Hyundai Umumkan Berakhirnya Produksi Ioniq Series

Hyundai Ioniq Electric

 

KEY TAKEAWAYS

  • Produksi Hyundai Ioniq berakhir Juli 2022

    Kiprahnya sebagai mobil listrik sejak 2016 akan dilanjutkan Ioniq 5, Ioniq 6 dan Ioniq 7
  • Kiprah Ioniq Series dalam ekosistem mobilitas elektrifikasi segera berakhir. Hyundai akan menghentikan produksinya di pabrik Ulsan, Korea Selatan, mulai Juli 2022. Sekaligus mengakhiri siklus hidup salah satu pelopor mobil listrik di dunia. Ya, Ioniq terlahir tanpa ada pilihan mesin pembakaran konvensional. Langsung ditawarkan dalam varian hybrid, plug-in hybrid dan EV murni.

    Ioniq mendebut Januari 2016 di Korea Selatan. Berlanjut perkenalan ketiga varian di Geneva dan New York Auto Show 2016. Varian hybrid meluncur di kampung halamannya pada Februari 2016, disusul model listrik pada Juli 2016, lalu plug-hybrid Februari 2017.

    Sejak awal, Ioniq dianggap pionir mobil listrik tulen. Karena memang didesain dan dirancang untuk dibenamkan penggerak listrik. Sekaligus pelopor brand kendaraan listrik Hyundai. Ioniq juga menjadi alat pengembangan sistem autonomous pabrikan. Lalu membuka jalan lahirnya penerus Ioniq lain. Seperti Ioniq 5, Ioniq 6 dan Ioniq 7.

    Keputusan dikatakan tidak dibuat dalam waktu singkat. Hyundai sudah berencana memensiunkan Ioniq sejak lama. Perubahan pasar otomotif jadi alasan. Mereka terus berinovasi mengembangkan produk lain yang lebih tepat untuk pasar dituju. Ioniq tergolong laris di belahan bumi lain. Contohnya di Eropa. Sejak pertama mengaspal juga terjual lebih dari 135 ribu unit. Ini sudah memenuhi target bisnis perusahaan. Menjelang berakhirnya produksi nanti, model sekarang masih ditawarkan untuk penghabisan stok.

    Baca Juga: Hyundai IONIQ Electric, Menghilangkan Keraguan Memiliki Mobil Listrik

     

    Hyundai Ioniq electric

    Hyundai Ioniq Electric dipasarkan di Indonesia pada 2020 lalu. Ia menjadi mobil listrik murni pertama yang dipasarkan oleh produsen mobil mainstream di Tanah Air. Kebijakan pemerintah tentang Percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle - BEV) dan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi salah satu alasannya.

    Spek teknis menggunakan penggerak E-Motor atau Permanent-magnet Synchronous Motor. Tenaga didapat 136 PS dan torsi instan 295 Nm tersedia kapan saja. Untuk pendistribusian daya, menggunakan single speed reduction gear ke roda depan. Tersedia mode berkendara seperti Eco, Comfort dan Sport.

    Kapasitas baterai sebesar 38,3 kWh. Untuk mengisi menggunakan charger on-board standar 7,2 kW butuh 6 jam. Sedangkan metode fast-charging 50kW cukup membutuhkan 57 menit dari 0 ke 80 persen. Baterai diklaim sangat kuat. Daya jelajah mencapai 373 km dari kondisi penuh.

    Peranti keselamatannya pun banyak. Tersedia 7 titik airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Hill-start Assist Control (HAC). Masih ada sistem aktif seperti Blindspot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, plus Rear Mirror with Auto Dimming.

    Kemungkinan penghentian produksi Ioniq akan berdampak ke pasar Indonesia beberapa bulan ke depan. Saat ini Ioniq Electric masih ditawarkan dalam dua varian: Prime Rp682 juta dan Signature Rp723 juta. Unit bekasnya sudah tersedia di pasaran. Varian Signature keluaran 2021 dibanderol Rp605 juta. (Odi)

     

    Baca Juga: Segini Harga Bekas Mobil Listrik Hyundai Ioniq Signature Keluaran 2021

    Jelajahi Hyundai Ioniq

    Model Mobil Hyundai

    Mobil Hyundai
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Ioniq 5 N
      Hyundai Ioniq 5 N
    • Hyundai Ioniq 6
      Hyundai Ioniq 6
    • Hyundai Kona Electric
      Hyundai Kona Electric
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Hyundai Unggulan

    Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Carvaganza

    • Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
      Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
      Setyo Adi . 21 Sep, 2022
    • Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
      Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
      Wahyu Hariantono . 10 Jun, 2022
    • Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
      Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
      Eka Zulkarnain H . 22 Apr, 2022
    • IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
      IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
      Eka Zulkarnain H . 06 Apr, 2022
    • Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
      Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
      Eka Zulkarnain H . 05 Apr, 2022

    Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
      Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
      Setyo Adi Nugroho . 21 Sep, 2022
    • Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
      Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jun, 2022
    • Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
      Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
      Setyo Adi Nugroho . 05 Des, 2021
    • Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
      Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 26 Okt, 2021
    • Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
      Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
      OTO . 14 Sep, 2021
    • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
    • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
      Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
      Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020
    • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
      Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
      Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020