Honda menyempurnakan CBR150R dalam tajuk All New. Tentunya bukan sekadar bersolek wujud. Ada beberapa perubahan teknis, menimbulkan daya tawar tinggi. Disertai eskalasi harga yang hanya beberapa ratus ribu Rupiah. Atas itu, tampaknya dua rival terdekat perlu waspada lantaran kini CBR menyediakan paket paling lengkap.
Katakanlah Yamaha YZF-R15. Sebelum hadir versi baru CBR150R, ia nyaris menang telak dari segi apapun. Mengingat harganya tak begitu jauh, mulai Rp 36 juta – Rp 37,685 juta untuk edisi MotoGP. Mengapa menarik? Lantaran perbekalan R15 sejatinya motor sport fairing. Lebih matang jika diajak manuver di sirkuit.
Seperti fork upside down. Ia sudah memiliki itu sejak lama. Model inverted bagaimanapun kerap dikenal sebagai jenis peredam paling pas buat tipe sport. Rigiditas serta kemampuannya memberikan respons tidak mengayun ketika di tikungan sangat relevan. Berpadu dengan monoshock belakang dan rangka Deltabox yang tersohor.
Girboks enam percepatan juga tak bekerja sendirian. Inisiatif Yamaha sudah dilakukan sejak dulu. Meski statusnya sport entry level, namun ia dibekali assist dan slipper clutch. Otomatis pengendalian lebih optimal. Sebab ketika hendak menurunkan gigi dari putaran atas, risiko ban terkunci akibat engine brake terminimalisir. Bahkan cenderung hilang. Ditambah lagi pengoperasian lever clutch lebih ringan.
Baca Juga: Astra Honda Motor Rilis All New CBR150R, Harganya Mulai Rp 335,9 Juta
Sayangnya, dua unsur ini sekarang disusul CBR. Spot fairing kompak besutan Honda juga punya. Mengejar ketertinggalan yang sebelumnya tak dapat dibanggakan. Yamaha pun turut dibuat telak, karena CBR memiliki opsi trim dengan sensor ABS. Sementara hingga kini, R15 belum punya.
Memang, kalau bicara performa mesin ada gap cukup jauh. Yamaha R15 sanggup memproduksi daya 19,5 Hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Berasal dari mesin dengan kubikasi lebih besar, 155 cc, serta berteknologi VVA. Setidaknya dari cakup pandang daya kuda CBR tertinggal lumayan, sebab hasil output atas kertasnya 16,8 Hp/ 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm/7.000 rpm.
Perihal fitur, kurang lebih mereka berdua tak jauh berbeda. Memakai sistem pencahayaan full LED, dari depan ke belakang. Kokpit pun diberi layar instrumen digital, tanpa paduan analog lagi. Plus memiliki data komplet untuk menunjang kebutuhan pengendara.
Terakhir, soal desain, hari ini Yamaha R15 dan CBR150R punya interpretasi serupa. Yamaha menyeragamkan tema fasad dari sport fairing seperempat liternya. Begitu pun CBR meniru sang kakak. Jadi hal ini tinggal soal selera. Keduanya memiliki tampang sangat sporty dan intimidatif.
Baca Juga: Suzuki GSX-R150 Berdandan ala Tim MotoGP Suzuki Ecstar
Ketika berbicara Suzuki GSX-R150, hal paling menarik dari sport fairing kecilnya adalah harga. Ia dijual mulai Rp 30,6 juta – Rp 34,6 juta OTR jakarta untuk seri tinggi. Bahkan tak menembus harga CBR atau R15 termurah. Performa mesin serta fiturnya pun menarik. Sayang, tak ada varian dengan suspensi upside down atau transmisi dengan assist dan slipper clutch.
Rangkaiannya konvensional. Masih teleskopik biasa berpadu monoshock. Girboks enam percepatan pula bekerja tanpa bantuan perangkat hebat. Standar saja. Namun, kalau bicara performa mesin ia boleh dikatakan paling berkarakter sport. Karena memiliki racikan mesin overbore. Bukan square seperti rekan-rekannya.
Tepatnya ia memangku mesin 150 cc DOHC dengan pendingin cairan. Diameter bore di angka 62 mm, sementara langkahnya hanya 48,8 mm. Ringkas. Oleh karena itu catatan outputnya bisa diraih pada putaran agak tinggi, 18,9 Hp di 10.500 rpm. Tak jauh dari resultan R15 yang notabene memiliki kubikasi bersih lebih besar. Torsi pun tak kalah dari CBR atau R15, mencatat 14 Nm di 9.000 rpm.
GSX, turut menyediakan line up dengan sensor ABS. Makin menariknya lagi, tak cuma fitur kokpit digital nan informatif yang dipasang. Hanya ia pemilik sistem kunci pintar di sport fairing 150 cc. Membuat pengendara semakin praktis untuk menyalakan motor. Sekaligus menambah nuansa modern. Hal ini bahkan bisa didapat dengan harga tak melewati para kompetitor. Ekonomis. (Hlm/Odi)
Baca Juga: Membongkar Unsur Baru All New Honda CBR150R, Banyak Berubah dari Generasi Lama
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.