Penantian generasi terbaru Honda Civic Type R cukup panjang. Setidaknya setahun yang lalu, mulai muncul rangkaian foto mata-mata unit berkamuflase. Lalu Honda mulai sibuk memberi teaser prototipe saat pengetesan setidaknya enam bulan belakangan. Malah serius mencetak rekor dulu meski agar penggemarnya makin gemas. Sampai akhirnya ia remsi dibuka selubungnya. Walau belum sepenuhnya.
Ya, Honda belum membuka detail lengkap spek enjin tertanam. Meski dipastikan masih memakai mesin K20C1 4-silinder 2,0-liter turbocharger. Berapa besaran daya tenaga maupun torsi belum ada. Seharusnya ada banyak tuning baru sehingga berani diklaim sebagai Type R tercepat dan paling bertenaga. Sebagai catatan, output mesin sama di Civic Type R FK8 menyemburkan tenaga 320 PS dan torsi 400 Nm. Mungkin sekali melampaui besaran itu.
Komposisi hot hatch old-school juga bertahan. Tetap penggerak roda depan (FWD) dan transmisi manual 6-speed yang disebut mendapat revisi. Sayang Honda juga tidak membuka data angka dibalik pengembangan. Yang pasti Type R FL5 lebih rendah, panjang dan lebar dibanding model sebelumnya. Adopsi desain secara keseluruhan sama seperti Civic Hatchback anyar. Lalu dibuat lebih agresif dari sematan aerokit. Contohnya kisi-kisi honeycomb untuk asupan udara lancar.
Baca Juga: Honda Sebar Lagi Foto Honda Civic Type R 2023, Pengujian Masih Intens
Dari samping pun terlihat sepatbor menggembung. Untuk mendukung pelek racing dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 265/30 ZR19. Di dalamnya terlihat jelas kaliper Brembo plus cakram masif. Paling intimidatif tentu rear spoiler ekstra besar demi mengejar aerodinamika. Tak lupa 3 lubang knalpot yang pipa tengah berdiameter lebih besar.
Interior mengikuti desain Civic generasi terakhir. Namun dikemas kental rasa balap dan bercita rasa sport tinggi. Tentu saja banyak aksen merah untuk menciptakan kesan agresif. Misalnya kursi, karpet, logo Honda dan jahitan-jahitan. Sebuah display +R menjadi pembeda istimewa. Menyajikan informasi yang bisa diperlukan saat berkendara di sirkuit.
Kemampuannya sudah dibuktikan lewat torehan rekor baru di sirkuit Suzuka, Jepang. Rekor tercepat untuk mobil FWD mengitari trek sepanjang 5,8 km dipatahkan. Catatan waktunya 2 menit 23,120 detik. Sedangkan Civic Type R FK8 memiliki waktu 2 menit 23,993 detik. Berarti, satu detik lebih cepat!
FK8 juga memegang rekor mobil FWD di beberapa sirkuit legendaris Eropa. Bukan tak mungkin bakal dikalahkan juga oleh FL5. Kehebatan generasi baru patut ditagih, sembari menanti informasi lengkap lainnya sebelum resmi dilempar ke pasar. Bisa jadi, ini Type R terakhir yang memakai mesin naturally aspirated dan penggerak depan. (Odi)
Baca Juga: Belum Meluncur, Honda Civic Type R 2023 Sudah Ciptakan Rekor Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.