Impresi Pertama MG4 EV, SUV Hybrid yang akan Dijual di Indonesia Tahun Depan

MG4 EV review

 

KEY TAKEAWAYS

  • Selain mobil listrik, MG Indonesia juga ingin menjual mobil hybrid

    Kandidat paling mungkin MG VS HEV ini
  • MG Motor Indonesia mengutarakan minat memboyong mobil hybrid. Kandidat paling mungkin MG VS HEV. Saat kunjungan ke Thailand, kami berkesempatan bercengkerama dengan mobil ini meski dalam waktu singkat. Seberapa menarik?

     

    Desain

    MG4 EV review

    Bila melihat wujud MG VS HEV, nuansa futuristis terpancar kuat. Meski memang harus diakui ia tak memiliki efek kejut. Mungkin karena belakangan ini pabrikan di Tanah Air banyak menyuguhkan tunggangan berpenampilan eksentrik.

    Walau begitu, MG memperhatikan detail dengan memasang grille berpola sisik rumit. Ia bukan komponen terpisah, melainkan menyatu bodi. Kemudian area yang biasa menjadi rumah foglamp dikover panel bermotif palang tumpuk.

    Rupa disempurnakan headlamp kotak dan solid menyambung palang tebal terbelah garis biru. Sementara intake bawah berbentuk trapezium berbilah horizontal berpagu under lips menjalar hingga ke cladding samping.

    Cladding pada area samping menekankan karakter SUV. Ia ditemani pelek 17 inci berpalang agresif. Kelir bodi two-tone dengan atap bergaya landai bak coupe. Terpasang panoramic sunroof meningkatkan nuansa premium. Belakang tak kalah atraktif, bokong besar dihias lampu kombinasi berdetail kompleks.

    Bumper dihiasi banyak ceruk untuk menempatkan reflektor, padding dan plat nomor. Sementara bawahnya disematkan panel menyerupai diffuser. Ini masih ketambahan spoiler tebal yang turut menjadi tempat menempel high mount stop lamp.

     

    Interior

    MG4 EV

    Aura kabin mewah, tanpa pernak-pernik rumit. Dasbor memiliki pola sederhana tapi terasa pas. Dikombinasikan konsol tengah lebar dan agak tinggi. Head unit masif dibingkai bersama panel instrumen. Ini turut menyumbang kesan simpel pada dasbor. Gaya yang banyak digunakan mobil-mobil di Indonesia, terutama segmen premium.

    Tuas transmisi sequential berukuran kecil, ditempatkan bersama tombol-tombol fungsi kendaraan dan tuas electric parking brake. Tatakan wireless charger pun tersedia. Pengemudi dimudahkan mendapatkan posisi berkendara melalui pengaturan jok elektrik.

    Kabin cukup lapang, terutama pada baris kedua. Walau pakai atap landai ke belakang, head room tetap memadai. Suhu bisa dijaga lewat double blower yang ditempatkan di belakang konsol tengah. Soal daya angkut barang, bagasi mumpuni, bisa diperluas dengan melipat tempat duduk.

    Baca Juga: MG HS Facelift Sudah Terlihat di Indonesia Masih Berselimut Kamuflase

     

    Performa

    MG4 EV review

    Uji jalan kami lakukan di sekitaran pabrik MG Thailand di Chon Buri. Di atas kertas mesin peminum bensin berkapasitas 1,5 liter 4 silinder menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 142 Nm. Sedangkan motor listrik secara independent menciptakan 70 PS dan momen puntir 200 Nm.

    Saat dipacu di jalan mulus Thailand, akselerasi tak mengecewakan, begitu cepat. Wajar sebagai mobil elektrifikasi, ini harusnya sudah menjadi tanda tanya lagi. Kinerja E-CVT dalam menyalurkan tenaga patut diacungi jempol. Bahkan tak terasa angka speedometer tau-tau sudah menunjukkan tiga digit.

    Pengendalian mobil pun mantap. Roda merespon baik perputaran kemudi. Sayang kami tak dihadapkan jalan berkelok tajam. Jadi tak bisa mengetahui betul bagaimana mobil bermanuver. Namun, kesenangan berkendara tetap didapat VS HEV, apalagi ada drive mode. Setelan keluaran tenaga jantung mekanis diatur secara otomatis berdasarkan mode terpilih.

