Imajinasi Keren Konsep Motor Listrik BMW Motorrad, Bergaya Retro-Futuristik

BMW motorrad electric

Konsep desain motor listrik satu ini sangat berbeda. Ia lahir bukan dari BMW Motorrad, melainkan dari seorang desainer muda asal India, bernama Manu Mohan. Pria itu memberikan pandangannya tentang seperti apa rupa cafe racer listrik dari BMW. Ia mengatakan bahwa konsepnya menggabungkan model bersejarah BMW dengan ide mobilitas masa depan.

“Tujuan di balik proyek yang sangat singkat ini adalah untuk menciptakan cafe racer masa depan dengan daya tarik estetika yang menggabungkan ide-ide lama dan baru yang kontras. Tema ini diperluas ke siluet dan bahan yang digunakan, ” kata Mohan saat berbicara dengan ElectricVehicleWeb.in.

Menyoal desain kuda besi full elektrik ini, mengusung desain retro-futuristik yang terinspirasi dari cafe racer klasik BMW. Wujudnya dibuat lebih ringkas dibanding R nineT. Bentuk panel bodi dibuat menyatu, dari tangki hingga hingga penutup baterai dan motor penggerak serta buntut. Mengadopsi kursi tunggal dengan kedudukan setang rendah.

Baca Juga: BMW Motorrad Rombak Penampilan S 1000 R dan G 310 R, Penuhi Standar Emisi Tanpa Koreksi Tenaga

BMW Motorrad electric bike

Untuk tampilan lawas, Mohan mendesain lampu utama berbentuk bulat. Sementara stoplamp dibuat lebih minimalis, hanya berupa garis horizontal. Di bawah headlamp ada garpu yang dibungkus cover dari material serat karbon. Sedang peredam guncangan belakang menggandalkan monoshock. Untuk penahan laju diberikan cakram ganda di depan dan satu di belakang. Buat rodanya didesain berprofil donat.

Namun perlu dicatat, The Bavarian sebelumnya pernah mengungkapkan konsep sepeda motor full electric tahun lalu yang disebut Vision DC Roadster. Ia diharapkan akan diluncurkan sebelum tahun 2024.

Saat dibuat, bukan teknologi canggih yang digarisbawahi. Justru desainer BMW Motorrad memulainya dengan menggambar mesin boxer. Ini yang jadi bagian terpenting, supaya motor tak kehilangan identitasnya. Namun pengemasan seperti ini cukup sulit. Karena motor listrik relatif kompak ketimbang jantung pacu konvensional milik BMW, yang rata-rata berkapasitas besar.

Rangkanya memikul baterai yang dipasangkan vertikal. Lalu ada bagian menjorok horizontal khas konfigurasi boxer, diganti dengan dua lubang angin yang sangat besar untuk menjaga suhunya dengan baik. Mekanisme seperti ini, mirip BMW R32 hasil pengembangan Max Friz di 1923. Saat mulai melaju, kipas pendingin ikut bergerak secara gradual. Sementara itu, seluruh tenaganya ditransfer langsung ke roda belakang dengan gardan. Khas BMW, tanpa menggunakan rantai.

Baca Juga: BMW 3 Series Versi Limousine Akan Dipasarkan di India

BMW Motorrad

Komposisi tubuh DC didominasi komponen kualitas tinggi. Dari mulai bingkai alumunium ringan, serat karbon dan beberapa bahan lain. Praktis, selain bobot tereduksi, konstruksinya juga kuat. Untuk meredam dan meningkatkan pengendalian, BMW menanamkan garpu duolever di depan. Suspensi ini unik, dua besi pipih di depan sangat rigid tanpa adanya per. Shocknya terpasang vertikal di atas dekat dengan stang. Lalu di belakang, suspensi tunggal benar-benar diletakkan tepat di balik jok.

Beranjak ke bawah, dipasang pelek palang berbalut ban Metzeler yang didesain khusus. Pada sidewallnya, tulisan yang tertera diberi warna merah. Bukan cuma itu, refleksi bakal terpancar saat terkena cahaya. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan berkendara di malam hari. Jadi pengendara lain bisa mengidentifikasi dengan jelas

Bodinya sendiri dipahat tajam. Sangat tajam. Dari samping saja semuanya nampak menyiku. Tak dibiarkan ada satupun garis melengkung. Bagian yang semestinya digunakan tangki, diganti dengan tulang rangka yang juga dibuat tegas. Di depan, sangat minimalis. Hanya ada headliight dengan efek mengambang. Berbentuk U-shape dengan barisan LED. Lantas buritannya berakhir dengan dramatis, atas penggunaan stoplamp futuristik. Motor ini ditawarkan dengan format single seat dan posisi duduk merunduk. Sementara stangnya lurus tak berliku.

Belum ada konfirmasi apakah motor ini dijual atau BMW hanya sekadar pamer kemampuan. Namun saat harinya tiba, ia bakal jadi pilihan menarik di jajaran motor bertenaga listrik. Ramah lingkungan tapi intimidatif. (Bgx/Odi)

Sumber: electricvehicleweb, Ride Apart

Baca Juga: BMW R 18 Varian Classic Masuk Indonesia Februari 2021, Harga Lebih Mahal Rp 70 Juta

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor BMW Unggulan

Artikel Motor BMW dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • BMW Motorrad Indonesia Serah Terima 34 unit BMW G 310 Generasi Baru ke Konsumen
    BMW Motorrad Indonesia Serah Terima 34 unit BMW G 310 Generasi Baru ke Konsumen
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2024
  • BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan R 12
    BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan R 12
    Zenuar Yoga . 20 Feb, 2024
  • IIMS 2024: BMW Motorrad Rilis Tiga Motor Premium
    IIMS 2024: BMW Motorrad Rilis Tiga Motor Premium
    Zenuar Yoga . 16 Feb, 2024
  • BMW R 1300 GS Menaklukkan Pegunungan Berapi Paling Aktif di Dunia
    BMW R 1300 GS Menaklukkan Pegunungan Berapi Paling Aktif di Dunia
    Anindiyo Pradhono . 03 Jan, 2024
  • Keren Banget! Modifikasi BMW R18 yang Terinspirasi dari Film Top Gun
    Keren Banget! Modifikasi BMW R18 yang Terinspirasi dari Film Top Gun
    Zenuar Yoga . 15 Sep, 2023
  • Adu Spek dan Fitur BMW M 1000 RR vs Honda CBR 1000RR-R SP, Selisih Harganya Rp600 Jutaan
    Adu Spek dan Fitur BMW M 1000 RR vs Honda CBR 1000RR-R SP, Selisih Harganya Rp600 Jutaan
    Bangkit Jaya Putra . 17 Feb, 2022
  • Pertempuran Motor Inggris dan Jerman: Triumph Scrambler 1200 XE VS BMW R nineT Scrambler
    Pertempuran Motor Inggris dan Jerman: Triumph Scrambler 1200 XE VS BMW R nineT Scrambler
    Helmi Alfriandi . 23 Sep, 2020
  • Test Ride BMW G 310 GS : Manjakan Rider dengan Kenyamanan
    Test Ride BMW G 310 GS : Manjakan Rider dengan Kenyamanan
    Zenuar Yoga . 18 Okt, 2021
  • Memacu Habis BMW S 1000 RR Pro M Sport di Sirkuit
    Memacu Habis BMW S 1000 RR Pro M Sport di Sirkuit
    Helmi Alfriandi . 24 Jul, 2020