Usai peluncuran produk baru Mitsubishi Fuso berstandar emisi gas buang Euro 4. Zigwheels Indonesia berkesempatan mencicipi berkendara langsung bersama Canter FE 74 HD. Mereka mengadakan kegiatan test drive di sekitaran ICE BSD Serpong. Impresi pertama berkendara bersamanya terbilang baik. Namanya mobil komersial, memang tak terlalu banyak berdandan. Yang penting kemampuan mekanis kuat dan tak rewel saat diajak bekerja.
Secara umum tampilan Canter FE 74 HD masih mirip dari model lawas. Kelir kuning menjadi penanda khas produk Mitsubishi Fuso. Kisi-kisi depan sekarang dilapis kromium bersama logo Tiga Berlian. Begitu juga tatanan kabin dibuat sesederhana mungkin agar menunjang kebutuhan sebagai kendaraan niaga ringan. Lingkar kemudi berpalang dua, kemudian tuas transmisi dipasang sejajar bareng setir. Sangat memudahkan tangan untuk pindah gigi.
Di dasbor tetap tersedia kompartemen penyimpanan. Bisa digunakan untuk ragam fungsi ringan. Lantas di sektor hiburan lumayan, sudah ada head unit single din lansiran JVC. Cukup untuk sekadar mendendangkan lagu dangdut. Terus setir (tilt & telescopic steering column) dan tempat duduk dapat diatur senyaman pengemudi. Baris depan dapat menampung dua penumpang dan pengemudi.
Baca Juga: Seluruh Truk Mitsubishi Fuso Kini Berstandar Euro 4, Bagaimana dengan Perawatannya?
Jantung mekanis terpasang berkode 4D34-2AT8 berkubikasi 3.908 cc. Sudah mengusung sistem direct injection, pendingin air dengan turbo intercooler. Untuk ukuran diameter kali langkah 104 mm x 115 mm, empat silinder segaris. Berdasar data pabrikan, olah piston memberi daya maksimum 125 PS sejak 2.900 rpm. Kemudian torsi maksimum digapai 323 Nm sejak 1.600 rpm. Penyaluran tenaga pakai transmisi manual lima percepatan pelat kering tunggal, C4W30D.
Karena unit tes belum memiliki boks atau bak belakang. Embusan tenaga ke roda terasa sangat besar. Paling terasa ya dorongan torsi begitu melimpah. Sudah sewajarnya kendaraan jenis light truck ini punya kapabilitas seperti itu. Yang pasti saat injak kopling terasa enteng, begitu pula dengan putaran setir. Terus suspensi juga terasa sangat rigid. Maklum, Canter FE 74 HD dirancang buat angkut-angkut serta kerja keras.
Mengenai dimensi, Canter FE 74 HD punya jarak sumbu roda 3.350 mm, panjang 5.960 mm, lebar 1.970 mm, tinggi 2.145 mm dan jarak ke tanah 210 mm. Sementara sasis dan kabin kendaraan 2.330 kg. Terus Gross Vehicle Weight (GVW) maksimal mencapai 7.500 kg. Klaim kecepatan maksimum dapat digapai 120 km/jam. Daya tanjak dengan maksimum GVW ialah 47 Tan dan radius putar minimum 7 meter.
Adapun jenis suspensi depan belakang yang dianut berupa semi elliptic, laminated leaf springs dengan shock absorber. Untuk menghela laju kendaraan pakai rem kaki tipe hidraulis plus vacuum servo assistance dual circuit. Rem tangan pakai internal expanding dan rem pembantu berupa sistem pengereman gas buang. Spesifikasi tersedia di Canter FE 74 HD dirasa cukup untuk menunjang kebutuhan light truck. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mitsubishi Fuso Siapkan 29 Varian dan Ingin Gaet Pangsa Pasar Lebih Banyak Selama 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.