Honda CR-V 1,5 liter turbo versi facelift membawa perubahan menarik. Sebagai medium SUV, sekarang ia tampil lebih menawan dan berlimpah fitur keselamatan. Meski sepintas ubahan eksterior masih belum bikin pangling, karena belum beregenerasi total. Varian tengah dijual Rp506,3 juta on the road Jakarta. Jika Anda berminat membeli dengan cara kredit, unit gres bisa didapat dengan uang muka setidaknya 30 persen. Lantas besaran DP menjadi Rp151,88 juta. Jumlah cicilan bulanan pun beragam, mengikuti tenor.
Kebanyakan masyarakat ambil angsuran selama lima tahun. Berdasar skema dari Honda Indonesia, untuk tenor selama itu konsumen bisa mencicil Rp7,91 juta. Kemudian biaya admin Rp1,66 juta plus asuransi kendaraan Rp14,27 juta. Sehingga total pembayaran pertama (termasuk uang muka) yang harus disetor ke leasing Rp175,74 juta.
Misal kalau mau skema tenor empat tahun. Maka pemilik kendaraan wajib menyetor uang bulanan Rp9,15 juta. Besaran asuransi sama, Rp14,27 juta dan admin fee sejumlah Rp1,39 juta. Adapun total pengeluaran tahap awal mencapai Rp176,72 juta. Lanjut kalau seandainya ingin mengambil kredit selama tiga tahun. Besaran angsuran bulanan Rp11,47 juta, biaya admin menjadi Rp1,34 juta, asuransi Rp14,27 juta. Setoran pertama bisa sampai Rp178,98 juta.
Baca Juga: Fakta Menarik Honda Brio yang Jarang Diketahui
Andai ingin lebih ekstrem mencicil selama dua tahun. Uang muka tetap sama Rp151,88 juta. Setoran bulanan Rp16,32 juta dan ongkos admin Rp1,29 juta ditambah asuransi. Maka seluruh tagihan pertama Rp183,79 juta. Tentu simulasi ini sebagai gambaran untuk wilayah Jakarta. Seluruh kalkulasi bakal berubah mengikuti mekanisme harga di tiap daerah dan kebijakan masing-masing diler resmi Honda. Beli mobil Honda baru juga masih bisa dapat THR lanjutan. Berlaku untuk pembelian unit selama periode Juni – Juli 2021. Khusus CR-V anyar, konsumen mendapat additional value Rp3 juta. Syarat dan ketentuan berlaku di tiap jaringan pemasaran.
Nilai jual Honda CR-V turbo non-Prestige ialah perangkat keamanan standar. Ia memiliki beberapa fitur keselamatan dan keamanan komplet. Misalnya Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS). Lanjut Motion Adaptive EPS, Brake Override System, ABS + EBD, Brake Assist (BA), Parking Brake, Electric Parking Brake, Auto Hold Brake, Cruise Control plus Paddle Shift.
Untuk varian tengah ini sangat direkomendasikan ketimbang CR-V 2.0L. Pencahayaan depan memakai LED termasuk lampu siang hari (DRL). Kemudian di buritan sepintas nyaris sama dari model lama. Rumah lampu belakang (mika) kini dibikin agak gelap. Kalau model sekarang, warna merah lebih kentara. Lalu pelindung bumper belakang masih berlapis silver, hanya saja guratannya dibikin beda. Tepat di bawah itu, ada sepasang muffler pipa gas buang lebih pipih. Ukurannya tetap 18 inci, tapi memiliki desain yang berbeda. Kalau produk global banyak opsi corak. Namun bagi market sini menggunakan model kembang lima kelopak lebih indah, ketimbang palang dual tone berbentuk V.
Untuk sektor hiburan, Honda CR-V turbo (reguler) memiliki head unit gaya mengambang 7 inci layar sentuh. Pengguna dapat putar lagu melalui MP3 player, WMA, AM/FM Radio, USB Port, Smartphone Connection, Bluetooth Connection, ANC, SVC. Semua itu bisa diatur melalui audio switch di bagian lingkar kemudi. Lalu bagian pendingin kabin memakai dual zone AC digital. Kalau dilihat, tatanan interior tetap mencirikan kualitas Jepang. Serta bergaya kontemporer.
Varian 1,5 turbo lebih kuat dari model termurah 2.0L. Ia menggunakan mekanikal pacu 1,5 liter empat silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Dengan ukuran diamater langkah 73,0 mm x 89,5 mm. Tarian piston memberi lontaran 190 PS di 5.600 rpm plus torsi puncak 240 Nm sejak 2.000 rpm - 5.000 rpm. Urusan redaman guncangan. Bagian depan CR-V pakai MacPherson strut, kemudian penyangga roda belakang menggunakan Multi-link. Honda meracik keasyikan berkendara lewat formulasi Earth Dreams. Penyaluran tenaga terasa linear, cekatan tatkala bergerak dari diam. Distribusi power sangat lembut dan senyap berkat transmisi CVT. (Alx/Odi)
Baca Juga: Simulasi Kredit Honda Brio Satya E CVT, Bisa Dicicil Rp2 Jutaan Sebulan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.