Hyundai i20 N Mendebut, Puncaki Jajaran Hatchback Kompak Pabrikan

i20 N

Hyundai tampak gencar ramaikan protofolio divisi kencang. Setelah generasi terbaru Hyundai i20 lahir, berlanjut ke versi panasnya i20 N. Hot hatch yang banyak terinspirasi dari dunia reli. Dibekali pemacu kuat berikut pembekalan teknologi serta fitur ala mobil balap.

Eksterior gahar diguyurkan kelir kojo spesial divisi N: Performance Blue. Dapat dikombinasikan Phantom Black di atap. Atau, tersedia seleksi warna lain seperti Intense Blue, Polar White, Sleek Silver, Brass, dan Phantom Black. Lenggokan kemudian disudahi pelek 18 inci dengan karet Pirelli P-Zero berukuran 215/40 spesifik Hyundai.

Juga di dalam kabin, i20 N bukanlah sebuah mobil trondolan untuk disiksa. Tetap menyuguhkan hiburan seperti sistem multimedia 10,25 inci berikut konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Layanan konektivitas mobil dengan smartphone Bluelink pun turut diboyong. Seluruh paket kencang yang tetap santun ini mulai tersedia di Eropa pada musim semi 2021.

Tenaga buas berasal dari enjin empat silinder 1,6 liter dengan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD). Disokong peranti pemadat udara sehingga sanggup menghasilkan output 204 PS di rentang 5.500-6.000 rpm. Sementara tendangan torsinya mencapai 275 Nm, keluar penuh sejak 1.750-4.000 rpm.

i20 N

Penyaluran terlaksana ke roda depan melalui transmisi 6MT. Khusus dikembangkan guna mengimbangi putaran tinggi, torsi, dan Launch Control milik i20 N. Tidak dibiarkan memutar roda begitu saja, dijebloskan pula N Corner Carving Differential. Sebuah Limited Slip Diferential mekanikal (m-LSD) untuk mengatur pembagian transfer tenaga di kedua roda depan. Menciptakan traksi optimal di berbagai tikungan menjadi tugasnya.

Baca Juga: Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Kini Punya Opsi Hybrid

Rancang bangun dan komponen sasis tak luput dari penyempurnaan. Rangkanya sendiri telah diperkuat di 12 titik berbeda demi handling mulus serta ketangguhan di berbagai kondisi jalan. Termasuk desain cover kolong spesifik dan breket tambahan. Sementara itu, dudukan kaki-kaki diperkuat dan disetting ulang. Sudut camber semakin dimiringkan, berikut disudahi penyesuaian spesifikasi anti-roll bar, ulir per, dan peredam kejut. Tak ketinggalan pemakaian piringan rem yang 40 mm lebih besar ketimbang i20 standar.

Demi memaksimalkan pemanfaatan basis mumpuni tadi, Hyundai sisipkan ragam fitur bagi pengemudi. Contoh N Grin Control System, menentukan seberapa lebar senyum tercipta. Ada lima mode: Normal, Eco, Sport, N, dan N Custom. Masing-masing siapkan penyesuaian dalam ruang lingkup mesin, Electronic Stability Control, suara knalpot, dan pengendalian setir. Dapat diseleksi dengan mudah melalui tombol N di roda kemudi.

Hyundai i20 N

Belum selesai sampai di situ, banyak fitur lain disuguhkan. Misal Rev Matching demi kehalusan downshift tanpa perlu sibuk berdansa heel-and-toe. Lalu, ada Launch Control agar tendangan akselerasi dieksekusi seoptimal mungkin tanpa terlalu banyak selip. Berikut juga ragam kelengkapan ala motorsport. Sebut saja left-foot braking calibration, indikator keausan kampas rem (PWI), sampai variable muffler control dan electronic sound generator sebagai alat perangsang telinga.

