Honda Ridgeline Generasi Baru Meluncur Tahun Depan
Double cabin milik Honda bakal memakai mesin bensin 3,5 liter V6 sebagai standar pabrik. Habitat aslinya adalah medan off-road, maka dipersenjatai sistem penggerak all wheel drive (AWD) tangguh. Tak hanya itu, tampilannya kian kekar. Maskulinitas penggaruk tanah terpancar dari otot tubuh yang menyembul di kisi-kisi depan, fender sampai side skirt.
Ridgeline 2021 menampilkan karakter berbeda. Ubahan desain termasuk kap baru, spatbor depan baru yang menonjolkan hidung persegi. Lalu grille lebih tegak, diapit oleh lampu depan LED untuk penerangan lebih baik. Di atas kisi-kisi terdapat garis kromium, membagi dua rumah lampu depan. Di bawahnya, bumper dibikin agar mencuatkan kesan tanggung desain gres. Terdapat ventilasi samping luas agar mengalirkan udara melalui pelindung depan dan sekitar ban. Konon ini menciptakan semacam tirai udara demi meningkatkan nilai aerodinamis. Sementara di bagian belakang, bumper dibentuk ulang, stop lamp kecil vertikal serta lubang pipa kembar tampak agresif.
Bagian interior diklaim lebih lapang, termasuk ruang kaki kursi belakang. Bagian monitor audio turut dirombak, dengan grafis baru yang tajam. Ikon layar sentuh kian gampang dipakai, namun masih pakai kenop volume putar. Selain itu, varian Sport kini mendapat sisipan kain jok baru. Semua trim memperolah pola jahitan kontras di kursi. Kemudian trim Sport, RTL dan RTL-E memiliki aksen dasbor, lingkas kemudi plus konsol tengah anyar. Kursi belakang dapat dilipat 60/40 supaya menawarkan fleksibilitas saat membawa barang-barang panjang dan tinggi di kabin.
Baca Juga: Lexus Incar Pasar Elektrifikasi Lewat UX 300e, Ini Detailnya
"Penggemar SUV double cabin telah lama mengenali Ridgeline sebagai pikap yang sangat serbaguna dan mumpuni. Sekarang ia memiliki tampilan amat kokoh nan atletis. Rancangan Ridgeline itu secara efektif mengkomunikasikan semua kerja keras yang dilakukan Honda. Khususnya tatkala membuat pikap SUV menjadi pemain on maupun off-road mahir,” terang Art St. Cyr, vice president of Auto Operations for American Honda Motor Co., Inc.
Honda Ridgeline 2021 ditenagai mesin VTEC® V6 berkekuatan 280 Hp atau 283, 8 PS. Besaran itu tersembur dari mesin 3,5 liter injeksi langsung. Momen puntir maksimal 355 Nm. Penyaluran resultan pembakaran internal didukung transmisi otomatis 9 kecepatan yang diklaim halus juga responsif. Tersedia pada trim Sport, RTL, RTL-E (2WD). Sedangkan Black Edition memakai sistem penggerak semua roda i-VTM4® torque-vectoring. Pengoperasian girboks sangat menarik. Bukan berupa tuas, melainkan tombol di konsol tengah seperti: P, R, N, D, S.
Torsi ke roda belakang dan secara kontinu didistribusi 100 persen ke roda belakang kiri maupun kanan. Berdasarkan kondisi berkendara di setiap roda. Perangkat Intelligent Traction Dynamics System tersedia di semua Ridgelines. Fungsinya mengoptimalkan pengiriman serta distribusi daya di berbagai kondisi medan. Termasuk bersalju dan aspal pada model 2WD. Sementara Ridgelines dengan i-VTM4® mendapatkan mode tambahan yang dapat diatur untuk lumpur atau lahan berpasir.
Kapabilitas dalam hal pengangkutan serta pengendalian berasal dari papan konstruksi Ridgeline. Ia menampilkan struktur bodi Advanced Compatibility Engineering (ACE ™) dan rangka kotak penuh di sisi bodi. Lalu rancangan suspensi belakang yang sepenuhnya independen dan kokoh. Racikan unik ini memberikan keuntungan kenyamanan berkendara tanpa kompromi. Baik di jalan beraspal maupun tidak. Kapasitas muatannya sampai 1.580 pon (716 kg) standar terbaik di kelas AWD. Lantas kemampuan derek hingga 5.000 pon (2268 kg).
Baca Juga: BMW 128ti Penantang Serius VW Golf GTI
Yang jadi nilai jual ialah penerapan fitur Honda Sensing sebagai standar. Kalau dibedah terdiri atas: Collision Mitigation Braking System (CMBS ™), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keeping Assist System (LKAS). Lalu Road Departure Mitigation (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW) plus Adaptive Cruise Control (ACC).
Versi teratas Ridgeline ditarget mengantongi peringkat keamanan tabrakan terbaik di sana. Khususnya dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Lalu sertifikasi Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) serta uji benturan NCAP bintang 5. Semua peranti disematkan demi mengurasi risiko juga pencegahan tabrakan depan penggunanya.
Ridgeline dirancang serta dikembangkan oleh Honda R&D America di California dan Ohio. Unit diproduksi bersama dengan mesin V6 di pabrik Honda Lincoln, Alabama menggunakan suku cadang domestik maupun global. Selama empat tahun berturut-turut, ia senatiasa berada di peringkat 10 teratas di Cars.com American Made Index 2020. Kalau dilihat dari spesifikasi lengkap, mobil ini memang sesuai dengan target market AS. Fitur lengkap, bodi bongsor plus mesin besar. (Alx/Odi)
Baca Juga: MG Gloster Resmi Dipasarkan di India, Begini Detailnya
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Honda Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Honda dari Carvaganza
Artikel Mobil Honda dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test