LONDON – Keikutsertaan Honda di balapan Formula 1 ternyata juga digunakan sebagai ajang penelitian. Buktinya, Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap F1 Honda untuk model terbaru All New Honda Jazz terbaru. Teknologi Hybrid Power Unit (PU) yang digunakan di lintasan akan diadopsi untuk sistem hybrid terbaru e:HEV.
Honda Formula 1 menggunakan mesin baru dengan kode RA620H. Ini adalah mesin berkubikasi 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System. Sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan. Pada musim balap lalu, mesin hybrid Honda telah membantu tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.
Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development mengatakan sepanjang balap Formula 1, tim Honda mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap. Ia juga menyebut berbagai kejadian bisa dianalisa untuk pengembangan mesin hybrid.
“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” katanya menjelaskan.
Sistem e:HEV
Mesin e:HEV ini akan digunakan All New Honda Jazz yang meluncur resmi ke pasaran akir tahun ini. Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar. Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.
Untuk menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan efisiensi bahan bakar yang optimal, sistem canggih e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis di antara tiga mode berkendara.
Mode EV Drive dimana baterai lithium-ion menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung. Kemudian Hybrid Drive dimana mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik. Sedangkan Engine Drive adalah dimana mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.
Penggunaan Mode
Pada mayoritas situasi berkendara di perkotaan, efisiensi bahan bakar yang optimal diraih melalui transisi diantara EV Drive dan Hybrid Drive. Untuk berkendara di jalan tol, mode Engine Drive digunakan untuk mensuplai lebih banyak tenaga dan menambah kecepatan. Sedangkan di jalan umum, kendaraan akan menggunakan mode Hybrid Drive dimana tenaga berlebih dari mesin berbahan bakar dapat didaur ulang untuk mengisi daya baterai melalui generator. EV Drive juga bekerja saat mobil melambatkan kecepatan, dengan mengumpulkan lebih banyak energi saat menginjak pedal rem secara berkelanjutan untuk mengisi daya baterai.
Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear untuk menciptakan koneksi secara langsung diantara beberapa komponen. Hal ini menghasilkan torsi yang halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.
Honda pertama kali berpartisipasi dalam ajang balap di tahun 1958, dan meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 pada tahun 1965. Melalui keikutsertaannya di Formula 1, Honda telah memenangkan 74 Grands Prix dan enam gelar juara konstruktor. Partisipasi ini telah memungkinkan Honda untuk mengembangkan kapabilitasnya dalam merancang mesin dan mengaplikasikan keahlian tersebut kedalam mobil penumpang. (Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.