Honda Civic hatchback mendebut lengkapi varian sedan yang sudah muncul duluan. Tawarkan kepraktisan sekaligus tetap sporty. Kini ia tidak lagi menjadi model standar. Lebih membumi dan dewasa meski tidak melunturkan sensasi sporty. Profilnya disebut mengambil inspirasi dari sportback keluaran Eropa. Memainkan pergeseran pilar A ke sekitar 2 inci ke belakang dalam menyelesaikan garis bonnet rendah. Beltline horizontal tegas pun ikut mengurangi kesan sibuk.
Tampak manis dan elegan ketimbang berusaha tampil gahar. Sekilas dipandang memang terlihat tidak terlalu berbeda dari versi sedan – terutama di bagian depan. Kendati begitu, diferensiasi cukup kentara kala melirik postur bokong melandai. Itu jelas merupakan ciri umum sang hatchback. Lebih spesifik lagi, identitas buritan yang dahulu seakan terhubung ekor itik kini dibawa dengan mengadaptasikan lampu rem tengah sebagai jembatan dari tail lamp. Turut berimbas pada visual kuda-kuda lebar Civic Hatchback.
Gayanya juga tidak benar-benar identik dengan model sedan. Detail penegas ciri sporty sang hatchback lantas menghiasi fasad depan. Termasuk di dalamnya patron grille rongga honeycomb besar pada permukaan agak cembung. Panjang total jelas lebih pendek, tepatnya 4,9 inci dari sedan berikut overhang yang juga lebih sempit.
Citra sporty sang hatchback turut didukung oleh penyempurnaan basis pembangun keluarga Civic. Struktur bodi baru diklaim lebih rigid 19% ketimbang generasi sebelum. Ditambah pula struktur suspensi yang lebih kaku menyuguhkan peningkatan kualitas berkendara. Lebih dari itu, kenyamanan turut kena sentuhan berkat perekat structural, busa semprot di pilar, sampai tambahan peredam suara ekstra di firewall dan di bawah lantai. Semua bantu mereduksi kadar NVH (Noise, Vibration, and Harshness).
Baca Juga: All-New Honda Civic Sedan 2022 Tampil Makin Dewasa dan Humanis
Kini Civic Hatchback ditawarkan dalam dua paket pemacu daya. Opsi mesin empat silinder 1.500 cc turbo bertahan dengan upgrade kekuatan. Sanggup gelontorkan output sampai 180 hp dibarengi torsi 240 Nm – meningkat 6 hp dan 20 Nm dari keluaran lama. Sementara itu, versi basic kebagian pencipta velositas empat silinder 2.000 cc naturally aspirated sekuat 158 hp/187 Nm. Gelontoran tenaga bakal disalurkan ke roda depan via transmisi CVT sebagai perlengkapan standar. Namun menariknya, model hatchback spesifik kebagian opsi ekstra girboks manual enam percepatan short-throw. Tersedia untuk enjin 2.000 cc atau 1.500 cc
Dalam kabin, rancangan visual sederhana dari Civic klasik turut dibawa. Sama seperti sedan, sarana hiburan touchscreen 7 inci lengkap integrasi smartphone hadir sebagai perbekalan standar. Terdapat opsi lebih besar 9 inci. Tak ketinggalan panel instrumen digital dan sistem audio Bose hadir di trim tertentu. Update teknologi serupa saudaranya turut mejeng. Termasuk peranti standar single-camera Honda Sensing demi menghadirkan asisten berkendara akif.
Belum diumumkan berapa harganya. Ekspektasinya sekitar 20-30 ribuan USD atau sekitar Rp289 - Rp433 jutaan. Nantinya, Civic Hatchback akan hadir dalam format hybrid e:HEV di Eropa dan tentunya tak ketinggalan si gahar Type R. (Krm/Odi)
Baca Juga: New Honda Civic Type R 2021 Mengaspal, Dapat Penyegaran Minor Luar dan Dalam
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.