Yamaha Nmax Turbo tersedia dalam tiga varian: Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate. Varian Tech Max dan Tech Max Ultimate hampir sama, namun model termahal menawarkan tambahan performance damper dan cover knalpot yang sporty. Untuk Anda yang penasaran dengan perbedaan antara Nmax Turbo dan Turbo Tech Max, berikut adalah ulasannya.
Kedua model tersebut memiliki desain yang serupa, dengan tampilan yang lebih agresif dan futuristik daripada model sebelumnya. Bagian depan memiliki desain yang lebih modern dengan pencahayaan full LED dan dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara. Garis-garis bodi yang tegas dari depan hingga belakang memberikan kesan sporty dan mewah, dengan windscreen yang tinggi dan menonjol yang diklaim dapat meningkatkan aerodinamika.
Desain bagian belakang lebih canggih dengan struktur yang menarik. Stoplamp dibuat lebih ramping dengan lampu sein yang ditempatkan secara vertikal di bagian bawah. Teknologi lampu sudah menggunakan LED.
Posisi kaki yang nyaman untuk selonjoran tetap dipertahankan. Pelindung radiator memiliki bentuk yang agresif, dan cover setang didesain lebih dinamis untuk menyelaraskan dengan bentuk tubuh motor.
Perbedaan desain tampak pada jok. Model Turbo standar bersifat minimalis, sedangkan Tech Max telah mengadopsi Special TechMax Seat dengan material eksklusif dan jahitan emas, memberikan tampilan yang lebih mewah.
Pilihan warna juga beragam. Turbo standar menawarkan dua pilihan, Elixir Dark Silver dan Magma Black, sementara Turbo Tech Max hanya tersedia dalam Magma Black.
Dari segi performa, tidak ada perbedaan. Keduanya menggunakan mesin 155 cc blue core berpendingin cairan 4 tak SOHC VVA, dengan diameter x langkah (58 mm x 58,7 mm) dan rasio kompresi 11,6:1, menghasilkan tenaga 14,2 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Fitur Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) juga terdapat pada kedua model, yang menyediakan Riding Mode dengan dua pilihan berkendara, T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).
Kedua mode ini dapat diaktifkan melalui tombol di bagian depan setang kemudi kiri. T-Mode ideal untuk berkendara sehari-hari di kota dengan berkendara yang lebih halus dan hemat bahan bakar, sementara S-Mode cocok untuk perjalanan jarak jauh atau touring dengan akselerasi yang lebih responsif.
Selain Riding Mode, Nmax Turbo juga dilengkapi dengan Y-Shift. Tombol operasinya terletak di bawah stang sebelah kiri. Y-Shift menawarkan sensasi berkendara yang unik dengan fungsinya yang mendukung akselerasi instan seperti "Turbo".
Y-Shift memiliki tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3), yang ideal untuk digunakan saat mendahului atau menanjak. Y-Shift juga berguna untuk deselerasi saat menuruni bukit atau cornering.
Kedua fitur dapat terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) melalui bluetooth. Pengendara dapat memantau lokasi parkir terakhir, pengingat penggantian oli dan aki, konsumsi bahan bakar, dan notifikasi jika terjadi kerusakan pada motor, semuanya melalui smartphone.
Fitur ini juga memungkinkan pengendara untuk menerima notifikasi email, SMS, dan panggilan telepon melalui speedometer multifungsi LCD full digital. Notifikasi masalah teknis juga akan dikirim ke email yang telah terdaftar.
Namun, Nmax Turbo standar hanya dilengkapi dengan Multi Infotainment Display with Y-Connect yang menggunakan layar negative display berwarna biru. Meskipun demikian, tampilannya masih menarik dengan tambahan indikator Y-Shift. Sementara itu, Turbo Tech Max menggunakan TFT Navigation Display dengan sistem navigasi dari Aplikasi Garmin Street Cross, menampilkan peta digital dan arahan pada layar Infotainment.
Fitur lain yang menjadi perbedaan keduanya yaitu Turbo Tech Max dibekali Y-Connect with linkcard SCCU, Electric Power Outlet type C, Dual channel ABS dan Traction Control System. Sementara kelengkapan lain identik, seperti Smart Key System, bagasi 25 liter, Stop & Start System, Rear Sub Tank Suspension dan juga ban tubeless bertapak lebar.
Tak lupa pula masing-masing memiliki garansi 5 tahun atau 50.000 km yang meliputi komponen rangka, FI, DiASil Cylinder dan piston.
Saat ini, Nmax Turbo dijual dengan harga Rp37,750 juta OTR Jakarta. Down Payment (DP) termurah adalah Rp3,775 juta atau 10% dari harga jual. Untuk cicilan 11 bulan, biaya yang harus dibayar adalah Rp4,696 juta per bulan. Ada juga opsi kredit 23 bulan dengan cicilan Rp2,672 juta per bulan, atau cicilan selama 35 bulan dengan pembayaran Rp2,147 juta per bulan.
Jika skema kredit tersebut terasa berat, Anda dapat membayar DP sebesar Rp11,325 juta atau 30% dari harga, sehingga cicilan bulanan menjadi Rp3,927 juta selama 11 bulan, atau Rp2,292 juta selama 23 bulan. Untuk cicilan 35 bulan, biayanya adalah Rp1,888 juta.
Turbo Tech Max dijual dengan harga Rp43,250 juta, dengan DP terendah Rp4,325 juta atau 10% dari harga. Cicilan untuk 11 bulan adalah Rp5,381 juta, untuk 23 bulan adalah Rp3,061 juta, dan untuk 35 bulan adalah Rp2,163 juta per bulan.
Dengan DP Rp12,975 juta atau 30% dari harga, cicilan menjadi Rp2,163 juta untuk 35 bulan, Rp2,626 juta untuk 23 bulan, atau Rp4,499 juta untuk 11 bulan.
Perhitungan ini merupakan simulasi dari situs resmi Yamaha Indonesia dan menggunakan harga OTR Jakarta. Untuk perhitungan yang lebih akurat, silakan hubungi dealer Yamaha terdekat.
Dengan informasi ini, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Jika menginginkan fitur lebih lengkap, Turbo Tech Max bisa menjadi pilihan, meskipun harganya lebih tinggi. Jika Anda mencari harga yang lebih terjangkau, Nmax Turbo biasa bisa menjadi pilihan. Namun, keputusan akhir tetap bergantung pada preferensi Anda. (Bgx)
Baca Juga: Mencari Skutik Maxi Yamaha 155 yang Paling Enak buat Harian
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.