Lain market, beda pula strateginya. Di Negeri Tirai Bambu, GAC Honda sejatinya memiliki SUV kompak dengan nomenklatur Vezel. Nah, untuk memperluas pasar mereka bakal menjual ZR-V, yang notabene sebagai HR-V versi Amerika Serikat. Jantung pacu menggunakan induksi turbo seperti tertera di pintu belakang, ada emblem 240 Turbo. Secara umum, tampilannya amat jauh berbeda dibanding produk di Indonesia.
ZR-V di Tiongkok, ditengarai menggunakan mekanikal pacu 1,5 liter VTEC turbo DOHC. Mirip dengan saudara kandung, Honda CR-V. Embusan tenaga terlontar dari empat piston sebesar 182 PS bersama torsi puncak 240 Nm. Semua daya dipastikan memakai transmisi jenis CVT. Penyaluran terbukti lembut, mulus, responsif dan tahan lama. Untuk menambah keasyikan berkendara bakal tersedia paddle shift seperti model eksis. Lalu tipe gerak, diperkirakan tersedia front wheel drive maupun all wheel drive sebagai pilihan.
Saat memandang tampilan luar ZR-V versi Tiongkok. Ia memiliki bonet pajang hingga turun melengkung ke ujung depan. Sementara bentuk kisi-kisi utama berupa heksagonal besar. Tampak samar-samar berbalut cat hitam. Rumah lampu utama pun tak mengerucut, ditemani DRL LED. Lantas desain asupan udara berbentuk U. Jika dipandang lebih lama, bodi generasi anyar seolah jauh berbeda dari bahasa desain khas Honda. Malah ia banyak memiliki tarikan garis seperti merek lain.
Baca Juga: All New Honda HR-V Versi Paman Sam Dibangun Pakai Platform Civic
Honda ZR-V di sana lebih besar daripada Vezel versi Asia atau Eropa. Di gambar resmi pabrikan. Anda bisa melihat ada jendela belakang tambahan. Sementara jendela samping model HR-V global berakhir di pilar C. Yang pasti, ini jadi bagian strategi Honda dalam melebarkan ceruk pasar di Tiongkok. Apalagi segmentasi produk begitu rapat. Masih berbicara soal bahasa desain. Bisa kita lihat lampu belakang membentuk huruf L. Hal ini mengingatkan kita mengenai tampilan serta alur garis buritan, hampir mirip Acura MDX. Lantas kesan manis dicuatkan melalui bentuk bumper silver di buritan, bersama sepasang lubang knalpot di kedua sisi.
Mengenai tatanan kabin. Sang SUV mengusung format lima bangku yang fleksibel untuk memudahkan keluar masuk penumpang. Dan ini pula masih menjadi pertanyaan. Belum ada informasi seputar tatanan kabin. Diharapkan dasbor bisa mengikuti model global sekarang. Head unit mengambang di tengah berikut ragam sambungan ke gawai. Bentuknya lebih rata, minimalis, namun tetap sedap dipandang dan kentara nuansa premium. Terakhir, fitur macam Honda Sensing jua tak boleh ketinggalan ditancapkan, sebagai nilai jual kendaraan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Honda HR-V Bertenaga Listrik Mulai Dipasarkan di Tiongkok
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.