Hyundai i20 N Mendebut, Puncaki Jajaran Hatchback Kompak Pabrikan

i20 N

Hyundai tampak gencar ramaikan protofolio divisi kencang. Setelah generasi terbaru Hyundai i20 lahir, berlanjut ke versi panasnya i20 N. Hot hatch yang banyak terinspirasi dari dunia reli. Dibekali pemacu kuat berikut pembekalan teknologi serta fitur ala mobil balap.

Eksterior gahar diguyurkan kelir kojo spesial divisi N: Performance Blue. Dapat dikombinasikan Phantom Black di atap. Atau, tersedia seleksi warna lain seperti Intense Blue, Polar White, Sleek Silver, Brass, dan Phantom Black. Lenggokan kemudian disudahi pelek 18 inci dengan karet Pirelli P-Zero berukuran 215/40 spesifik Hyundai.

Juga di dalam kabin, i20 N bukanlah sebuah mobil trondolan untuk disiksa. Tetap menyuguhkan hiburan seperti sistem multimedia 10,25 inci berikut konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Layanan konektivitas mobil dengan smartphone Bluelink pun turut diboyong. Seluruh paket kencang yang tetap santun ini mulai tersedia di Eropa pada musim semi 2021.

Tenaga buas berasal dari enjin empat silinder 1,6 liter dengan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD). Disokong peranti pemadat udara sehingga sanggup menghasilkan output 204 PS di rentang 5.500-6.000 rpm. Sementara tendangan torsinya mencapai 275 Nm, keluar penuh sejak 1.750-4.000 rpm.

i20 N

Penyaluran terlaksana ke roda depan melalui transmisi 6MT. Khusus dikembangkan guna mengimbangi putaran tinggi, torsi, dan Launch Control milik i20 N. Tidak dibiarkan memutar roda begitu saja, dijebloskan pula N Corner Carving Differential. Sebuah Limited Slip Diferential mekanikal (m-LSD) untuk mengatur pembagian transfer tenaga di kedua roda depan. Menciptakan traksi optimal di berbagai tikungan menjadi tugasnya.

Baca Juga: Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Kini Punya Opsi Hybrid

Rancang bangun dan komponen sasis tak luput dari penyempurnaan. Rangkanya sendiri telah diperkuat di 12 titik berbeda demi handling mulus serta ketangguhan di berbagai kondisi jalan. Termasuk desain cover kolong spesifik dan breket tambahan. Sementara itu, dudukan kaki-kaki diperkuat dan disetting ulang. Sudut camber semakin dimiringkan, berikut disudahi penyesuaian spesifikasi anti-roll bar, ulir per, dan peredam kejut. Tak ketinggalan pemakaian piringan rem yang 40 mm lebih besar ketimbang i20 standar.

Demi memaksimalkan pemanfaatan basis mumpuni tadi, Hyundai sisipkan ragam fitur bagi pengemudi. Contoh N Grin Control System, menentukan seberapa lebar senyum tercipta. Ada lima mode: Normal, Eco, Sport, N, dan N Custom. Masing-masing siapkan penyesuaian dalam ruang lingkup mesin, Electronic Stability Control, suara knalpot, dan pengendalian setir. Dapat diseleksi dengan mudah melalui tombol N di roda kemudi.

Hyundai i20 N

Belum selesai sampai di situ, banyak fitur lain disuguhkan. Misal Rev Matching demi kehalusan downshift tanpa perlu sibuk berdansa heel-and-toe. Lalu, ada Launch Control agar tendangan akselerasi dieksekusi seoptimal mungkin tanpa terlalu banyak selip. Berikut juga ragam kelengkapan ala motorsport. Sebut saja left-foot braking calibration, indikator keausan kampas rem (PWI), sampai variable muffler control dan electronic sound generator sebagai alat perangsang telinga.

