Honda CRF250 Rally Dapat Pembaruan Minor untuk 2021

Honda CRF250 Rally

Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan CRF250 Rally untuk Model Year (MY) 2021. Ada di beberapa sektor tapi tak menyentuh tampilan. Harganya pun terkoreksi sedikit. Sekarang dijual Rp 87,5 juta OTR Jakarta, atau tepatnya naik Rp 3,9 juta dibanding model sebelumnya. Pilihan warna tetap Extreme Red saja.

Ubahan paling signifikan justru menyasar ke ranah teknis, mesin dan fitur. Walau begitu, ia tetap memberikan sensasi kesenangan berkendara. Dan sematan baru cukup menunjang para pecinta motor tualang, dalam hal menaklukkan berbagai kondisi jalan, on-road maupun offroad.

Kubikasi mesin masih tetap 250 cc, DOHC, silinder tunggal dan berpendingin cairan. Tapi akselerasinya kini lebih responsif, melalui penyempurnaan pada rasio gear, intake camshaft dan exhaust yang dirancang ulang. Serta penyematan fitur assist/slipper clutch di sistem transmisi. Fitur yang membuat penggunaan kopling lebih ringan dan mencegah roda belakang selip ketika pengendara menurunkan gigi secara cepat. Tentu menambah keamanan saat berkendara melibas rute yang menantang.

Baca Juga: Honda CB350 RS Meluncur di India, Tantang Royal Enfield Meteor 350

Honda CRF250 Rally 2021

Tenaga dan torsi meningkat dibanding pendahulunya. Kalau sebelumnya punya power 24,7 Hp dan torsi 22,6 Nm, kini tenaga maksimum dihasilkan mencapai 25,6 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di kitiran 6.500 rpm. 

Kemudian ada sentuhan baru pada panelmeter digital. Bentuknya kini lebih besar dan informatif dengan tambahan informasi jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar dan posisi transmisi gigi. Panel informasi ini juga semakin mudah dibaca pengendara dengan huruf dan angka yang diperbesar menjadi 23 mm.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan, sentuhan baru ditujukan untuk para pecinta motor tualang yang menyukai kebebasan dalam berkendara. Hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam melakukan inovasi untuk memberikan kendaraan tangguh bagi pencinta adventure. “Beragam perubahan yang didapat, bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan, serta tangguh dalam melewati beragam kondisi jalan. Kami berharap penyematan fitur dan desain baru ini dapat menjawab kebutuhan para pecinta motor Adventure Tourer di Indonesia," ujar Thomas.

Tetap mengusung tampilan dan sensasi ketangguhan dari Honda CRF450 Rally. Namun kini memiliki bobot lebih ringan. Dengan desain rangka semi double cradle dan cover knalpot serta singwarm model terbaru, bebannya terpangkas 3 kg. Sekarang berat keringnya cuma 152 Kg.

Baca Juga: Honda CBR150R dan CBR250RR SP Quick Shifter Kebagian Tema Tricolor

Honda CBR250 R

Desain Honda CRF250 Rally masih sama seperti yang lama. Tetap mengusung gaya penakluk beragam kondisi jalan. Terlihat dari penyematan floating wind screen dan shroud samping, secara efektif menawarkan perlindungan bagi pengendara. Hand guards di tiap sisi setang juga mampu memberikan proteksi tangan rider, rem serta tuas kopling.

Tangki bahan bakarnya pun masih dibuat atletis dengan lekukan tegas yang berotot. Tapi kini penampung bensinnya lebih besar. Kalau sebelumnya 10,1 liter, kini diperluas menjadi 12,8 liter. Membuat pemakainya bisa menikmati sensasi berkendara lebih jauh. Klaimnya mampu menjelajah lebih dari 44 5km berkat hasil konsumsi bahan bakar 34,8km/liter.

Lebih lanjut, under cover tersemat memberikan perlindungan mesin bagian bawah dari benturan. Begitu pula tuas pemindah gigi dapat dilipat. Ciri khas head lamp Dual Symmetry LED pun masih bertahan. Dibentuk layaknya dua buah bola mata yang menatap begitu tajam ke depan. Sementara jok dengan desain sedikit meruncing ke belakang, tentu untuk memberikan posisi riding yang lebih tegap.

