Hummer Bereinkarnasi Jadi Pikap Listrik Bertenaga Buas

GMC Hummer EV

Nama Hummer memang sempat hilang sejak 2000an. Namun kini tiba-tiba muncul lagi dalam wujud berberda. Tetap sebuah offroader dengan kemampuan hebat, tapi mengusung jantung mekanis mutakhir. Keberadaannya kini mengisi portofolio GMC sebagai pelahap lumpur premium bertenaga listrik – memiliki nama panjang GMC Hummer EV untuk MY 2022. Tentu bukan sekadar menghidupkan nama, evolusi terkini tetap membawa berbagai ciri khas dari model terdahulu.

Adalah HMMWV alias Humvee, cikal bakal dari dunia militer. Dari situ, kemudian Hummer lahir sebagai Humvee yang disipilkan. Sekaligus juga menjadi brand dari produk SUV gambot di era 1990-2000 an. Berada di bawah genggaman General Motors, modelnya beranak pinak dari H1, H2, sampai H3. Begitu ikonik, terkenal dengan kendaraan yang ‘Amerika banget’ berkat dimensi dan segala hal berlebih.

GMC Hummer EV

Namun, kembalinya Hummer tidak lagi berdiri sendiri. Sekaligus juga menghilangkan pandangan truk legendaris Amerika yang gila akan bahan bakar fosil. Bisa dilihat pada komposisi tubuh pikap empat pintu, mencirikan sang leluhur Hummer H1. Kaca depan tegap nyaris berdiri vertikal. Lalu, hadir pula belt line mengangkat dengan ruang kaca minim serupa H2. Meski begitu, tubuhnya kini melenggok dinamis lewat pahatan permukaan fender – tidak lagi mendatar. Nuansa ketangguhan dunia offroad pun tidak luntur sama sekali. Digambarkan oleh ruang sepatbor besar menjadi tudung dari ban gambot.

Baca Juga: Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Kini Punya Opsi Hybrid

Tentu eksekusinya jauh lebih modern ketimbang pendahulu. Di depan, pencahayaan LED membentang penuh lantaran tak begitu memerlukan lubang grille. Dihiasi tipografi “Hummer”, terdapat tujuh sayatan sebagai gambaran penghormatan kepada model orisinal. Bedanya, komposisi headlamp berbentuk lingkaran ditanggalkan guna menyelaraskan desain wajah futuristis. Grafis huruf H pun menghiasi sektor penerangan utama.

GMC Hummer EV

Masuk kabin, tema mengotak seolah menjadi terjemahan terbaik dari desain keseluruhan. Yep, serbabesar, di tengah melekat layar infotainment 13,4 inci dan ditemani panel instrumen digital 12,3 inci. Disematkan pula berbagai kecanggihan pendukung fungsionalitas. Misal UltraVision, sistem multimedia bakal menampilkan tangkapan gambar dari kamera di kolong mobil. Bantu pengemudi memantau posisi roda saat offroad maupun parkir. Di samping itu, tersedia total 18 sudut pandang dari set kamera lain.

Layar infotainment di tengah terbilang sangat informatif. Dijebloskan berbagai widget yang menampilkan output torsi, status pengunci gardan, tekanan udara ban, sudut kemiringan mobil, dan lainnya. Bahkan ada “Drift Gauge”, membeberkan berapa kali Hummer mencapai drift angle maksimum. Cukup mengherankan fitur itu eksis di sebuah offroader, namun setidaknya menggambarkan seberapa hebat potensi untuk mencipta dorongan.

GMC Hummer EV

Bicara soal kekuatan, GMC Hummer EV memang dapat digambarkan sebagai sebuah supertruck. Bagaimana tidak, ia menggendong tiga motor listrik yang diestimasi sanggup menghasilkan output tenaga sampai 1.000 hp. Lebih sadis lagi momen puntir, dicatatkan 15.592 Nm. Terdengar terlalu berlebihan sebab mungkin kekuatan puntiran itu tergantung rasio gigi tertentu. Laporan lain mengatakan bahwa sebenarnya berada di sekitar 1.000 Nm. Tetap saja bikin melongo. Paling penting, anggapan peminum bensin nomor wahid telah sirna.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Lebih Panas Terlihat Mengitari Sirkuit Nürburgring

Performa memacu jelas tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan fitur opsional Watts to Freedom, kemampuan GMC Hummer EV dapat dipompa hingga titik maksimal. Akselerasi ke 97 kpj (60 mil per jam) diklaim tembus dalam tempo tiga detik. Mengacu nilai ini, sang pikap empat pintu bermain di ranah supercar.

Jaya di aspal juga di medan berat lantaran GMC tidak melupakan kapabilitas segala medan. Contoh kemampuan unik CrabWalk. Roda belakang dapat belok mengikuti arah roda depan. Memungkinkan Hummer berjalan menyamping layaknya sebuah kepiting. Tidak diketahui pasti, namun turut diharapkan dapat memutar berlawanan arah demi meningkatkan kemudahan bermanuver. Selain itu, tertanam Adaptive Air Suspension yang dapat meninggikan postur sampai 6 inci.

Urusan pengisian ulang baterai tidak perlu diragukan. Sebab ia dibekali sistem pengisian 800-volt DC dengan teknologi Ultium hasil kembangan GM. Ketika dicas, rangkaian paralel akan berubah menjadi seri. Tambahan jangkauan 160 km dapat dicapai dalam waktu 10 menit saja. Tidak diketahui seberapa besar kapasitas baterainya hanya saja diestimasikan sang Hummer listrik memiliki daya jangkau maksimal 560 km lebih.

GMC Hummer EV sendiri direncanakan mulai mengaspal akhir 2021. Pertama hadir adalah Edition 1 dengan banderol 112.595 USD atau sekitar Rp 1,65 miliar. Merupakan versi dengan kelengkapan paling komplet di keluarganya. Termasuk panel atap terbuka Infinity Roof, mode berkendara Watts to Freedom, suspensi adaptif, serta Extreme Off-Road Package. Tak ketinggalan kendali arah empat roda CrabWalk. (Krm/Odi)

Baca Juga: Porsche Macan Listrik Ketahuan Sedang Uji Jalan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
    Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
    Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
    Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
    BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
    Setyo Adi . Hari ini
  • Banyak Merek Baru, Gaikindo Yakin Pasar Otomotif 2025 Tumbuh
    Banyak Merek Baru, Gaikindo Yakin Pasar Otomotif 2025 Tumbuh
    Tomi Tomi . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
    Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
    Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
    Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
    Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • MPV Listrik Premium Denza D9 Resmi Meluncur
    MPV Listrik Premium Denza D9 Resmi Meluncur
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
    Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
    Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
    Eka Zulkarnain . Hari ini
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024