheelie Control untuk mencegah ban depan terangkat apabila akselerasi terlalu cepat. Termasuk ada Rear Lift Control untuk mengurangi potensi ban belakang terangkat kalau mengerem terlalu dalam.
Tak kalah menarik, CBR1000RR-R punya fitur Start Mode. Putaran mesin akan dijaga konstan menjelang star sehingga akselerasi berlangsung mulus dan cepat. Assist & Slipper Clutch tentu menjadi peranti standar. Dibekali juga Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi semakin cepat dan mudah. Suspensi depan pakai Ohlins Smart-EC tipe Inverted Telescopic di depan, dan tipe Pro-Link with Gas Chamber di belakang. Rem depan 4 piston sementara belakang 2 piston, semua racikan Brembo. Knalpot pun menggunakan Akrapovic berbahan titanium. (Odi)
Baca Juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade 30th Anniversary, Nostalgia Livery Ikonik CBR900RR
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.