Dalam undangan resmi, Honda Prospect Motor berencana luncurkan mobil anyar. Tepat pada 23 Maret 2022 secara daring. Mereka siap memberikan kejutan dan kegembiraan pelanggan di Indonesia. Sekaligus melengkapi barisan kendaraan HPM di market Tanah Air. Kata kunci pabrikan sebelum perilisan model ialah “the one for an exhilarating ride to meet the exceptional”. Hal ini mengacu pada All New HR-V sebagai mobil tualang.
Kalau menukil dalam data Samsat PKB DKI Jakarta. All New Honda HR-V atau generasi ketiga (di Indonesia) memiliki empat varian mulai E, S, SE dan RS. Semuanya bertransmisi CVT. Strata tertinggi punya NJKB Rp305 juta. Untuk sekadar perbandingan saja. Di model lawas 1.8L Prestige CVT memiliki NJKB Rp314 juta dan resmi didagang Rp409,8 juta OTR Jakarta. Boleh jadi kisaran banderol generasi terbaru kelak tak kacek jauh.
Opsi mesin juga tertera di Samsat. Untuk menyasar level di bawah. Honda tetap menyediakan mesin ringkas naturally aspirated. Yakni enjin 1,5 liter yang sama dari City hatchback. Ia menggantikan konfigurasi Single Over Head Camshaft (SOHC) di model lawas. Berkat racikan baru DOHC. Luapan daya sedikit bertambah menjadi 121 PS di 6.600 rpm. Torsi maksimum 145 Nm digapai pada 4.300 rpm. Penyaluran tenaga menggunakan CVT.
Lalu varian HR-V RS terbaru mendapati pemacu 1,5 liter turbo empat silinder segaris VTEC, DOHC, 16 katup + DBW. Dengan ukuran diameter langkah 73,0 mm x 89,5 mm. Buncahan hasil pembakaran internal memberi lontaran tenaga 176 PS di 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 240 Nm sejak 1.700 rpm – 4.500 rpm. Semua opsi itu dikawinkan transmisi CVT. Tak ada lagi manual.
Baca Juga: Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5L Turbo Bakal Dipasarkan di Indonesia, Cek Nilai Jualnya
Honda Sensing tentu saja menjadi andalan HPM sebagai nilai jual lebih bagi konsumen. Kalau melihat daftar varian HR-V strata tinggi yakni RS, bakal berbekal perangkat canggih ini. Kalau berkaca dari model lain. Isinya meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Terus ditambah Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam. Keamanan generasi penerus semakin mantap saat berselancar di jalanan.
Eksterior Honda HR-V RS memiliki pola guratan kisi-kisi anyar. Itu turut menambah kesan tangguh serta bentuk bodi dengan kap mesin panjang. Lalu bagian sisi dibentuk lebih tajam juga vertikal. Formulasi Honda Architecture merupakan bahasa penyempurnaan pada keluaran produk baru. Pabrikan betul-betul memikirkan bagaimana cara membuat mobil aman, nyaman dan stabil.
Interiornya kini semakin lapang, mencuatkan sosok SUV premium. Terlihat gaya modern minimalis, diawali dengan sapuan horizontal pada panel instrumen. Lalu setiap elemen diposisikan amat presisi untuk memberikan kesan jembar. Difusi udara dibikin tertata, menciptakan aliran udara segar di samping dan sisi atas. Angin berembus dari ventilasi berbentuk L unik yang diposisikan di sudut atas dasbor. Dekorasi kabin terlihat sederhana plus head unit mengambang. Tatanan ini bikin mobil kian apik. Nantikan detail spesifikasi usai peluncuran besok. (Alx/Odi)
Baca Juga: Generasi Baru Honda HR-V Sudah Terlihat di Indonesia, Begini Speknya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.