Honda N-Box Custom Mejeng di Dreams Cafe, Intip Dalamnya
KEY TAKEAWAYS
Honda N-Box Custom hanya sekadar dipajang untuk ekshibisi
Kalau menginginkannya saat ini bisa membeli lewat importir umum dengan harga sangat mahalHonda Dreams Cafe di Senayan Park punya sajian menarik. Satu unit Kei Car bernama N-Box Custom tampak terpajang. Unit yang diperlihatkan adalah model tertinggi dengan sentuhan Style+Black. Ukurannya amat kompak. Dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.790 mm. Terlihat pendek namun dengan perawakan jangkung. Impresi dari dekat, tidak tampak mungil, kesannya malah kendaraan besar.
Gaya SUV juga cukup terasa. Model mengotak di depan dengan grille bergaris tebal dan posisi tinggi menghadirkan aura tangguh. Sentuhan modern ditawarkan dari lampu LED 9 titik dengan DRL serta fog lam LED. Sentuhan krom gelap membuat N-Box hadir lebih mewah. Bagian sampingnya hadir pelek 15 inci model sporty dengan garis bodi di samping cukup tebal. Belakangnya menghadirkan stoplamp LED kombinasi yang cukup besar. Varian ini menawarkan spoiler belakang berukuran besar yang sekali lagi menegaskan desain sporty khas Honda. Beberapa tambahan seperti garnish berwarna hitam di rumah fog lamp, dudukan plat nomor belakang, juga desain bumper belakang membuat tampilan N-Box Custom ini lebih mewah.
Masuk ke dalam, bagi para penggemar JDM pastinya akan berteriak gembira. Desainnya memang masih memiliki benang merah yang sama dengan beberapa produk Honda lainnya namun sensasi unik di balik kemudi model yang tidak dijual di Indonesia ini membuatnya terasa berbeda. Kesan pertama tadi berlanjut dengan impresi bingung, sebab di dasbor hadir beragam tombol dengan beragam fungsi yang memerlukan waktu untuk mempelajarinya.
Dari jauh, desain dasbor mengingatkan Freed dan Odyssey terbaru. Meski berukuran kecil, Honda memaksimalkan ruang dengan memberikan beragam tempat penyimpanan. Di dasbor sendiri terdapat sekitar empat hingga lima ruang penyimpanan di door trim. Sisi pengemudinya cukup nyaman. Sentuhan kulit hadir di lingkar kemudi dengan tombol pengaturan di sisi kanan untuk fitur Honda Sensing dan akses menu MID dan di sisi kiri ada pengaturan audio. Sentuhan sporty terasa dari kehadiran paddle shift di balik lingkar kemudi.
Meter cluster masih menggunakan penunjuk jarum. Sisi modernnya dari layar LCD berukuran 4,2 inci yang memberikan beragam informasi seputar kendaraan. Bagian bawah meter cluster terdapat ruang penyimpanan lagi untuk kemudahan akses pengemudi. Beberapa tombol hadir di bagian bawah kiri dan kanan pengemudi yang membutuhkan penyesuaian untuk mengoperasikannya. Tombol seperti akses buka tutup power sliding door di kiri dan kanan, kontrol traksi, pengaktifan fitur Honda Sensing ada di sisi bawah dasbor.
Baca Juga: Membedah Honda Accord e:HEV, Lawan Sepadan Toyota Camry Hybrid
Masuk ke baris kedua, di sinilah kei car menawarkan keunggulannya. Hadir dengan jarak sumbu roda 2.520 mm, bagian belakang N-Box masih menawarkan kesan lapang. Pengaturan bangku juga menjadi keunggulan. Jok bisa dimajumundurkan, hingga dilipat rata lantai untuk kemudahan pengangkutan barang. Sering kali di Jepang, kei car juga menjadi camper van untuk bertamasya dimana jok penumpang baris pertama bisa dilipat rata lantai untuk ruang yang lebih luas.
Memasuki kabin cukup mudah bagi penumpang. Akses buka tutup sudah motorized dan bisa dilakukan lewat kunci FOB, tuas di pintu dan tombol di baris pertama. Ruang kepala dan ruang kaki cukup besar untuk penumpang dengan tinggi 170 cm. Beberapa fasilitas kenyamanan di baris kedua antara lain arm rest di tengah jok, cup holder di kiri dan kanan pilar C, tirai di jendela dan tray table untuk perjalanan.
Kei Car ini sudah dilengkapi fitur Honda Sensing. Terdiri dari collision mitigation braking system, adaptive cruise control, lane keeping assist system, auto highbeam, parking sensor dan beberapa fitur lainnya. Tambahan fitur lainnya adalah kehadiran fitur vehicle stability assist, pengereman ABS EBD BA, traction control system, SRS airbag serta mdoe berkendara ECON. Perlindungan sinar UV juga sudah hadir dari seluruh kaca di sekeliling kendaraan.
Soal mesin, N-Box Custom ditenagai enjin S07B i-VTEC DOHC 658 cc turbo dengan produksi tenaga 64 PS dan torsi 104 Nm. Masih ada mesin non turbo yang menghasilkan tenaga 58 ps pada 7.300 rpm dan torsi 65 Nm pada 4.800 rpm. Transmisinya menggunakan CVT dengan penggerak depan. Ada juga opsi penggerak 4WD untuk kebutuhan pengendalian di beragam kondisi jalan.
Di Jepang, N-Box Custom ditawarkan dengan 2,039 juta Yen atau sekitar Rp218 jutaan. Beberapa importir umum sudah menjual N-Box ini di Indonesia sekitar Rp600 jutaan sampai Rp700 jutaan. Soal masa depan produk ini di Indonesia, sepertinya cukup sulit untuk menjadikan model yang ditawarkan secara resmi oleh ATPM Honda. Selain karena regulasinya yang tidak mendukung, pasar Indonesia masih memfavoritkan kendaraan dengan panjang sekitar 4 meter sebagai pilihan. Namun dengan kehadiran N-Box Custom sebagai show car, Honda memperlihatkan kemampuan produksi beragam modelnya di pasar global. (Sta/Odi)
Baca Juga: Honda Buka Spesifikasi Civic Type R Baru, Naik 10 PS dan 20 Nm
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Honda Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Honda dari Carvaganza
Artikel Mobil Honda dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test