Ketika merilis generasi kedua BR-V kemarin, Honda Prospect Motor (HPM) juga siap kasih kejutan baru. Mereka turut menampilkan sosok SUV dengan selubung merah. Banyak yang merumorkan Honda ZR-V. Kalau berdasar analisis Zigwheels, itu bukanlah petarung bagi Toyota Raize. Perawakannya jelas berbeda, bahkan sorot lampu siang hari (DRL) cenderung berlainan. Belum lagi kalau merujuk pada sejumlah dokumen di instansi pemerintahan. Kendaraan anyar itu malah mengacu pada generasi paling gres, All New Honda HR-V 2022.
Berdasar tampilan gambar HPM, sorot mata depan sangat mirip dengan HR-V 2022. Lihat pula tarikan garis pilar C atau di buritan. Jauh sekali dibanding ZR-V. Kalau menyoal roofrail, bisa saja itu opsional bagi mereka. Sebab sang kembaran – Honda Vezel – di Asia tak pakai begituan. Memang kalau dilihat bentuk bodi relatif pendek berkonfigurasi lima penumpang. Yang jadi pertanyaan selanjutnya ialah mekanikal pacu tertanam.
Segmen kompak SUV di Indonesia banyak menggunakan mesin ringkas naturally aspirated. Demi menyesuaikan pasar, dipastikan Honda tetap menawarkan enjin 1,5 liter di model menengah ke bawah. Namun enjin berbeda, ketimbang model eksis yang mengandalkan Single Over Head Camshaft (SOHC). Melainkan diadopsi dari City hatchback bertipe DOHC. Buncahan daya 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. BR-V saja pakai pemacu ini.
Baca Juga: Begini Tampilan Honda HR-V Generasi Baru yang Akan Beredar di Indonesia
Lantas bagaimana nasib mesin 1,8 liter yang masih dijual di Indonesia? Honda mulai meninggalkannya. Ambil contoh, Civic sekarang sepenuhnya sudah melepas opsi serupa dan berganti 1,5 turbo. Sehingga ke depan, HR-V juga mengikuti saudaranya tak pakai jantung mekanis naturally aspirated ini. Tak perlu khawatir, kalau berdasar perhitungan Zigwheels, sang generasi penerus layak menggunakan bantuan turbo.
Tak perlu repot bikin dapur pacu baru. Mereka dapat memanfaatkan enjin 1,5 turbo sebagai pendorong utama dari CR-V. Tren mesin kecil namun tenaga besar mulai diterima masyarakat. Kemudian efisiensi relatif mudah didapat ketimbang tipe NA 1,8 liter. Dalam hal onderdil pun bisa semakin ringkas lantaran menggunakan jantung mekanis serupa. Namun baiknya dipasang model paling mahal. Misal dengan nomenklatur Honda HR-V RS Turbo. Performa Earth Dreams milik Honda masih sangat bisa diandalkan.
Anda bisa melihat kemampuan 1,5 liter empat silinder segaris VTEC turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Dengan ukuran diamater langkah 73,0 mm x 89,5 mm pembakaran internal memberi lontaran tenaga 190 PS di 5.600 rpm plus torsi puncak 240 Nm sejak 2.000 rpm - 5.000 rpm. Semua opsi itu dikawinkan penghubung berupa transmisi CVT. Racikan ini bikin HR-V RS semakin mantap. Dan jarang konsumen yang mengeluh soal performa mesin. Khususnya saat dipakai di CR-V. Mau tahu lebih detail, ikuti pembaruan di Zigwheels.co.id. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pasti Masuk Indonesia, Akankah All-New Honda HR-V Pakai Mesin Turbo?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.