Kurang greget kalau edisi kencang tidak menyuarakan lewat pakaian gahar. Tidak terlalu flamboyan sampai terlihat norak. Dasar rancangan tidak dirombak total, memang. Mempertahankan guratan bawaan meski terdapat penyesuaian mendetail. Namun bukan hanya gaya, faktor performa dan aerodinamika jelas jadi bahan pertimbangan. Contoh saja ia berdiri lebih rendah 10 mm ketimbang i20 standar.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Lebih Panas Terlihat Mengitari Sirkuit Nürburgring

Lainnya bisa dilihat dominasi air intake besar di depan, menyuguhkan pasokan udara ekstra untuk mesin turbo. Membedakan dari versi basic, visual kasa grille mengadopsi tema chequered flag. Di bawahnya melekat lip spoiler dengan corak garis Tomato Red yang berlanjut ke side skirt sampai ke buritan. Side skirt dan diffuser memancarkan aura kompetisi. Semakin kental ditampilkan roof spoiler ala WRC serta lampu kabut segitiga di sisi terbawah.

Hyundai i20 N engine

Walau memiliki DNA balap, sektor keselamatan berkendara harian tidak dilupakan. Ia dibekali sepaket asistensi Hyundai SmartSense Advanced Drivers Assistance System (ADAS). Termasuk di dalamnya Forward Collision Assist (FCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Lane Following Assist (LFA), dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

“Merek performa tinggi N kami sangat sukses sejak diluncurkannya i30 N pada 2017. Kali ini, kami memutuskan untuk mengembangkan model yang terinspirasi dai i20 Coupe WRC yang mana membawa kesuksesan di World Rally Championship,” ujar Executive Vice President and Head of Product Division Hyundai Motor Company, Thomas Schemera. Ia menambahkan, ”Lewat all-new i20 N, kami mengembangkan jajaran performa tinggi N guna menarik lebih banyak pelanggan yang menginginkan sensasi lintasan balap dalam kesehariannya.” (Krm/Odi)

Baca Juga: Pabrik Hyundai Rampung Akhir 2021, Fase Produksi Mulai Tahun Berikutnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Hyundai Bangun Proyek Hidrogen dari Sampah Pertama di Indonesia, Target Operasi 2027
    Hyundai Bangun Proyek Hidrogen dari Sampah Pertama di Indonesia, Target Operasi 2027
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2025
  • Hyundai Palisade Terbaru Meluncur di New York, Tampil Lebih Mewah Andalkan Hybrid
    Hyundai Palisade Terbaru Meluncur di New York, Tampil Lebih Mewah Andalkan Hybrid
    Alvando Noya . 18 Apr, 2025
  • LEBARAN DRIVE: Sensasi Elektrifikasi Hyundai Tucson Hybrid Melintasi Trans Jawa
    LEBARAN DRIVE: Sensasi Elektrifikasi Hyundai Tucson Hybrid Melintasi Trans Jawa
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2025
  • Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Hyundai Insteroid Tunjukkan Konsep EV Mungil Futuristik Bergaya Kekar
    Hyundai Insteroid Tunjukkan Konsep EV Mungil Futuristik Bergaya Kekar
    Setyo Adi . 07 Apr, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Hyundai Palisade 2025 Tampil Lebih Gagah, Usung Desain Boxy dan Teknologi Hybrid
    Hyundai Palisade 2025 Tampil Lebih Gagah, Usung Desain Boxy dan Teknologi Hybrid
    Alvando Noya . 17 Apr, 2025
  • Skema Cicilan Hyundai Tucson Hybrid dengan Uang Muka 25 Persen
    Skema Cicilan Hyundai Tucson Hybrid dengan Uang Muka 25 Persen
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2025
  • Insteroid, Langkah Hyundai Padukan Dunia Game, Sport, dan Otomotif
    Insteroid, Langkah Hyundai Padukan Dunia Game, Sport, dan Otomotif
    Setyo Adi Nugroho . 04 Apr, 2025
  • Menjaga Desain Streamline, Begini Penampilan Hyundai Ioniq 6 Facelift
    Menjaga Desain Streamline, Begini Penampilan Hyundai Ioniq 6 Facelift
    Setyo Adi Nugroho . 03 Apr, 2025
  • Temani Pemudik, Hyundai Sediakan Layanan Before Service dan 23 Bengkel Siaga
    Temani Pemudik, Hyundai Sediakan Layanan Before Service dan 23 Bengkel Siaga
    Anjar Leksana . 27 Mar, 2025
  • Tawaran Model Low MPV Terbaru, Ada Ertiga, Stargazer, Xpander, dan Avanza Veloz
    Tawaran Model Low MPV Terbaru, Ada Ertiga, Stargazer, Xpander, dan Avanza Veloz
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2025
  • Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2025
  • Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2025
  • Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024