Honda Pakai Virtual Reality untuk Merancang Mobil, Ini Fungsinya
Seiring dengan perkembangan teknologi. Dalam melakukan riset dan merancang mobil, Honda menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Sudah berhasil diterapkan. Beberapa wujud nyatanya ialah model listrik terbaru Honda Prologue EV. Lalu SUV Pilot TrailSport di Negeri Paman Sam. Mulanya, para desainer di American Honda Motor Co., Inc mulai memanfaatkan peranti ini menjadi salah satu teknologi andalan. Apalagi saat mereka harus bekerja pada situasi pandemi Covid-19 yang membatasi pertemuan orang-orang.
KEY TAKEAWAYS
Honda gunakan teknologi Virtual Reality (VR)
Honda Pilot dan Prologue EV dirancang lewat VRDan tim menemukan efektivitas saat menggunakan virtual dan augmented reality. Sebab teknologi ini berfungsi sebagai jembatan yang dapat menghilangkan batasan ruang dan waktu. Honda Prologue yang menjadi mobil SUV listrik pertama. Merupakan model awal perusahaan yang dirancang melalui teknologi visualisasi virtual reality. Para desainer Honda menggunakan teknologi VR dalam melakukan evaluasi warna. Bahan hingga memvisualisasikan trim secara keseluruhan.
Baca Juga: Uji Tabrak Asean NCAP, Honda WR-V Kantongi Predikat Tertinggi 5 Bintang
Mathieu Geslin, VR Technology Leader Honda Design Studio mengatakan, “Tim desain Honda menggunakan teknologi VR untuk memvisualisasikan model Honda Prologue. Perlu diketahui, teknologi ini mempercepat kolaborasi antara tim styling Honda yang berada di Amerika Serikat dan Jepang. Penggunaan teknologi ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mengoptimalkan kemampuan teknis VR. Dan kami sangat bersemangat dalam menggunakan teknologi ini buat pengembangan produk Honda pada masa depan.”
Asal tahu, penggunaan teknologi VR dalam pengembangan produk Honda sudah direncanakan sejak enam tahun yang lalu. Para desainer Honda mengeksplorasi, menguji dan memvalidasi teknologi ini untuk menemukan cara baru lebih efisien. Yakni dalam menciptakan produk berkualitas tinggi dan presisi.
Walaupun kemajuan teknologi VR sangat membantu para desainer. Namun demikian penggunaan Virtual Reality dalam membuat suatu produk tidak dapat menghilangkan sentuhan langsung. Baik secara fisik maupun emosi dari perancangnya sendiri.
“Kami tidak ingin kehilangan emosi dan sentuhan manusia terhadap desain Honda. Jadi kami tidak akan mengejar pendekatan digital murni. Tetapi kami sangat bersemangat dengan produk Honda yang dikirim ke pelanggan pada masa depan dengan memanfaatkan teknologi VR. Ini adalah upaya berkelanjutan untuk lebih mengeksplorasi kemampuan teknis VR dan AR di pusat pengembangan kami di seluruh dunia. Sehingga dapat berkolaborasi silang, semakin meningkatkan daya tarik dan kualitas produk kami,” imbuh Mathieu.
Upaya menyongsong tujuan global mencapai netralitas karbon di semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050. Honda berencana kenalkan 30 kendaraan listrik baru secara global pada 2030, dengan volume penjualan global sebesar 2 juta unit. Di Amerika Utara, perusahaan telah menetapkan tenggat waktu untuk pengenalan EV. Hingga pada akhirnya menjadi 100 persen sebagai pabrikan mobil niremisi pada 2040. (Alx)
Baca Juga: Mau Beli Honda WR-V, Cek Dulu Kelengkapan Fiturnya
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Honda Unggulan
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil Honda dari Carvaganza
Artikel Mobil Honda dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test