Di Indonesia, kita harus berpisah dengan Hyundai Kona bermesin konvensional. Lantaran pihak perusahaan sudah tak memasarkannya lagi dan memilih fokus ke versi listrik. Tapi lain cerita di Malaysia. Versi lebih panas bakal dinikmati konsumen sana. Hyundai-Sime Darby Motors mengumumkan model N Line bermesin 1,6 liter turbo.
Hyundai Kona di Tanah Air saja sebetulnya jelas tidak bisa dipandang sebelah mata soal performa. Ia kebagian pemacu 2.000 cc saat pemain sekelas paling top memainkan aransemen 1.800 cc. Hadirkan tenaga sampai 149 PS dengan torsi melimpah 179 Nm menuju roda depan via transmisi otomatis 6 percepatan. Dengan adanya opsi 1.600 cc turbo, jelas menjadikan Kona terdengar semakin menyenangkan.
Bagaimana tidak, enjin Smartstream G1.6 siapkan tenaga ekstra. Belum lagi kemampuannya ditingkatkan lewat pemadat udara dan revisi teknologi. Koreografi pembakaran sudah disempurnakan oleh pengatur bukaan klep variabel CVVD (Continuous Variable Valve Duration). Atas dasar ini, ia siap gelontorkan tenaga nyaris seperti sebuah hot-hatch.
Total ekstraksi meningkat 21 PS dan berakhir mencatatkan angka 198 PS. Ditambah pula dorongan torsi hingga 265 Nm secara merata dari 1.800 sampai 4.500rpm. Putaran mesin lalu diterjemahkan ke roda depan oleh transmisi otomatis DCT 7 percepatan. Aransemen seperti ini membuatnya sanggup berakselerasi ke 100 kpj dalam tempo 7,7 detik. Tergolong kencang untuk sebuah crossover bukan?
Baca Juga: Nama Hyundai Stargazer Dipatenkan, Calon LMPV Baru?
Menyelaraskan kesan atletis jantung pacu, Kona bermesin turbo ini hadir dalam trim N Line. Nuansanya lebih sporty berkat penyesuaian elemen tubuh dan bodikit minimalis khusus. Contoh di depan, didominasi intake besar dan sebaran ornamen honeycomb. Grille-nya sendiri menganut patron tiga dimensi tumpukan huruf Y tiduran sebagai ciri jajaran keluarga N.
Selain itu, Kona N Line mendapatkan side skirt bersudut sewarna bodi. Di belakang, revisi bumper mempertontonkan visual gahar tempelan penghias diffuser hitam. Juga diramaikan dual exhaust pipe. Bedanya lagi, tubuh versi sporty ini meminimalisir rupa cladding hitam sehingga terlihat bersih. Semua itu disudahi pelek besar berwajah turbin 18 inci.
Interior pun ikut menyuarakan diferensiasi. Bangku dijahit benang merah, mengusung pedal logam, tuas transmisi aksen merah, hingga sebaran logo N. Secara global ditawarkan material bangku fabric hitam dan suede hanya saja belum bisa dipastikan versi Malay kebagian yang mana.
Jadi sorotan lain adalah kehadiran Hyundai Smartsense. Trim sebelumnya (Active 2.0) sudah kebagian peranti asisten berkendara aktif itu dan dikonfirmasi hadir pula pada N Line. Merupakan fitur keselamatan pintar yang dapat memantau objek sekitar sekaligus melakukan tindakan korektif bila diperlukan. Termasuk di dalamnya Autonomous Emergency Braking with Pedestrian Detection, Lane Centering Assist, dan Blind Spot Monitoring with Collision Avoidance, Rear Cross Traffic Alert with Braking, Front Departure Alert, dan Automatic High Beam.
Jika sebelumnya belum ada cruise control adaptif, boleh jadi ini merupakan bagiannya Kona N Line. Diekspektasikan hadir sebagai penegas selisih harga. Belum diketahui berapa namun ia sudah bisa dipesan dengan booking fee 300 Ringgit atau setara Rp1 jutaan. (Krm/Odi)
Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.