Sementara suspensi tidak diubah. Mengandalkan up side down berukuran 43 mm di depan, dan lengan ayun berbahan alumunium, dengan suspensi Pro-Link Single Shock pada bagian belakang. Daya pegas dan peredam masing-masing telah dioptimalkan sesuai dengan karakter motor penjelajah. Tetap memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road. Baik depan dan belakang pakai lansiran Showa.

Model ini hadir dengan pelek alumunium dengan warna hitam Alumite. Berukuran 21 inci di depan dan 18 inci belakang. Dibungkus dengan ban tipe dual purpose (80/100 depan dan 120/80 belakang. Motor adventure ini dibekali rem cakram di kedua rodanya. Rem cakram bertipe Floating Wave Disk dengan diameter 256 mm dan dua piston kaliper terpasang pada roda depan. Dan belakang berdiameter 220 mm dan memiliki satu piston kaliper. Sayangnya sektor pengeremannya belum dilengkapi teknologi ABS.

Tak ada ubahan di peredam kejut, membuat ketinggian jok tetap 895 mm. Masih sama dan cukup aman bagi ukuran tubuh orang Asia. Ground clereance juga masih bertahan di 270 mm. Cukup membuat pengendaranya percaya diri menerabas medan adventure. Mulai dari aspal, tanah, pasri hingga berlumpur. Dari segi dimensi ada sedikit perbedaan. Kini 2.230 x 920 x 1.415 mm, sebelumnya 2. 210 x 900 x 1.425 mm (PxLxT). Meski ada selisih tapi tidak terlihat.  Tetap memberikan visual motor adventure yang kompak. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV, Jiplakannya Honda Africa Twin 1100

Jelajahi Honda CRF250Rally

  • Samping kanan Honda CRF250Rally
Honda CRF250Rally
Rp 93,34 Juta Cicilan : Rp 2,13 Juta

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
  • Honda Beat Street
    Honda Beat Street
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Off Road

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Honda CRF250Rally dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Selisih Rp12 Jutaan, Mari Bahas Lengkap Perbedaan Honda CRF250L dan CRF250 Rally
    Selisih Rp12 Jutaan, Mari Bahas Lengkap Perbedaan Honda CRF250L dan CRF250 Rally
    Bangkit Jaya Putra . 24 Feb, 2023
  • Dua Rider Asal Indonesia Ikut Kompetisi Rally Internasional, Pakai Honda CRF Rally Bore up
    Dua Rider Asal Indonesia Ikut Kompetisi Rally Internasional, Pakai Honda CRF Rally Bore up
    Zenuar Yoga . 07 Sep, 2022
  • Honda CRF250 Rally Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 3 Jutaan
    Honda CRF250 Rally Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 3 Jutaan
    Zenuar Yoga . 02 Mar, 2021
  • Jelang Peluncuran, Gambar Honda CRF250L dan CRF250 Rally MY2021 Disebar Duluan
    Jelang Peluncuran, Gambar Honda CRF250L dan CRF250 Rally MY2021 Disebar Duluan
    Zenuar Yoga . 03 Nov, 2020
  • Honda CRF 250 L dan CRF 250 Rally 2020 Segera Rilis, Apa Saja Daftar Pembaruannya??
    Honda CRF 250 L dan CRF 250 Rally 2020 Segera Rilis, Apa Saja Daftar Pembaruannya??
    Ary Dwinoviansyah . 24 Sep, 2020
  • Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 12 Mei, 2022
  • 3 Motor Adventure Ini Versi Barunya Minim Pembaharuan, Mending Pilih Unit Bekas?
    3 Motor Adventure Ini Versi Barunya Minim Pembaharuan, Mending Pilih Unit Bekas?
    Helmi Alfriandi . 12 Mei, 2021
  • Kenali Seluruh Varian Honda CRF yang Dijual di Indonesia
    Kenali Seluruh Varian Honda CRF yang Dijual di Indonesia
    Zenuar Yoga . 27 Agu, 2020
  • Komparasi Honda CRF250 Rally vs Kawasaki KLX 250S
    Komparasi Honda CRF250 Rally vs Kawasaki KLX 250S
    Ardiantomi . 08 Feb, 2017