Hyundai dan LG Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia 2024

Hyundai & LG

Era elektrifikasi di Indonesia makin terang. Sebuah pabrik pemasok baterai kendaraan listrik akan dibangun. Dicanangkan oleh Hyundai Motor Group berkolaborasi bareng LG Energy Solution. Ltd, mereka pun menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding dengan Pemerintah Indonesia. Kemudian membuat usaha patungan (joint venture) berupa pabrik di Karawang, Jawa Barat. Rencana siap beroperasi pada 2024.

Seremoni MoU dilakukan pada 28 Juli 2021 di Korea Selatan. Beberapa petinggi turut serta. Sung Hwan Cho, President and CEO Hyundai Mobis dan Jong Hyun Kim, President LG Energy Solution melakukan kesepakatan di kantor pusat LG Energy Solution, Seoul. Sementara itu, Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Indonesia, maupun Toto Nugroho, Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC) juga menghadiri kegiatan secara virtual.

Dengan perjanjian itu, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution siap menanam uang segar senilai US$1,1 miliar ke dalam joint venture. Dana dipakai untuk membangun pabrik sel baterai di Karawang. Masing-masing perusahaan ini berhak atas 50 persen pemilikan saham di perusahaan patungan. Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia setuju, juga mendukung melalui berbagai insentif supaya kelancaran proses operasional stabil dari pabrik ini kelak.

Pembangunan pabrik dijadwalkan dimulai pada kuartal keempat 2021. Atau sekitar akhir tahun ini. Kemudian rencananya, proses rampung pada semester pertama 2023. Sedangkan produksi massal sel baterai di fasilitas baru ini diharapkan dapat dimulai pada semester pertama 2024. Melalui joint venture untuk produksi sel baterai ini. Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution semakin memperkuat kemitraan strategis. Bahkan telah dimulai lebih dari satu dekade lalu.

Kenapa lokasi pabrik berada di Karawang? Menurut dua raksasa perusahaan ini. Telah ada pertimbangan dalam berbagai faktor proses pemilihan lokasi terbaik. Hal pendukung lain karena wilayah industri cukup dekat dengan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. Selain itu, Karawang telah memiliki jaringan transportasi yang lengkap. Termasuk bandar udara, pelabuhan dan jalan bebas hambatan. Sehingga berhasil menarik minat berbagai industri berskala besar untuk membangun fasilitas di area ini. Mulai dari sektor otomotif, elektronik, logistik, konstruksi material dan lainnya.

Baca Juga: Hyundai Custo Mulai Menggoda, MPV Tiga Baris Berwajah Tucson

Hyundai and LG

Mereka juga melihat Indonesia sebagai tempat potensial. Juga merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Material ini adalah bahan baku utama untuk baterai kendaraan listrik. Dari pandangan dua perusahaan itu. Pemerintah juga telah secara proaktif membina ekosistem dan infrastruktur industri EV. Sehingga dapat memainkan peran penting dalam kompetisi kendaraan listrik global.

Jika semua siap. Produksi sel baterai dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) saban tahun. Pabrik baru di Karawang siap dibangun di atas lahan seluas 330.000 meter persegi. Ketika beroperasi penuh, fasilitas ini diharapkan menghasilkan sel baterai lithium-ion NCMA dengan total 10 GWh setiap tahun. Kemudian mampu memenuhi kebutuhan lebih dari 150 ribu unit mobil listrik.

Untuk diketahui, sel baterai yang diproduksi oleh pabrik di Karawang. Kelak digunakan di model EV dari Hyundai Motor dan Kia di atas platform BEV khusus Hyundai Motor Group. Yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Fasilitas produksi ini sangat membantu Hyundai maupun Kia, dalam membuat kendaraan. Pastinya dengan efisiensi, kinerja plus keamanan tinggi dan dari optimasi pasokan sel baterai bagi dua model BEV itu.

Nah, kerja sama LG Energy Solution juga sangat membantu Hyundai Mobis dalam mendapatkan pasokan sel baterai mobil listrik di masa mendatang. Apalagi seiring dengan permintaan global terhadap kendaraan berdaya setrum yang diperkirakan terus meningkat. Hyundai Mobis juga berencana untuk mempercepat upayanya memperluas produksi sistem baterai. Termasuk mengembangkan teknologi mutakhir agar mendapatkan keunggulan kompetitif, maupun berkelanjutan di pasar EV dunia.

