Generasi terbaru HR-V versi Negeri Paman Sam memang sudah diketahui lama. Bahkan banyak beredar di internet. Model tampak berbalut stiker kamuflase serbaputih di sekujur tubuh. Kini gambar rendering berdasar foto bocoran pun dibuat. Kalau dilihat dari bentuk, ia jelas sangat jauh berbeda dari versi Asia. Apalagi seperti di Indonesia. Tahun lalu, Honda mengumumkan tengah melakukan pengembangan dan siap mendebut pada 2022. Mari telusuri lebih detail.
Kalau kita lihat eksterior Honda HR-V di Amerika Serikat berdasar bocoran kamuflase. Ia memiliki bonet pajang hingga turun melengkung ke ujung depan. Sementara bentuk kisi-kisi utama berupa heksagonal besar. Tampak samar-samar berbalut cat hitam. Rumah lampu utama pun tak mengerucut, ditemani DRL LED. Lantas desain asupan udara berbentuk U. Jika dipandang lebih lama, bodi generasi anyar seolah jauh berbeda dari bahasa desain khas Honda. Malah ia banyak memiliki tarikan garis bernuansa Ford. Entah kenapa, tapi mungkin rancangan itu menyesuaikan market di sana.
Tampaknya HR-V versi AS lebih besar daripada yang dijual di tempat lain seperti di Asia atau Eropa. Lihatlah, Anda bisa melihat ada jendela belakang tambahan. Sementara jendela samping model HR-V global berakhir di pilar C. Mungkin Honda sedang bersiap untuk mencuri konsumen di segmen dari Toyota Corolla Cross, yang juga baru-baru ini diluncurkan untuk pasar sana. Kemudian terlihat lampu belakang berbentuk L. Ini mengingatkan kita mengenai tampilan serta alur garis buritan, hampir mirip Acura MDX.
Lalu mengenai konfigurasi interior. Diyakini ia mengusung format lima bangku yang fleksibel untuk memudahkan keluar masuk penumpang. Dan ini pula masih menjadi misteri. Belum ada informasi seputar tatanan kabin. Diharapkan dasbor bisa mengikuti model global sekarang. Head unit mengambang di tengah berikut ragam sambungan ke gawai. Bentuknya lebih rata, minimalis, namun tetap sedap dipandang dan kentara nuansa premium.
Belum ada detail teknis yang bisa diungkapkan. Ekspektasi HR-V Amerika bakal berbagi enjin dengan Honda Civic. Misal pemacu 2,0 liter i-VTEC empat silinder, disedot secara alami bertenaga 150 HP. Atau opsi lain berupa mesin 1,5 liter VTEC turbo, mirip dengan apa dimiliki saudara sekandung. Semua daya dipastikan memakai transmisi jenis CVT. Penyaluran terbukti lembut, mulus, responsif dan tahan lama. Untuk menambah keasyikan berkendara bakal tersedia paddle shift seperti model eksis. Lalu tipe gerak, seperti model sebelumnya. Ada front wheel drive maupun all wheel drive sebagai pilihan. Terakhir, kans model hybrid e:HEV juga diharapkan tersedia di masa mendatang agar semakin ramah lingkungan. (Alx/Odi)
Sumber: Burlappcar
Baca Juga: Rilis di Thailand, All New Honda HR-V RS 2022 Hanya Ada Opsi Hybrid
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.