Honda Patenkan Transmisi Semi-Otomatis untuk CB1100

JAKARTA, Motovaganza.com -- Honda boleh dikatakan sebagai salah satu pabrikan yang terdepan dalam urusan transmisi otomatis. Mereka mengandalkan Dual Clutch Transmission (DCT) yang terintegrasi dengan ECU. Kini pabrikan asal Jepang itu kembali patenkan teknologi terbaru. Mereka merancang sistem transmisi semi otomatis. Sistem ini membuat motor tidak perlu pakai tuas kopling untuk perpindahan giginya. Kabarnya, ini akan digunakan untuk salah satu unit motor gede, yaitu Honda CB1100. Sistem ini terkait dengan perpindahan daya dari mesin ke roda belakang terbaru. Jika ditilik, merupakan pengembangan dari kinerja transmisi Hondamatic yang pernah hadir di CB750 lansiran 1976, atau lebih dari empat puluh tahun yang lalu. Teknologi yang pernah digunakan pada era 70-an mengalami perkembangan dan sedikit menyerupai Dual Clutch Transmission (DCT). Meski begitu, sistem sistem transmisi DCT ini mahal serta rumit. Seperti Honda Vultus, X-ADV sampai Africa Twin. Maka itu pihak pabrikan mengajukan permohonan paten untuk transmisi semi otomatis baru yang menghilangkan tuas kopling. Secara mekanis jauh lebih murah dan lebih sederhana ketimbang desain sebelumnya. Untuk semi otomatis yang direncanakan terpasang pada CB1100, tetap memiliki pengaturan gearbox 6-percepatan konvensional. Tambahannya diberikan quickshifter atas bawah yang lebih modern dan dikendalikan oleh komputer. Teknologi ini bisa saja diterapkan ke moge lain karena punya bentuk lebih kecil dan ringan. Baca juga: Beli Honda ADV150 Bulan Ini, Dapat Cashback Rp 4,1 Juta
Honda CB1100

Komponen

Dari sisi komponen, relatif sedikit dibanding DCT. Part utamanya sebuah aktuator yang terletak di atas mesin atau belakang steering head dan unit katup dekat gearbox. Peralatan mekanis untuk menggerakkan atau mengontrol sebuah mekanisme ini pada dasarnya merupakan master silinder (kopling hidrolik), namun sudah melalui proses modifikasi. Perbedaan mendasar dengan motor konvensional yakni sistem tekanan fluida hidrolik dipakai untuk merapatkan kopling. Itu berarti jika ada kehilangan tekanan, baik karena masalah hidrolik atau lainnya, maka kopling bakal berada pada keadaan merenggang. Hal ini bisa dibilang lebih aman dibandingkan kopling standar. Selain itu, teknologi ini lebih banyak menggunakan sensor dan komponen elektronik. Seperti sensor beban pada pedal shift, posisi roda gigi, kecepatan, rpm dan posisi throttle untuk mengukur waktu yang tepat saat menaikkan gigi. Efeknya dapat menciptakan perubahan transmisi tanpa kopling yang lebih cepat dibanding cara konvensional. Hal ini juga untuk memastikan bahwa sistem bekerja dengan maksimal dalam jangka waktu lama. Memang belum ada informasi sudah seberapa jauh pengembangannya. Pun soal kapan akan diterapkan. Namun tentunya menarik menarik untuk ditunggu. Sumber: Bennetts, visordown Baca juga OTO: Honda Patenkan Teknologi Transmisi Tanpa Tuas Kopling untuk Moge ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ducati Luncurkan Streetfighter V4 Baru: Apa yang Baru?
    Ducati Luncurkan Streetfighter V4 Baru: Apa yang Baru?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yayasan AHM Jadikan Puluhan Mahasiswa Jadi Agen Safety Riding
    Yayasan AHM Jadikan Puluhan Mahasiswa Jadi Agen Safety Riding
    Zenuar Yoga . 03 Des, 2024
  • Federal Oil Kembali Distribusikan Pemenang Program Nyaman Berhadiah 2024 Periode November
    Federal Oil Kembali Distribusikan Pemenang Program Nyaman Berhadiah 2024 Periode November
    Zenuar Yoga . 02 Des, 2024
  • AHM Siap Luncurkan Produk Baru Minggu Ini, Apakah Honda PCX 160 Terbaru?
    AHM Siap Luncurkan Produk Baru Minggu Ini, Apakah Honda PCX 160 Terbaru?
    Zenuar Yoga . 02 Des, 2024
  • Ikut Serta di GJAW 2024, Scomadi Bawa Semua Model Andalan
    Ikut Serta di GJAW 2024, Scomadi Bawa Semua Model Andalan
    Setyo Adi Nugroho . 29 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024