Honda Nova Pop 110i ES, Spesies Motor Bebek Aneh di Brasil

Honda Nova Pop 110i

Honda Brasil meluncurkan edisi terbaru Nova Pop 110i ES akhir bulan lalu. Secara fisik, motor ini masuk dalam kategori motor bebek (underbone), tetapi bentuknya sangat berbeda jika dibandingkan dengan model-model di Asia Tenggara. Dengan sayap ramping yang menjulang dan terhubung langsung ke batok kepala, unit ini dijual dengan harga R$9.690 atau sekitar Rp30 jutaan.

Berdasarkan katalog, Honda Nova Pop 110i ES generasi kelima adalah model termurah. Didesain dengan sangat sederhana dan tanpa fitur canggih. Kendaraan ini ditujukan untuk menjangkau semua segmen konsumen. Terdapat beberapa perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya, termasuk peningkatan tenaga sebesar 6 persen dan torsi puncak naik 5 persen.

Mari kita lihat mesin yang serupa dengan Honda Revo. Nova Pop 110i ES dilengkapi dengan sistem OHC, silinder tunggal empat langkah, berpendingin udara dan oli dengan kapasitas mesin 800 cc. Kapasitas silindernya adalah 109,5 cc dengan diameter dan langkah 47 mm x 63,1 mm serta rasio kompresi 10:1. Ini berarti mesin dapat menggunakan bensin dengan RON rendah, seperti Pertalite. Sistem bahan bakar sudah menggunakan injeksi elektronik PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,55 PS pada 7.250 rpm dan torsi maksimal 9,26 Nm pada 5.000 rpm.

Transmisi tenaga masih menggunakan gearbox manual 4-percepatan, namun model terbaru telah semi otomatis, sehingga tidak memerlukan tuas kopling lagi. Menurut Honda, sistem ini dirancang untuk memudahkan pengendara dalam berkendara di berbagai kondisi jalan. Untuk sistem pengereman, telah diadopsi sistem combi brake (CBS) seperti pada skuter matik, yang menawarkan keamanan lebih.

Honda Nova Pop 110i ES memiliki dimensi dengan panjang 1.843 mm, lebar 727 mm, dan tinggi 1.031 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 1.238 mm, ground clearance sebesar 137 mm, tinggi jok dari tanah 745 mm, dan bobot total kendaraan 87 kg. Travel suspensi depannya 100 mm dan suspensi belakang 79 mm. Sistem pengereman menggunakan tromol dengan diameter 110 mm. Ukuran ban depan adalah 60/100 mm dengan ring 17 inci, dan ban belakang 80/100 mm dengan ring 14 inci.

Sayangnya, motor ini tidak dilengkapi dengan rem cakram di depan untuk keamanan yang lebih baik. Yang menarik adalah, selain bentuk sayap sampingnya, sepatbor depan bergaya trail yang diposisikan lebih tinggi. Di belakang, terdapat tambahan sepatbor kolong untuk mencegah kotoran menyiprat. Handle (behel) tidak dipasang di ujung ekor, tetapi di samping bodi.

Honda Nova Pop 110i kini dilengkapi dengan fitur ES, yang berarti motor ini sudah memiliki electric starter. Model sebelumnya hanya dilengkapi dengan kick starter. Selain itu, cluster meter pada motor ini sepenuhnya analog, digunakan untuk menampilkan kecepatan, odometer, jumlah bensin, dan indikator lainnya. Di Brasil, tersedia tiga pilihan warna: Ross White, Fighting Red, dan Preto Black. Dengan fitur yang sederhana dan harga tersebut, apakah ini dianggap terlalu mahal? (Alx)

Baca Juga: Zonzen Yemi, Imitasi Honda CT125 yang Jauh Lebih Murah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
  • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
  • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
  • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022