Pasar medium SUV dan crossover masih potensial di Indonesia. Makanya Honda Prospect Motor terus meluncurkan unit baru. Kalau ingin tahu dan berminat ambil HR-V seken terkini, banderol pasaran mobkas di Jabodetabek bervariasi. Depresiasi alias penurunan nilai tak begitu amblas. Memang harga mobil bekas amat bergantung pada kesehatan mobil dan kondisi fisik keseluruhan. Berikut kisaran detail yang tersedia.
Di balik bonet, tertanam mesin naturally aspirated 1,5 liter SOHC yang menyuplai daya 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm. Output disalurkan ke roda depan pakai transmisi CVT dan opsi manual 5-speed. Pada HR-V CVT Prestige tertancap mesin i-VTEC 4-silinder 1,8 liter. Unit melecutkan daya 139 PS di 6.500 rpm dan momen puntir 169 Nm pada 4.300 rpm.
Jika dikomparasi dengan tipe 1.5L, beda tenaga 19 PS dan torsi 24 Nm. Tapi ada yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli HR-V bekas. Bagian kaki-kaki kerap dikeluhkan pengguna lama. Sebaiknya periksa teliti atau membawa mekanik terpercaya sebelum meminang. Pastikan bagian itu nihil masalah. Terakhir, wajib test drive lebih lama agar paham betul kondisi handling serta kenyamanan. Kalau CVT mulai lag (jeda) dan respons kurang. Sebaiknya urungkan niat membeli. Perbaikan bisa makan puluhan juta. Bodi valve atau solenoid-nya pun mahal.
Baca Juga: Honda HR-V 2018 Bekas, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Membelinya
Tapi kalau kondisi semua oke. Crossover ini punya kabin nyaman dan lapang, HR-V bisa jadi opsi utama. Ia mempunyai panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, kemudian wheelbase 2.610 mm. Mobil pakai ban 215/55 serta pelek 17 inci. Penumpang belakang disediakan ruang kaki dan kepala ekstralega. Ditambah lagi kepraktisan pengaturan kursi yang sama persis dengan Honda Jazz.
Bila Anda butuh ruang bagasi lebih besar, tinggal melipat sandaran jok yang rata lantai. Seketika tersedia area lapang dan datar. Pembagiannya 60:40, bisa jua disesuaikan kebutuhan antara membawa barang juga penumpang. Dudukan jok juga mampu dilipat ke atas atau juga dikenal sebagai mekanisme Ultra Seat.
Jujur saja, fitur pada varian dasar sudah komplet. Honda sama sekali tidak pelit memberi fitur untuk HR-V. Varian termurah (1.5L S), sudah dilengkapi fitur keselamatan amsal ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal dan Brake Override System. Rem parkirnya saja pakai model elektrik (Electronic Parking Brake). Kemudian ada Auto Brake Hold. Namun airbag hanya ada dua, sama seperti tipe E.
Varian tengah (E dan Special Edition) makin lengkap lagi. Saat Anda menyalakan mesin, cukup pakai tombol (keyless ignition) ditambah paddle shift. Ia jua punya cruise control untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan. Lalu tombol AC Smart Touch tetap terlihat futuristik. Urusan audio juga sudah cukup. Head unit monitornya sebesar 8 inci, yang bergaya mengambang.
Pada dasarnya membeli mobil baru atau bekas tidak boleh gegabah. Aspek yang wajib dipertimbangkan ialah cash flow bulanan Anda. Kalau dikalkulasi, cukup untuk memboyong tipe mana? Lalu langkah selanjutnya ialah menentukan kebutuhan. Kalau sekadar butuh mobilitas dan faedah praktis, HR-V S CVT patut dipertimbangkan. Bila ada harga lebih, artinya tersedia pula peranti semakin komplet. (Alx/Odi)
Baca Juga: Honda HR-V Generasi Terbaru Versi USDM Sangat Beda, Mendebut Tahun Ini
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.