Honda CBR250RR versi facelift meluncur. Tak hanya sekadar perubahan tampilan, bagian mesin dan sektor kaki-kaki juga mendapatkan optimasi. Sama seperti model sebelumnya, tersedia dalam tiga varian, Standar, SP dan SP-Quick Shifter.
Tampilan masih desain Aggressive Shape. Beberapa panel bodi dibuat lebih tajam dibanding versi sebelumnya. Fairing depan tiap sisi kini dirancang lebih lebar dengan mengadopsi double layer. Bertema “Speedy Shape”, setiap lekukan menambah kesan agresif dan kecepatan layaknya motor balap. Cowl didesain ulang yang terinspirasi dari bigbike. AHM mengklaim, desain anyar tersebut membuat motor lebih agresif dan mendukung kemudahan pengendalian saat melakukan manuver.
Khusus varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin baru. Mendapat update di ruang pembakaran, meliputi silinder head, ring piston, gear ratio dan juga camshaft. Ubahan itu menghasilkan tenaga dan torsi yang optimal serta kecepatan puncak lebih tinggi. Klaimnya juga membuat tarikan New CBR250RR lebih responsif.
Konfigurasinya masih mengandalkan mesin 250 cc 2-silinder DOHC 8-katup. Sekarang dirinya dapat menghasilkan tenaga maksimal 42 PS atau 41,5 Hp pada 13.000 rpm dan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm. Naik sekitar 1 Hp dibanding model sebelumnya. Sedang angka akselerasi masih sama. Sementara buat varian standar masih menggunakan enjin yang serupa dengan pendahulunya.
Motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175 km/jam. Membuatnya sebagai motor 250 cc dua silinder dengan performa tertinggi di kelasnya.
Baca Juga: Bebek Mungil Unik Honda ST125 Dax Mengaspal di Indonesia
Melengkapi pembaruan desain bodi dan peningkatan performa, beragam fitur baru pun disematkan. Paling mencolok tentu saja penggunaan Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada suspensi depan. Selain itu kini terdapat Hazard Lamp pada varian SP dan SP-Quick Shifter. Sementara sisanya masih sama dengan model lama.
Buat varian tertinggi terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan. Opsi mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode off.
Selain Quick Shifter, fitur Assist/Slipper Clutch juga hadir pada varian SP dan SP Quick Shifter. Slipper Clutch berfungsi untuk mengurangi resiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem, sehingga dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan. Fitur Anti-lock Brake System (ABS) melengkapi fitur keamanan CBR250RR SP demi memberikan kenyamanan maksimal.
Seluruh varian CBR250RR juga telah disematkan Throttle By Wire, menghadirkan akselerasi halus dan stabil. Untuk memaksimalkan fungsinya, dilengkapi pula riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga jalanan padat perkotaan.
New CBR250RR varian SP Mystique Blue dipasarkan Rp75,150 juta. Sedangkan untuk varian SP Quick Shifter punya pilihan striping Bravery Red Black dengan banderol Rp79,2 juta serta tema Honda Racing Red dan Tri Color yang dijual Rp79,8 juta. Sedang varian Standar masih dengan pilihan warna Black Freedom dan Mat Gunpowder Black Metallic. Harganya saat ini Rp62,850 juta. Semuanya berstatus OTR DKI Jakarta. (Bgx/Odi)
Baca Juga: AHM Segera Keluarkan Roadmap Baru, Jual Sepeda Motor Listrik Tahun Ini?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.