Honda Thailand Luncurkan MSX125 Grom 2021

Honda Grom Launch

Honda Thailand luncurkan MSX125 Grom model terbaru. Penyegaran untuk model 2021 sangat banyak, terutama sektor tampilan dan dapur pacu. Tidak lagi menggunakan Grom untuk pasar Eropa atau MXS125 untuk Asia. Sekarang, model global ini secara resmi dikenal sebagai MSX125 Grom. Fakta lain, baru kali pertama mendapat rombakan besar sejak debut 2013 silam.

Disediakan dalam dua varian, standar dan ABS. Masing-masing dijual 69.900 baht (Rp 32,7 juta) dan 77.400 baht (Rp 36,2 juta). Meski masih dapat langsung dikenali sebagai MSX125 berkat proporsinya yang unik, kini desain eksterior modern pada dirinya makin kentara. Bodywork-nya sekarang mendapat warna yang cerah dengan kombinasi sudut tajam. Menariknya, komponen itu mudah dilepas dan bisa disesuaikan keinginan pemilik.

Setiap sisi bodi ada enam baut lucu dengan warna yang kontras. Dirancang agar para pemilik dapat meningkatkan personalisasi motor mereka dengan menukar panel. Kelir yang disediakan juga cukup banyak, pengguna dapat memilih sesuai selera.

Baca Juga: Mengenal Yamaha Vinoora, Skutik Eksentrik Khusus Pasar Taiwan

Honda juga melengkapi unit jok dan subframe yang telah direvisi. Kursi sekarang menjadi flat layaknya papan setrika. Hasilnya, siluet MXS125 lebih retro. Tangki dan panel samping memiliki keterkaitan visual dengan motor sport, sekarang memiliki ciri khas. Terlihat seperti sepeda motor konsep Honda yang berjuluk Bulldog. Penampung besin itu membungkus rapi kerangka tulang punggung. Untuk unit 2021, ia memiliki kapasitas 6 liter atau lebih besar 500 ml dari versi sebelumnya berkapasitas 5,5 liter.

Bentuk geometrinya masih sama. Jarak sumbu roda 1.200 mm dan sudut kemudi 25 derajat. Bobotnya kini 103 kg atau menggemuk 1,3 kg dari versi lama, tetapi masih dalam kategori ringan. Tinggi kursinya 761 mm atau 4 mm lebih rendah dari model 2020, sementara ground clearance ditingkatkan dari 160 mm menjadi 180 mm.

Sasis tulang belakang, garpu upside-down 31 mm, swingarm baja dan monoshock pada dasarnya tidak berubah. Begitu pula ukuran roda dan ban, 120 / 70-12 di depan dan 130 / 70-12 di belakang. Peleknya sendiri adalah lima spoker baru yang kembali muncul mengambil inspirasi dari konsep Bulldog 2015.

Meski terlihat sama seperti sebelumnya, nyatanya ia menggendong jantung mekanis baru. Namun karakteristiknya masih mengandalkan mesin 125 cc, silinder tunggal, 4 tak, berpendingin udara berteknologi PGM-FI. Dan dirinya kini sudah memenuhi standar Euro 5.

Jeroan mesin mengalami sedikit perubahan. Seperti ukuran bore x stroke yang kini 50 mm x 63,1 mm, bukan 52,4 mm x 57,9 mm. Meski begitu, tenaga puncak dan torsi masih sama dengan versi lawas, dengan 9,7 Hp pada 7.250 rpm dan 10,5 Nm pada 5.500 rpm. Tetapi mesin baru ini mendapatkan rasio roda gigi ekstra, menjadikannya total lima kecepatan. Dirancang untuk membantu pengendaranya mendapatkan rasio jelajah yang lebih rileks. Efek dari penambahan transmisi, kini kecepatan tertinggi meningkat dari 57,2 mph (92 kpj) menjadi 58,4 mph (94 kpj).

Baca Juga: Diskon Honda Forza 250 Makin Besar, Tembus Rp 11 Juta

Selain itu, New Honda Grom kini hadir dengan fitur full LED headlamp, membuat tampilannya lebih modern. Panel instrumen sekarang pakai model LCD display full digital. Isinya cukup lengkap, mulai dari spidometer, takometer, penunjuk bensin, jam, penunjuk transmisi, dan odometer. Dia juga telah dibekali dengan shift timing light, sebagai tanda yang tepat bagi pengendara untuk berpindah gigi. Tak lupa pula sistem ABS with G-Sensor dua channel-nya yang telah terhubung ke unit IMU internal untuk keamanan lebih baik.

Honda Thailand memasarkan motor barunya dengan slogan "Mod it yourself" atau "MIY". Di saat yang sama, mereka juga memperkenalkan H2C atau kit kustom resmi dari pabrikan. Hadirnya aksesori itu, konsumen berkesempatan untuk memodifikasi MSX125 Grom sesuai selera. Disediakan dengan 3 opsi berbeda: Motard Monsters, Scrambler Rambler, dan Adventure Master. (Bgx/Odi)

Sumber: AP Honda, Young Machine

Baca Juga: Honda Segarkan Genio dengan Motif Baru, Tapi Pilihan Warna Berkurang

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
  • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
  • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Tiga Juara Nasional HMC 2024 Berhasil Sisihkan 1.145 Peserta
    Tiga Juara Nasional HMC 2024 Berhasil Sisihkan 1.145 Peserta
    Zenuar Yoga . 29 Okt, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022