Hyundai meluncurkan Palisade facelift di New York International Auto Show. Versi pembaruan mengalami perubahan wajah signifikan mengikuti bahasa desain terkini. Tak ada lagi grille lebar heksagonal. Digantikan grille persegi dengan rancangan ala permata. Masih berpadu dengan headlamp bertingkat vertikal, namun sekarang tampak lebih gagah dan mewah.
Ubahannya sedikit dibuka melalui teaser beberapa waktu lalu. Kemudian tampang asli bocor melalui video promosi singkat. Sekarang terlihat jelas bagaimana pola lampu utama rancangan terbaru. Masih ada LED vertikal yang dibuat terkesan berada di dalam bemper. Area gelap tersamar ternyata menjadi rumah lampu utama. Ada dua proyektor jajar bertingkat.
Grille anyar jadi tampak begitu besar. Ditambah bingkai perak tebal yang menyasar hingga tepi membentuk signature wing. Dua elemen grille ala permata yang menjorok ke samping membuat kesan sebagai pusat penerangan. Padahal tidak.
Profil bodi samping tidak berubah. Namun dibedakan dari desain pelek baru berukuran 20-inci. Memakai gaya multi-spoke dengan bagian ujung melebar, sehingga membentuk rancangan propeler. Ada opsi desain ukuran lain tergantung trim yang dipilih. Ke belakang, penyegarannya cuma sedikit. Bentuk lampu masih sama, hanya mendesain ulang bemper. Kini dengan skid plate perak lebar. Sekaligus menjadi penyangga ujung knalpot berbentuk kotak.
Penyegaran di interior langsung terlihat dari lingkar kemudi. Desainnya berganti pakai rancangan mirip Creta. Dibaliknya tampak instrumen cluster digital 12,3-inci dengan pendaran juga serupa punya Creta. Tudung yang dibuat menyatu dengan monitor layar sentuh tak berubah. Tapi ukuran layar menjadi 12-inci. Perbedaan signifikan lain berasal dari ventilasi AC. Hyundai menggantinya jadi model tipis memanjang hingga bagian penumpang. Tombol-tombol juga berganti warna hitam.
Hyundai menyematkan kursi pengemudi Ergo Motion yang diklaim lebih nyaman dan bisa mengurai lelah. Kursi baris kedua juga ditambah tingkat kenyamanannya lewat sayap headrest dan ventilasi. Kursi baris ketiga juga begitu, penumpang bisa menikmati pemanas yang keluar dari kisi-kisi di punggung. Ini pertama kalinya di model Hyundai.
Baca Juga: Hyundai Perlihatkan Wajah Baru New Palisade 2023
Palisade facelift dipasarkan duluan di Amerika Serikat. Untuk market sana disediakan spion dalam digital dan hotspot Wi-Fi. Lalu sudah support Digital Key 2 yang bisa tersambung dengan iPhone, Apple Watch atau Samsung Galaxy. Berguna untuk membuka kunci dan menyalakan mesin tanpa perlu kunci utama. Lalu pabrikan Korea Selatan juga mengganti port USB menjadi type C yang menawarkan quick charging 3A. Tak lupa juga ada wireless charging.
Sistem telematik canggih Bluelink tentu ada. Tidak hanya membantu pengguna untuk mengecek status kendaraan, tapi juga bisa menerima peringatan dari sistem Rear Occupant Alert apabila ada pergerakan dari anak-anak atau hewan peliharaan di kabin belakang.
Kelengkapan peranti keselamatan tetap komplet. Sangat memadai dengan status peringkat tertinggi 5-Star dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) 2020 dan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2020 di Amerika Serikat. Side-impact airbag belakang kini termasuk dalam standar. Termasuk beberapa fitur aktif seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision Warning (BCW), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Safe Exit Assist (SEA) Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist, Smart Cruise Control, Lane Following Assist, Highway Driving Assist, Remote Smart Parking Assist hingga Rear Occupant Alert (ROA).
Mesin tidak berubah setidaknya untuk pasar AS. Opsi satu-satunya berupa enjin V6 3,8-liter penghasil daya 295 PS dan torsi maksimal 355 Nm. Berpadu dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang pengoperasiannya via tombol shift-by-wire. Pilihan penggerak roda depan (FWD) atau all-wheel drive (AWD) HTRAC.
Berkaca dari larisnya Hyundai Palisade di Indonesia. Silakan berharap banyak model facelift juga akan hadir, meski belum diketahui kapan. Kalau versi sini sudah jelas tetap mengandalkan unit diesel dengan torsi berlimpah. Yaitu turbodiesel 2,2-liter CRDi berdaya 200 PS serta 441 Nm dengan girboks matik 8-percepatan juga. (Odi)
Baca Juga: Hyundai Ioniq 5 Raih Triple Winner World Car Awards 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.