Hyundai Motor Group telah mengkonsentrasikan upayanya menjadi pemain utama EV tingkat global. Hingga tahun 2025, mereka berhasrat memperluas jajaran BEV ke lebih dari 23 model dan menjual satu juta kendaraan listrik murni setiap tahun di pasar otomotif dunia. Sekadar info tambahan, HMID sekarang tengah merampungkan pembuatan pabrik di Cikarang sekitar 90 persen. Lalu kapasitas pembuatan mencapai 150.000 unit saban tahun di tahap pertama. Lantas dalam kekuatan penuh, sanggup menyentuh 250 ribu mobil setahun. (Alx/Odi)

Baca Juga: Bantu Penanganan Covid-10, Hyundai Indonesia Dirikan Fasilitas Produksi Oksigen

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Denza Siap Debut di Eropa, Bakal Gempur Pasar Mercedes dan BMW
    Denza Siap Debut di Eropa, Bakal Gempur Pasar Mercedes dan BMW
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Banyak yang Kangen, Ferrari Pertimbangkan Hadirkan Transmisi Manual Lagi
    Banyak yang Kangen, Ferrari Pertimbangkan Hadirkan Transmisi Manual Lagi
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • ELECTRIA: All New Honda CR-V e:HEV RS Manjakan Penghuni Kabin Selama Tempuh Jakarta – Solo
    ELECTRIA: All New Honda CR-V e:HEV RS Manjakan Penghuni Kabin Selama Tempuh Jakarta – Solo
    Alvando Noya . Hari ini
  • Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Toyota Trust Hadirkan Mobil Bekas Bergaransi dengan Proses Mudah dan Transparan
    Toyota Trust Hadirkan Mobil Bekas Bergaransi dengan Proses Mudah dan Transparan
    Anjar Leksana . 08 Apr, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Electria Mudik Lebaran 2025: Ke Yogyakarta Pakai Wuling Almaz RS Pro Hybrid, Ini Tawaran Keunggulannya
    Electria Mudik Lebaran 2025: Ke Yogyakarta Pakai Wuling Almaz RS Pro Hybrid, Ini Tawaran Keunggulannya
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Indikasi Dijual di Indonesia, NJKB BYD Seagull Mulai Rp218 Juta
    Indikasi Dijual di Indonesia, NJKB BYD Seagull Mulai Rp218 Juta
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Han L EV dan Tang L EV, Inovasi Baru di Pasar EV
    BYD Han L EV dan Tang L EV, Inovasi Baru di Pasar EV
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mazda 6e Memulai Produksi untuk Pasar Global
    Mazda 6e Memulai Produksi untuk Pasar Global
    Muhammad Hafid . 08 Apr, 2025
  • Chery QQ Segera Kembali Hadir, Tampil Perdana di Shanghai Auto Show 2025
    Chery QQ Segera Kembali Hadir, Tampil Perdana di Shanghai Auto Show 2025
    Muhammad Hafid . 08 Apr, 2025
  • Cari SUV Kompak Bekas, Ambil Kia Seltos 1.4 Turbo atau Honda HR-V SE?
    Cari SUV Kompak Bekas, Ambil Kia Seltos 1.4 Turbo atau Honda HR-V SE?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bertenaga dan Irit, Ini Konsumsi BBM Chery Tiggo 8 Varian Termurah Dipakai Mudik ke Sukabumi
    Bertenaga dan Irit, Ini Konsumsi BBM Chery Tiggo 8 Varian Termurah Dipakai Mudik ke Sukabumi
    Bangkit Jaya Putra . 07 Apr, 2025
  • Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2025
  • Memahami Cara Kerja Fitur Adaptive Cruise Control di Mitsubishi Xforce Ultimate DS
    Memahami Cara Kerja Fitur Adaptive Cruise Control di Mitsubishi Xforce Ultimate DS
    Bangkit Jaya Putra . 03 Apr, 2025
  • Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Alvando Noya . 18 Mar, 2025
  • Biaya-biaya yang Harus Dipersiapkan Jelang Mudik Lebaran
    Biaya-biaya yang Harus Dipersiapkan Jelang Mudik Lebaran
    Muhammad Hafid . 17 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025