Jajaran miniMOTO (motor mini) Honda bertambah lagi untuk model 2022. Honda Amerika mengenalkan Navi yang ditujukan untuk pengendara yang baru belajar alias pemula. Bentuknya seperti perpaduan Ruckus dengan Grom. Imut, gampang dikendarai, menyenangkan, dan terjangkau. Uniknya memakai mesin serupa Honda Beat yang ada di Indonesia. Yakni satu silinder 109,2 cc berpendingin udara dan transmisi otomatis.
Untuk inspirasi gaya, semua setuju kalau di kelas mini moto tidak ada yang lebih keren dari Honda Grom. Tapi Navi menawarkan tampilan dan nuansa sepeda motor kecil nan sporty. Tangki bahan bakar kecil. Setang model medium-rise, jok empuk, dan pijakan kaki bukan papan lantai step-through. Rem belakang digerakkan tuas kaki di sebelah kanan, berlawanan dengan tuas tangan kiri seperti skuter.
Paket instrumentasi tampak sederhana namun fungsional. Mencakup speedometer analog yang mudah dibaca serta pengukur bahan bakar. Mesinnya terletak di bagian belakang seperti skuter, mengosongkan ruang di depan untuk tempat penyimpanan dan dapat dikunci. Cocok untuk menyimpan buku pelajaran, jaket, atau botol air. Sementara rangka, roda, suspensi, mesin, dan knalpot semuanya berwarna hitam. Diimbangi panel samping berwarna berani, dan bentuknya mirip motor trail legendaris Honda CRF.
Desain rangka dirancang dengan cermat untuk stabilitas tinggi. Berkat sumbu roda yang relatif panjang (1.285 mm), kenyamanan berkendara juga dapat terjaga. Fork upside down 26,8 mm dengan peredam kejut belakang tunggal yang dipasang di samping berikan pengendaraan mulus.
Baca Juga: Warna Baru Honda CT125 Bernuansa Hijau Militer
Ketinggian kursi cuma 746 mm dan kursi menyempit ke arah depan, sehingga memudahkan pengendara untuk menginjakkan kedua kaki di tanah saat berhenti. Rel pegangan di bagian belakang kursi juga berikan estetika rapi. Rodanya pakai ukuran kombinasi, 12 inci di depan dan 10 inci di belakang. Sementara tugas penghenti laju dilakukan oleh rem depan dan belakang tipe tromol 130 mm, dan rem parkir digerakkan tuas di sebelah kiri stang.
Buat mesin, tentu masyarakat Indonesia mengetahui dengan jelas. Ya, ia pakai jantung mekanis serupa Honda Beat. Bekapasitas 109,2cc, silinder tunggal, dua katup, empat langkah berpendingin udara. Dan tak lupa bersematkan teknologi eSP yang dikenal efisien dalam penghematan bahan bakar. Bore dan stroke masing-masing adalah 55,0 mm dan 55,6 mm, dan rasio kompresinya adalah 9,5:1. Hal ini jelas membuat biaya pengoperasian menjadi sangat terjangkau, terutama jika mempertimbangkan ketahanan dan keandalan yang sudah terjamin.
Seperti Grom, desain Navi ibarat kanvas kosong untuk kustomisasi. Pemilik bisa mengubah sesuai kebutuhan pribadi. Terdapat dua pilihan dari Honda Signature Accessories. Seperti kit grafis khusus yang berkolaborasi dengan edgy Ikon. Dan lainnya versi Viper Urban Camo dirancang oleh pabrikan pakaian berburu dari South Carolina TrueTimber.
Semuanya terbungkus dalam paket miniMOTO menarik dan menyenangkan. Honda Navi 2022 dijadwalkan rilis pada Januari 2022 (Februari di California) dan bakal tersedia dalam warna Red, Grasshopper Green, Nut Brown dan Ranger Green. Kabarnya cuma dijual $1.807 atau Rp25 jutaan. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Honda NT1100 Dirilis, Opsi Kalau Gold Wing Kemahalan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.