Ini Perbedaan KLX 150L, KLX 150 BF dan KLX Off-Road

Ini Perbedaan KLX 150L, KLX 150 BF dan KLX Off-Road
JAKARTA, 6 Juni 2016 - Kawasaki melansir keluarga terbaru KLX yaitu KLX 150 off-road. Model ini melengkapi line-up sebelumnya yaitu KLX 150L dan KLX 150 BF. Lalu apa beda ketiganya? Sekilas ketiganya memiliki tampilan yang hampir sama satu dengan yang lainnya. Padahal ketiga saudara ini memiliki beberapa perbedaan baik secara penampilan fisik maupun performa mesin. Ini di perbedaannya: KLX 150L Kawasaki dengan “tongkrongan” trail ini memang terlihat keren jika dibandingkan dengan varian on-road (Kawasaki Dtracker). Kawasaki KLX 150L terlihat lebih gagah dengan kaki-kaki besar seperti, telescopic fork berdiameter 33 mm pada bagian depan dan Uni-Trak, with 5-way adjustable preload di bagian belakangnya. Velg tipe spoke pada bagian depan berukuran 70/100-19M/C 42P dan 90/100-16M/C 51P pada bagian belakangnya. Ban “kembang  tahu” semakin membuat motor ini asik di ajak adventure. Secara data teknis, Kawasaki KLX 150L ini memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi 2,050 x 830 x 1,115 mm dengan jarak ke tanah 255 mm. KLX150L memiliki berat kosong sekitar 116 kg. Kawasaki-KLX150L BACA JUGA: 5 Motor Terbaru yang Akan Diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 Dari sektor mesin, KLX 150L “pede” dengan menggendong mesin berkapasitas 150 cc SOHC dengan 2 valves dan Air-cooled, 4-stroke Single. Tenaga maksimal 8.6 kW (12 PS) / 8,000 rpm dengan torsi maksimum di angka 11.3 N.m (1.2 kgf.m) / 6,500 rpm. Untuk suplai bahan bakarnya KLX 150L menggunakan karburator NCV24. KLX150BF Perbedaan Kawasaki KLX 150BF terletak pada penggunaan suspensi depan yang sudah menggunakan suspensi tipe inverted fork alias USD (upsidedown) berukuran 35 mm dan Uni-Trak, with 5-way adjustable preload pada bagian belakang. Akibatnya bobot motor bertambah sedikit lebih berat 118 kg. Dengan embel-embel BF karena penggunaan ban depan 2.75/100-21 45P dan 4.10/100-18 59P untuk belakangnya. Sementara untuk sektor mesin kedua varian ini memiliki basic mesin yang sama. KLX150BFKLX 150 Off-Road Sementara untuk Kawasaki KLX 150 Off-Road yang diperkenalkan di BSD Track kemarin terlihat sangat berbeda dari kedua varian KLX 150. Walau tidak menggunakan suspensi Upsidedown dan lampu penerangan di depan dan lampu belakang serta lampu sein kanan-kiri. Hal ini dikarenakan motor yang diproduksi di Thailand ini hanya diperuntukan di medan grastrack alias sirkuit saja. Untuk dimensinya, KLX150 Off-Road memiliki panjang “sedikit melar” menjadi panjang x lebar x tinggi 2.005 mm x 790 mm x 1.135 mm. Hal ini dikarenakan penggunaan arm baru berbahan allumunium billet layaknya trail kompetisi. Perbedaan lainnya ada pada sisi penggunaan disc brake depan yang sedikit lebih kecil dengan ukuran 220 mm petal disc dual piston. IMG_3244 BACA JUGA: Test Ride Lengkap KLX230: Lincah di Trek Off-road Karena diperuntukkan di medan tanah, maka jarak tanah (ground clearance) pun juga sedikit lebih tinggi dengan penggunaan velg tipe spoke berukuran 80/100-21 M/C 51M dibagian depan dan 100/100-18 M/C 59M pada bagian belakangnya. Motor yang diperkenalkan dengan tagline “Easy, Lightweight and Reliable” ini juga memiliki berat yang tidak sampai 100 Kg yaitu, 99 Kg dengan tangki bahan bakar yang hanya mampu menampung bensin 5,8 Liter. Untuk sektor mesin, Kawasaki KLX150 Off-Road ini tidak memiliki spesifikasi yang berbeda dengan kedua varian lainnya. Hanya saja, diameter gear belakang mengalami “pembengkakan” menjadi 57 mm. Torsi pun naik sekitar 0,7 N.m pada 6500 RPM. Tidak hanya itu KLX 150 Off-Road juga memiliki final reduction ratio (fdr) yang lebih besar dibanding KLX 150L yang hanya memiliki besaran 3.286 (46/14) sementara, KLX 150 Off-Road memiliki fdr sebesar 4.385 (57/13). ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Update Harga Motor Suzuki per September 2024
    Update Harga Motor Suzuki per September 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Harga Motor Honda Terbaru September 2024
    Update Harga Motor Honda Terbaru September 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Harga Motor Yamaha per September 2024, Hampir Semua Model Naik Ratusan Ribu
    Update Harga Motor Yamaha per September 2024, Hampir Semua Model Naik Ratusan Ribu
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ribuan Konsumen Honda Dapat Banyak Kejutan
    Ribuan Konsumen Honda Dapat Banyak Kejutan
    OTO . Hari ini
  • Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition, Perpaduan Kemewahan dan Karya Seni Tinggi
    Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition, Perpaduan Kemewahan dan Karya Seni Tinggi
    Zenuar Yoga . 09 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Harga Maksimal Rp45 Juta, Ini Opsi Skutik dan Motor Sport Pakai ABS
    Harga Maksimal Rp45 Juta, Ini Opsi Skutik dan Motor Sport Pakai ABS
    Zenuar Yoga . 16 Agu, 2024
  • Ada Model Baru, Ini Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series yang Dijual di Indonesia
    Ada Model Baru, Ini Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series yang Dijual di Indonesia
    Zenuar Yoga . 12 Agu, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024