    Fitur pembantu seperti cruise control terpasang. Kinerjanya tak jauh berbeda dengan mobil-mobil yang kami coba. Tentu ada perangkat penunjang stabilitas dan traksi.

    MG VS HEV di Thailand di banderol 919 ribu Baht atau Rp408 jutaan untuk varian X, di bawahnya ada D seharga 859 ribu Baht atau Rp382 jutaan. Harga segitu tentu bakal sangat menarik bila diterapkan di Indonesia. Mengingat MG Indonesia mengimpor unit dari Thailand, pastinya ada perubahan harga, bahkan kemungkinan mengalami kenaikan. Terlepas dari itu, mobil ini memiliki modal cukup kuat untuk bersaing di segmen elektrifikasi di Tanah Air. Performa oke dan fitur cukup lengkap menjadi bahan pertimbangannya. Bagaimana menurut Anda? (Hfd/Odi)

     

    Baca Juga: MG Motor Indonesia Buka Peluang Bawa MG4 EV Saingi Hyundai Ioniq 5

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil MG Unggulan

    Artikel Mobil MG dari Carvaganza

    • GJAW 2024: MG G90 Sapa Masyarakat Indonesia, MPV Mewah Lawan Alphard
      GJAW 2024: MG G90 Sapa Masyarakat Indonesia, MPV Mewah Lawan Alphard
      Alvando Noya . 23 Nov, 2024
    • MG Cyberster Resmi Diserahkan ke 10 Konsumen Pertama di Indonesia
      MG Cyberster Resmi Diserahkan ke 10 Konsumen Pertama di Indonesia
      Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
    • UABS Targetkan Tambah TKDN Mobil Listrik MG Sampai 80 Persen
      UABS Targetkan Tambah TKDN Mobil Listrik MG Sampai 80 Persen
      Setyo Adi . 11 Nov, 2024
    • MG 3 Hybrid Bakal Muncul di GJAW 2024, Pertama Jadi Hatchback Elektrifikasi
      MG 3 Hybrid Bakal Muncul di GJAW 2024, Pertama Jadi Hatchback Elektrifikasi
      Setyo Adi . 07 Nov, 2024
    • Kolaborasi MG dan UABS: Luncurkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
      Kolaborasi MG dan UABS: Luncurkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
      Setyo Adi . 06 Nov, 2024

    Artikel Mobil MG dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • MG Pajang G90 di GJAW 2024, MPV Mewah Sekelas Toyota Alphard
      MG Pajang G90 di GJAW 2024, MPV Mewah Sekelas Toyota Alphard
      Alvando Noya . 23 Nov, 2024
    • MG Indonesia Serahkan Cyberster kepada 10 Konsumen Pertama
      MG Indonesia Serahkan Cyberster kepada 10 Konsumen Pertama
      Anjar Leksana . 18 Nov, 2024
    • MG Indonesia Akan Pajang MG 3 HEV di GJAW 2024
      MG Indonesia Akan Pajang MG 3 HEV di GJAW 2024
      Setyo Adi Nugroho . 06 Nov, 2024
    • MG Kerja Sama dengan UABS, Produksi Baterai Lokal untuk EV
      MG Kerja Sama dengan UABS, Produksi Baterai Lokal untuk EV
      Setyo Adi Nugroho . 06 Nov, 2024
    • Carvaganza Editors’ Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
      Carvaganza Editors’ Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
      Alvando Noya . 31 Okt, 2024
    • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
      Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
      Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
    • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
      New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
      Setyo Adi Nugroho . 26 Jan, 2023
    • Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT
      Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT
      Setyo Adi Nugroho . 17 Okt, 2022
    • MG ZS EV Versi IIMS 2021, Potensinya Berbanding Hyundai Kona Electric
      MG ZS EV Versi IIMS 2021, Potensinya Berbanding Hyundai Kona Electric
      Ahmad Karim . 26 Apr, 2021
    • First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
      First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
      Muhammad Hafid . 06 Des, 2022
    • First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
      First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
      Alvando Noya . 15 Sep, 2022
    • First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
      First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
      Setyo Adi Nugroho . 27 Jun, 2022
    • First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
      First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
      Ahmad Karim . 27 Mei, 2021
    • First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
      First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
      Ahmad Karim . 24 Apr, 2021