Tak terasa Hyundai Kona akan menginjak usia 5 tahun. Debut pada 2017 dan mengalami penyegaran untuk model 2021. Siklus hidup menunjukkan sudah waktunya ada model baru. Terutama bagi pabrikan yang tidak pernah lama mempertahankan sebuah desain. Benar saja, Hyundai ternyata lagi menyiapkan itu. Generasi baru tertangkap kamera sedang dites.
Ini adalah pengujian pertama untuk model terbaru kelak. Langsung terjepret kamera paparazzi dan menyebar di dunia maya. Tampak lokasi pengetesan di kawasan bersalju. Mungkin ada kaitannya dengan penggerak semua roda (AWD) dan target pasar 4 musim. Namun masih terlalu dini melihat wujud aslinya seperti apa. Karena balutan kamuflase sangat tebal, menutup semua ciri dan detail desain sang crossover. Belum bisa ditebak, apakah mampu lebih menarik dipandang dibanding model sekarang.
Ya, penutup bodi sangat penuh. Sampai-sampai garis besar desain sama sekali tak terlihat. Tapi tampak tidak mengalami rombakan fundamental. Bisa ditebak dari headlamp bertingkat. Daytime running light (DRL) di atas, lalu lampu utama di bawah. Tetap sama seperti Kona lama. Grille tertutup rapat. Kalau main tebak-tebakan, kemungkinan pakai rancangan anyar seperti Tucson dan Santa Fe. Lainnya masih misteri. Sulit menebak perubahan bakal terjadi. Lebih baik menanti perkembangan selanjutnya.
Interior sedikit tertangkap kamera. Lagi-lagi sulit menggambarkan secara gamblang. Masih berantakan dan terlalu dini menilai. Yang jelas panel instrumen memakai digital. Bagian lain masih tertutup rapat, tapi menyembul sepasang monitor di dasbor.
Baca Juga: Hyundai Kona N Line Beredar di Malaysia, Berbekal Turbo dan Jubah Sporty
Terlalu awal juga menebak opsi mesin. Dari unit tes jelas varian bermesin bensin. Jika berdasarkan model saat ini yang masih dijual, ada mesin 1,6-liter T-GDI Smartstream penghasil daya 194 hp yang berpasangan dengan transmisi dual-clutch 7-speed. Mesin bensin paling dasar 1,0-liter T-GDI Smartstream dan naturally aspirated 2,0-liter. Diesel mild hybrid 1,6-liter Smartstream disokong kelistrikan 48 Volt. Dan hybrid hasil kombinasi mesin bensin 1,6-liter GDI bersama motor elektrik untuk output 138 hp.
Itu belum bicara versi 'panas' hasil racikan Hyundai N. Seandainya disiapkan juga, jantung pacu T-GDI masih layak dipakai. Torehan tenaga dari enjin 4-silinder 2,0-liter turbo menghasilkan 276 hp dan torsi 392 Nm. Transmisi N DCT 8-speed tak main-main untuk menghasilkan perpindahan gigi supercepat.
Varian listrik murni jangan dilupakan. Model sekarang tetap menjadi andalan Hyundai sebagai langkah menuju era elektrifikasi. Contohnya saja di Indonesia. Sekarang cuma menjual Kona Electric tanpa ditemani lagi versi bensin.
Tidak ada informasi lebih jelas sejauh ini. Kona generasi baru masih dalam awal pengembangan. Kemungkinan muncul perdana pada 2023. Ada gosip lain kalau ia bakal menggantikan posisi i30 di Eropa, karena model crossover semakin disukai. (Odi)
Sumber: Carscoops
Baca Juga: 5 Hal Mengapa Hyundai Kona Electric Cocok Dijadikan Tunggangan Harian
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.