Dalam undangan resmi, Honda Prospect Motor bersiap merilis model anyar. Tepatnya pada 15 Desember 2021. Disinyalir HR-V generasi terbaru dengan imbuhan mesin turbo 1,5 liter. Tentu enjin reguler (N.A) dipastikan tetap tersedia. Baru-baru ini, unit tengah menjalani uji jalan dalam balutan kamuflase dengan nomor pelat bantuan B 1995 SSR. Ia tertangkap kamera saat melesat di tol. Wujudnya begitu mudah ditebak sebagai generasi lanjutan.
Sebetulnya dua varian mesin sudah tertera dalam situs Samsat DKI Jakarta bersama Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Enjin diambil dari Civic turbo. Jadi HR-V generasi terbaru bakal mendapati pemacu 1,5 liter empat silinder segaris VTEC turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Dengan ukuran dimater langkah 73,0 mm x 89,5 mm. Buncahan hasil pembakaran internal memberi lontaran tenaga 176 PS di 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 240 Nm sejak 1.700 rpm – 4.500 rpm. Semua opsi itu dikawinkan transmisi CVT.
Varian reguler juga menggunakan mesin baru seperti tertancap di City series bervolume 1,5 liter naturally aspirated. Namun berbeda dari model eksis yang mengandalkan Single Over Head Camshaft (SOHC). Melainkan sudah bertipe DOHC. Buncahan daya teknologi VTEC mencapai 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.
Baca Juga: All New Honda BR-V Prestige CVT 2022 Bisa Dikredit Rp5 Juta Sebulan, Simak Simulasinya
Lanjut ke fitur, sangat mungkin varian atas HR-V berbekal perangkat Honda Sensing. Isinya meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Terus ditambah Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam. Keamanan generasi penerus semakin mantap saat berselancar di jalanan.
Mengacu dari data Samsat PKB, Honda HR-V terabru memiliki empat varian mulai E, S, SE dan RS. Semuanya bertransmisi CVT. Strata tertinggi punya NJKB Rp305 juta. Untuk sekadar perbandingan saja. Di model lawas 1.8L Prestige CVT memiliki NJKB Rp314 juta dan resmi didagang Rp409,8 juta OTR Jakarta. Boleh jadi kisaran banderol generasi terbaru kelak tak kacek jauh.
Wujud
Untuk pasar Indonesia dipastikan wujud mirip dari versi RS di Thailand . Ia memiliki pola guratan kisi-kisi anyar. Jadi, menambah kesan tangguh serta bentuk bodi dengan kap mesin panjang. Lalu bagian sisi dibikin lebih tajam juga vertikal. Formulasi Honda Architecture merupakan bahasa penyempurnaan pada keluaran produk baru. Produsen memikirkan bagaimana cara membuat mobil aman, nyaman dan stabil.
Interiornya kini semakin lapang, mencuatkan sosok SUV premium. Kalau melihat versi produksi dijejer bareng gambar paten di DJKI, tampak sama persis. Terlihat gaya modern minimalis, diawali dengan sapuan horizontal pada panel instrumen. Lalu setiap elemen diposisikan amat presisi untuk memberikan kesan jembar. Difusi udara dibikin tertata, menciptakan aliran udara segar dari samping dan di sisi atas. Angin berembus dari ventilasi berbentuk L unik yang diposisikan di sudut atas dasbor. Dekorasi kabin terlihat sederhana dengan head unit mengambang. Tapi sentuhannya istimewa.
Formuslasi HR-V terbaru turut mempertahankan kekompakan namun prastis. Amsal Anda dapat menemukan fitur magic seats. Konfigurasi menawarkan fleksibilitas pelipatan kursi, bergantung pada ruang kargo dibutuhkan. Lantas guna menambah nilai elegan sebuah kendaraan, Vezel di Jepang dipasang panoramic sunroof. Diprediksi model bagi market Indonesia juga mendapatkan perangkat serupa di varian atas. Nantikan info detail beberapa hari mendatang. (Alx)
Baca Juga: Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5L Turbo Bakal Dipasarkan di Indonesia, Cek Nilai Jualnya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.