Honda Siapkan Kei Car Listrik Berbasis N-Van, Meluncur Tahun Depan

Honda N-Van

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda akan menyasar kendaraan listrik untuk kaum urban

    Segmen Kei Car sangat menjanjikan, apalagi sudah ada pesaingnya dari Mitsubishi dan Nissan
  • Honda menetapkan target netralitas karbon pada 2050. Setidaknya menargetkan 30 model kendaraan listrik hadir hingga 2030 mendatang. Salah satunya merambah segmen kei car alias mobil kecil. Kelas yang paling ramai di Jepang dan menjadi langkah menarik untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan.

    Model yang dipilih adalah N-Van. Merupakan kei car dengan desain mengotak dan penggunaannya bisa juga untuk kendaraan komersial perkotaan. Rencananya, akan dirilis pada musim semi 2024 mendatang.

    Honda belum memperlihatkan desain secara detail. Namun dari gambar yang disebarluaskan, model ini tidak akan terlalu berbeda dengan versi mesin konvensional. Misal soal bodi yang mengotak dengan pintu geser di kiri dan kanan juga atap tinggi ala kei car khas Honda. Selain itu N-Van EV ini juga masih membawa keunggulan model konvensional lewat pengaturan jok yang luas. Gambar ilustrasi memperlihatkan kemampuan rata lantai untuk kursi penumpang depan dan baris kedua. Cocok dengan gaya hidup masyarakat urban seperti belanja hingga piknik.

    Honda menargetkan kendaraan listrik terbaru ini bisa memiliki daya jelajah hingga 200 kilometer. Keunggulannya jelas dari motor listrik yang memiliki tenaga akselerasi besar dan tingkat kesenyapan yang cocok untuk area pemukiman perkotaan.

    Baca Juga: Honda Accord Generasi 11 Terlahir Membawa Perubahan Menyeluruh

     

    Honda N-Van

    N-Van pertama kali diperkenalkan 2018 lalu. Langsung menjadi salah satu produk terlaris Honda di segmen minicar. Ia masih dalam satu keluarga N-Series Honda yakni N-One, N-Box dan N-WGN.

    Jualan utama N-Van ada dari ruang kabinnya. Dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.950 mm, N-series tetap memberikan ruang lapang, termasuk di area bagasi. Kemampuan angkutnya hingga empat orang.

    Kendaraan mungil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. N-Van juga memiliki struktur door-in pilar yang berfungsi sebagai pilar tengah saat pintu ditutup. Desain ini untuk menciptakan keselamatan pasif saat pintu ditutup. Ini menghasilkan kekuatan setara dengan konstruksi mobil berpilar.

    Honda belum membocorkan lagi soal detail spesifikasi N-Van listrik. Pengembangan teknologi listrik akan jadi percobaan perdana Honda dan diharapkan dapat menarik minat konsumen yang ingin kendaraan ramah lingkungan. Sedikit menyinggung mengenai spesifikasi mesin konvensional, N-Van menggunakan unti 3-silinder 660 cc turbo yang menghasilkan tenaga 64 hp dan torsi 104 Nm. Kemungkinan, spesifikasi motor listrik tidak akan berbeda jauh dengan tenaga di atas.

    Pasar kei car Jepang juga menunggu gebrakan teknologi listrik para produsen otomotifnya. Terbaru 20022 lalu, Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X diperkenalkan sebagai Kei car electric. Mereka menawarkan tenaga motor listrik yang ramah lingkungan untuk dipilih. (Sta/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Sensing 360 dan Elite Disiapkan untuk Menjamin Keselamatan Berkendara

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Honda Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Honda dari Carvaganza

    • IIMS 2025: Honda e:N1 Sudah Bisa Dimiliki, Cukup Bayar Rp22 Juta Per Bulan
      IIMS 2025: Honda e:N1 Sudah Bisa Dimiliki, Cukup Bayar Rp22 Juta Per Bulan
      Wahyu Hariantono . 14 Feb, 2025
    • IIMS 2025: Honda e:N1 Siap Meluncur di Indonesia, Didukung Ekosistem Elektrifikasi
      IIMS 2025: Honda e:N1 Siap Meluncur di Indonesia, Didukung Ekosistem Elektrifikasi
      Wahyu Hariantono . 14 Feb, 2025
    • Honda Civic Estilo Bergaya Batik Wakili Indonesia di Osaka Auto Messe 2025
      Honda Civic Estilo Bergaya Batik Wakili Indonesia di Osaka Auto Messe 2025
      Setyo Adi . 10 Feb, 2025
    • Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
      Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
    • Honda Prelude Prototype Debut di Tokyo Auto Salon 2025 Ditemani Banyak Mobil Balap
      Honda Prelude Prototype Debut di Tokyo Auto Salon 2025 Ditemani Banyak Mobil Balap
      Anjar Leksana . 14 Jan, 2025

    Artikel Mobil Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda e:N1 Bisa Dimiliki dengan Cara Berlangganan Dulu
      Honda e:N1 Bisa Dimiliki dengan Cara Berlangganan Dulu
      Wahyu Hariantono . 14 Feb, 2025
    • Pamer Ekosistem Elektrifikasi di IIMS 2025, Honda Siap Meluncurkan e:N1
      Pamer Ekosistem Elektrifikasi di IIMS 2025, Honda Siap Meluncurkan e:N1
      Wahyu Hariantono . 14 Feb, 2025
    • HPM Kantongi Penjualan Retail 8.757 Unit Awal 2025
      HPM Kantongi Penjualan Retail 8.757 Unit Awal 2025
      Anjar Leksana . 13 Feb, 2025
    • HPM Kantongi Penjualan Retail 8.757 Unit Awal 2025
      HPM Kantongi Penjualan Retail 8.757 Unit Awal 2025
      Anjar Leksana . 13 Feb, 2025
    • Harga LCGC Kian Mahal, Simak Opsi City Car yang Lebih Menarik
      Harga LCGC Kian Mahal, Simak Opsi City Car yang Lebih Menarik
      Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2025
    • Seleksi Low SUV yang Layak Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      Seleksi Low SUV yang Layak Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      Alvando Noya . 04 Feb, 2025
    • 7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      Muhammad Hafid . 01 Feb, 2025
    • Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
      Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
      Setyo Adi Nugroho . 28 Nov, 2024
    • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
    • Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
      Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2024
    • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
      Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
      Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
    • First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
      First Drive Honda e:Ny1: Punya Potensi Dijual dan Sukses di Indonesia
      OTO . 30 Nov, 2023
    • Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
      Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
      Muhammad Hafid . 30 Okt, 2023
    • First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
      First Drive All New Honda Civic Type R: Sanggup Memberikan Kesenangan Level Maksimal
      Anindiyo Pradhono . 04 Jul, 2023
    • Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
      Test Drive Honda WR-V RS with Honda Sensing: Calon Penguasa Potensial di Kelasnya
      Anindiyo Pradhono . 28 Des, 2022