Kurang greget kalau edisi kencang tidak menyuarakan lewat pakaian gahar. Tidak terlalu flamboyan sampai terlihat norak. Dasar rancangan tidak dirombak total, memang. Mempertahankan guratan bawaan meski terdapat penyesuaian mendetail. Namun bukan hanya gaya, faktor performa dan aerodinamika jelas jadi bahan pertimbangan. Contoh saja ia berdiri lebih rendah 10 mm ketimbang i20 standar.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Lebih Panas Terlihat Mengitari Sirkuit Nürburgring

Lainnya bisa dilihat dominasi air intake besar di depan, menyuguhkan pasokan udara ekstra untuk mesin turbo. Membedakan dari versi basic, visual kasa grille mengadopsi tema chequered flag. Di bawahnya melekat lip spoiler dengan corak garis Tomato Red yang berlanjut ke side skirt sampai ke buritan. Side skirt dan diffuser memancarkan aura kompetisi. Semakin kental ditampilkan roof spoiler ala WRC serta lampu kabut segitiga di sisi terbawah.

Hyundai i20 N engine

Walau memiliki DNA balap, sektor keselamatan berkendara harian tidak dilupakan. Ia dibekali sepaket asistensi Hyundai SmartSense Advanced Drivers Assistance System (ADAS). Termasuk di dalamnya Forward Collision Assist (FCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Lane Following Assist (LFA), dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

“Merek performa tinggi N kami sangat sukses sejak diluncurkannya i30 N pada 2017. Kali ini, kami memutuskan untuk mengembangkan model yang terinspirasi dai i20 Coupe WRC yang mana membawa kesuksesan di World Rally Championship,” ujar Executive Vice President and Head of Product Division Hyundai Motor Company, Thomas Schemera. Ia menambahkan, ”Lewat all-new i20 N, kami mengembangkan jajaran performa tinggi N guna menarik lebih banyak pelanggan yang menginginkan sensasi lintasan balap dalam kesehariannya.” (Krm/Odi)

Baca Juga: Pabrik Hyundai Rampung Akhir 2021, Fase Produksi Mulai Tahun Berikutnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Mengenal Fitur Simpel tapi Penting di All New Hyundai Santa Fe Hybrid
    Mengenal Fitur Simpel tapi Penting di All New Hyundai Santa Fe Hybrid
    Editorial . 21 Jan, 2025
  • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • Lihat Detail Pembaruan dan Fitur New Hyundai Creta Prime IVT
    Lihat Detail Pembaruan dan Fitur New Hyundai Creta Prime IVT
    Anjar Leksana . 15 Jan, 2025
  • Beda Rp46 Jutaan Dua Varian Hyundai Creta N Line, Ini Bedanya
    Beda Rp46 Jutaan Dua Varian Hyundai Creta N Line, Ini Bedanya
    Muhammad Hafid . 10 Jan, 2025
  • New Hyundai Creta N Line Meluncur Bermesin Turbo, Lawan HR-V RS di Indonesia
    New Hyundai Creta N Line Meluncur Bermesin Turbo, Lawan HR-V RS di Indonesia
    Alvando Noya . 09 Jan, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pabrik Hyundai Cikarang Mulai Produksi New Creta N Line Series
    Pabrik Hyundai Cikarang Mulai Produksi New Creta N Line Series
    Anjar Leksana . 16 Jan, 2025
  • Fitur Simpel Tapi Penting di All New Hyundai Santa Fe Hybrid
    Fitur Simpel Tapi Penting di All New Hyundai Santa Fe Hybrid
    OTO . 14 Jan, 2025
  • Perbandingan Varian Sporty, Hyundai Creta N Line Vs Honda HR-V RS
    Perbandingan Varian Sporty, Hyundai Creta N Line Vs Honda HR-V RS
    Alvando Noya . 14 Jan, 2025
  • Skema Kredit Kepemilikan Hyundai Creta Terbaru
    Skema Kredit Kepemilikan Hyundai Creta Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 10 Jan, 2025
  • Deret Ubahan dan Kelengkapan New Hyundai Creta Prime IVT 2025
    Deret Ubahan dan Kelengkapan New Hyundai Creta Prime IVT 2025
    Anjar Leksana . 10 Jan, 2025
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
    Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Nov, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Alvando Noya . 13 Agu, 2024
  • Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Setyo Adi Nugroho . 29 Agu, 2023
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
  • All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2024