Ini Bedanya Busi NGK untuk Motor Gambot Honda dan Yamaha
JAKARTA – Busi menjadi salah satu bagian sangat penting di sepeda motor. Karena ia merupakan salah satu komponen penngapian. Masing-masing busi didesain demikian rupa. Fitur-fiur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan.
Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan yang berbeda-beda. Kebutuhan mesin dan kendaraan membuat busi juga ikut mengalami perkembangan.
NGK LMAR8A-9
Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza. Businya berbeda karena punya fitur unik. Apa itu? Terlihat jelas dari ulirnya yang lebih panjang yaitu 26,5 mm. Bahasa teknisnya Long Reach. Hal ini tentu ada maksud dan tujuan.
Seperti yang diungkapkan oleh Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Honda Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. “Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5 mm,” kata dia.
![NGK Laser Iridium seri LMAR8BI-9](https://imgcdnblog.carmudi.com.ph/wp-content/uploads/2020/06/18164049/ZW-Busi-NGK_01.jpg)
Fungsinya untuk meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi. Kemudian ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi. Jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking dan lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel dan gampang didesain.
Busi standar NGK LMAR8A-9 saat ini dipasarkan Rp 67 ribu, sementara Laser Iridium dengan kode LMAR8BI-9 dijual seharga Rp 260 ribu. Buat varian termahal masa pemakaiannya sanggup hingga 100.000 km, karena penggunaan teknologi DFE (Double Fine Electrode). Ujung elektrodanya sudah menggunakan iridium dan platinum yang menjadikan pembakaran di ruang bakar semakin sempurna.
![Busi NGK LMAR8BI-9](https://imgcdnblog.carmudi.com.ph/wp-content/uploads/2020/06/18164052/ZW-Busi-NGK_03.jpg)
NGK MR8K-9
Selain kedua motor matik bongsor, busi untuk motor Honda PCX dan ADV150 juga memiliki fitur khusus yang berbeda dari motor matik lainnya. Disebut NGK MR8K-9, busi ini dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation. Sehingga busi tersebut dapat memiliki performa pengapian yang maksimal dengan masa pakai yan lebih panjang.
Diko mengatakan karena fitur untuk masing-masing motor yang berbeda-beda, ia menyarankan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. “Hal ini agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa da efisiensi yang paling optimal,” kata dia. (Hrf/Raju)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test