Honda Vario 160 vs Yamaha Lexi S, Komparasi Skutik dengan ABS

komparasi honda vario lawan yamaha lexi

Skuter matik zaman sekarang makin menawarkan beragam fitur untuk menarik pelanggannya. Contohnya rem ABS (Anti-lock Braking System). Penting sekali untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Roda tidak terkunci ketika harus melakukan pengereman mendadak.

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya memang bukan lawan sebanding

    Tapi masing-masing punya ABS dengan harga terpaut sedikit
  • Keunggulan Honda Vario 160

    menang dari mesin, fitur remote dengan Anti-Theft Alarm, USB charger, bagasi 18 liter dan punya banyak pilihan warna
  • Keunggulan Yamaha Lexi S ABS

    Punya fitur katup variabel (VVA), Smart Lock dan harga lebih murah
  • Honda Vario 160 adalah skutik terbaru yang dilengkapi ABS. Varian itu dihargai Rp28,5 juta. Kalau mencari perbandingan, ada Yamaha punya Lexi S ABS. Ia lebih murah dengan selisih harga Rp690 ribu. Meski kapasitas mesin tidak sebanding, setidaknya bisa menjadi pilihan dari segi harga. Lantas, jika Anda bingung menentukan pilihan antara keduanya, berikut kami coba bantu menentukan.

     

    Desain

    Vario 160 mengusung skutik bergaya sportif. Memiliki garis-garis desain tegas. Namun beberapa panel bodi dibuat mengembung padat. Bagian depan dibuat seperti model bertingkat. Sistem pencahayaan depan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein yang tak lagi menyipit ke bawah. Diberi pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Terlihat agresif dan berkelas.

    Menyesuaikan dengan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit mengembung. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Bodi belakang diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus tipe ABS). Kesan elegan jadi makin kuat terlihat dari sisi samping.

    Bagian belakang masih didukung tampilan mewah, karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Model lampu stop berubah total namun tetap meruncing ke atas. Istimewanya diberikan cover muffler yang dilapisi dengan alumunium sama seperti punya PCX 160. Kesan sporty jadi makin terasa.

    Untuk Vario 160 versi ABS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte White. Beda dengan tipe terbawah, ia punya emblem 3D di panel bodi belakang dan velg berkelir burnt titanium. Jadi memiliki kesan mewah sekaligus modern.

    Yamaha Lexi S ABS

    Sejak pertama keluar, Lexi masuk klan Maxi scooter Yamaha, meski kategorinya entry level. Ia punya tiga pilar konsep utama: Smart & Sexy Design, Smart Features dan Smart Engine yang membawa pengendara tampil lebih smart. Tampilannya berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight, ditambah eye line biru yang menawan.

    Desain bodi berkesan kalem dengan satu garis melengkung dari tengah menuju bagian atas lampu belakang. Mengarah ke belakang, dirancang agak meruncing. Stoplamp sendiri bentuknya melebar. Bawahnya terdapat sepatbor panjang untuk menahan cipratan air.

    Khusus untuk Lexi S ABS hanya tersedia warna hitam. Tapi sudah mengandung unsur “MAXI Signature”. Edisi ini tampil dengan warna Matte Black, merupakan warna iconic atau ciri khas MAXI yang dilengkapi sentuhan aksen emas di pelek. Kombinasi itu makin mempertegas image mewah dan berkelas. Selain itu, dilengkapi juga dengan logo “MAXI Signature” yang menempel pada body motor, gold speedometer cover, serta jahitan emas pada jok.

     

    Konstruksi

    Honda Vario 160

    Buat mendukung kenyamanan, Vario 160 varian tertinggi pakai rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Klaimnya dapat membuat semakin lincah dan mudah dikendarai. Tapi penggunaan frame model ini tidak berdampak positif ke sektor lain. Padahal pengaplikasian eSAF pada kedua saudaranya (Scoopy dan Genio) yang lebih kecil dapat memangkas berat total dan mampu berikan ruang penyimpanan lebih luas. Bobotnya justru meningkat. Sebelumnya 112 kg kini menjadi 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga masih sama dengan model sebelumnya, masing-masing 5,5 liter dan 18 liter.

    Ciri khas yang tetap dipertahankan Honda Vario 160 adalah dek rata. Bisa mengakomodasi para pengendaranya, kaki juga bisa bergerak lebih leluasa. Sedang buat dimensinya 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi tempat duduk 778 mm. Jarak sumbu roda 1.277 mm dan jarak terendah ke tanah 140 mm.

    Untuk urusan kaki-kakinya masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Meski demikian, dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.

    Sementara diameter roda masih 14 inci dan pakai palang model baru. Kulit bundarnya berprofil lebar. Kalau model sebelumnya pakai 80/90 dan 100/80, saat ini 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless.

    Yamaha Lexi S ABS

    Lexi pakai tipe frame underbone. Rangka ini memanfaatkan rangka besi dengan model semacam pipe (pipa). Memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan simple. Di lain sisi, kontruksi ini mempunyai suatu derajat elastisitas, sehingga benturan akibat keadaan jalan sebagian sudah diredam oleh komponen rangka pipa. Berat total cuma 114 kg dan kapasitas tangkinya 4,2 liter.

     

    Area pijakan kaki juga luas sehingga memudahkan pengendara untuk menaikan, menurukan kaki. Terlebih, bagi pengendara wanita yang menggunakan rok ataupun kain. Lexi juga bisa diandalkan untuk menampung barang bawaan dalam jumlah banyak, karena memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.

    Buat ukuran 125 cc, ia punya dimensi bongsor. Spesifikasi panjangnya 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Tinggi jok yang mencapai 785 mm dan jarak terendah ke tanah 133 mm. Lalu disematkan Sub-tank suspension untuk peredaman yang lembut ketika berkendara di berbagai kondisi jalan. Kestabilan motor ini tidak perlu diragukan, karena menggunakan ban berprofil lebar. Ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.

    Baca Juga: Motor Touring Rp30 Jutaan, Pilih Honda CB150X atau Yamaha Vixion R?

     

    Fitur

    vario 160 ABS

    Varian tertinggi Vario 160 maupun Lexi S sama-sama dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Hanya di roda depan saja. Tapi untuk skutik Honda pengereman belakang dilengkapi cakram berdiameter 220 mm. Sedang produk Yamaha masih pakai tromol.

    Untuk fitur lain yang ada di Vario 160 boleh dibilang masih identik dengan model sebelumnya. Seperti USB charger type A dengan daya maksimal 5V 2.1A. Letaknya di sisi kiri dek depan dan lengkap dengan penutup. Seluruh sistem pencahayaan sudah berteknologi LED, Side Stand Switch, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm serta panel instrumen full digital dengan model negative display. Bentuknya masih sama dengan versi lawas, hanya saja buat varian termahal ada indikator ABS.

    Yamaha Lexi S ABS

    Lexi S juga sudah dibekali keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.

    Peranti modern lain ada speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display). Kemudian lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

     

    Performa

    rangka honda vario 160

    Vario 160 jelas unggul. Menggendong enjin 160 cc yang dijejali empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 Hp di 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm.

    Mesin eSP juga terintegrasi dengan Alternating Current Generator (ACG starter). Sistem itulah yang membuat suara mesin menjadi lebih halus saat dihidupkan. ACG starter juga menjadi dasar dari pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) sejak di Vario 150.

    Yamaha Lexi S ABS

    Sedang Lexi S dibekali mesin 125 cc Bluecore Yamaha. Sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm di 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS di 8.000 rpm. Sudah dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya.

     

     

     

     

    Simpulan

    Bicara segmentasi skutik, keduanya memang bukan lawan sebanding. Beda kapasitas mesin namun sama-sama sudah dibekali pengereman ABS satu channel. Dari segi harga juga tidak terlampau jauh, hanya selisih ratusan ribu.

    Dari ulasan yang sudah diberikan, mereka sangat cocok untuk dipakai sehari-hari. Dari segi fitur dan kenyamanan sama-sama dimiliki. Tapi bila diperinci lagi, Vario menang dari mesin, fitur remote dengan Anti-Theft Alarm, USB charger, bagasi 18 liter dan punya banyak pilihan warna.

    Sedang skutik Yamaha punya fitur katup variabel (VVA) yang dikenal dapat memaksimalkan performa di berbagai rentang putaran mesin. Karena rem belakang masih tromol, maka terdapat smart lock untuk membantu pengendara saat berhenti di tanjakan atau turunan. Harganya pun lebih murah. Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Yamaha Fazzio vs Honda Vario 125, Mana yang Lebih Enak buat Harian?

    Honda Vario 160 vs Yamaha Lexi Comparison

    Honda Vario 160
    • Rp 27,35 - 30,23 Juta
    Yamaha Lexi
    • Rp 23 - 28,65 Juta
    Honda Vario 160 vs Yamaha Lexi

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Motor Honda Vario 160 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda Vario 160 Punya Warna Baru, Harga Tetap Sama
      Honda Vario 160 Punya Warna Baru, Harga Tetap Sama
      Zenuar Yoga . 10 Jan, 2024
    • New Honda Vario 160 Punya Warna Baru, Harga Naik Ratusan Ribu
      New Honda Vario 160 Punya Warna Baru, Harga Naik Ratusan Ribu
      Zenuar Yoga . 02 Agu, 2023
    • GMA Luncurkan Stoplamp JPA Khusus Buat Honda Vario 160
      GMA Luncurkan Stoplamp JPA Khusus Buat Honda Vario 160
      Zenuar Yoga . 07 Nov, 2022
    • Skema Kredit Terbaru Honda Vario 160, Angsuran Termurah Cuma Rp1 jutaan
      Skema Kredit Terbaru Honda Vario 160, Angsuran Termurah Cuma Rp1 jutaan
      Zenuar Yoga . 07 Mei, 2022
    • Simak Biaya Perawatan All New Honda Vario 160 Selama 3 Tahun
      Simak Biaya Perawatan All New Honda Vario 160 Selama 3 Tahun
      Zenuar Yoga . 05 Mei, 2022
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
    • Beda Harga Tipis, Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid Connected atau Honda Vario 160?
      Beda Harga Tipis, Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid Connected atau Honda Vario 160?
      Zenuar Yoga . 20 Jan, 2023
    • Adu All New Honda Vario 160 dengan All New Aerox 155 Connected/ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
      Adu All New Honda Vario 160 dengan All New Aerox 155 Connected/ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 17 Feb, 2022
    • Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S
      Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S
      Zenuar Yoga . 11 Feb, 2022
    • Sejarah Honda Vario di Indonesia, dari Mesin 110 cc Sampai 160 cc
      Sejarah Honda Vario di Indonesia, dari Mesin 110 cc Sampai 160 cc
      Zenuar Yoga . 08 Feb, 2022
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • Test Ride All New Honda Vario 160: Enak Dibuat Santai, Sigap Dibawa Kebut
      Test Ride All New Honda Vario 160: Enak Dibuat Santai, Sigap Dibawa Kebut
      Zenuar Yoga . 17 Mar, 2022
    • First Ride All New Honda Vario 160: Mesin Lebih Bertenaga, Feeling Mirip-Mirip Varian 150
      First Ride All New Honda Vario 160: Mesin Lebih Bertenaga, Feeling Mirip-Mirip Varian 150
      Setyo Adi Nugroho . 05 Feb, 2022