Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bakal meluncurkan produk baru di GIIAS 2023. Kans paling besar ialah All New CR-V gasoline maupun versi hybrid. Gambar paten sudah terdaftar di Indonesia. Kemudian tersiar foto unit sedang diangkut truk di sekitar Jakarta Utara tak lama ini. Lantaran ia merupakan produk global, diyakini spesifikasi tak jauh berbeda dari model di Thailand.
Kalau dilihat dari tampilan luar juga sama dengan model di mancanegara. Fisik generasi CR-V anyar agak mirip BR-V. Baik varian bensin maupun hybrid memiliki profil sebuah SUV 7-seater dan semakin bongsor. Lihat saja, panjang bodi menjadi 4.694 mm (+69 mm), lebar 1.864 mm (+10 mm), namun makin rendah ke 1.681 mm (-8 mm). Wheelbase menjadi 2.700 mm atau memanjang 40 mm. Bila formatnya begitu, bakal terjadi penambahan ruang kaki di penumpang baris kedua maupun ketiga.
Pembaruan fitur juga dilakukan pabrikan. Contohnya, fitur ADAS atau Honda Sensing mendapatkan penyempurnaan, seperti model di Negeri Paman Sam. All New CR-V 2023 memiliki kamera baru dengan sudut 90 derajat. Kemudian sistem radar mampu memantau area sekitar, 120 derajat. Seharusnya versi Indonesia bakal begini juga.
Baca Juga: Gandeng General Motor, Honda Rilis CR-V Berbahan Bakar Hidrogen Tahun Depan
Yang menarik, terdapat imbuhan peranti anyar. All New Honda CR-V kini punya Traffic Jam Assist (TJA), Low-Speed Braking Control and Traffic Sign Recognition (TSR), Blind Spot Information (BSI) dan Adaptive Cruise Control (ACC) plus Low-Speed Follow and Lane Keeping Assist (LKAS). Kalau di luar, ia mengantongi perangkat Hill Descent Control bagi yang memilih opsi AWD. Terutama buat penunjang kemampuan di medan off-road lumayan berat. Namun agaknya HPM tidak menawarkan itu dan fokus di varian FWD.
Jantung pacu CR-V 2023 bervolume 1,5-liter VTEC Turbo senantiasa dipertahankan. Pemacu itu masih sama dengan model eksis di sini. Namun unit mendapat revisi supaya performa maupun efisiensi meningkat. Pengembangannya fokus ke turbo. Header 4-2 dirancang ulang. Namun demikian, keluaran power tak berubah. Buncahan daya tetap 190 hp (193 PS) dan torsi 243 Nm. Bedanya semua didapat di putaran mesin lebih rendah. Tenaga puncak diraih pada 6.000 rpm dan torsi mulai 1.700 - 5.000 rpm. Penyalur ke roda depan juga tetap mengandalkan CVT. Tapi dijanjikan memiliki penyaluran semakin halus.
Sedangkan varian hybrid punya teknis seperti Civic e:HEV terbaru. Mobil berbekal pemacu 4-silinder 2,0-liter siklus Atkinson. Terus dipadankan dua motor elektrik sehingga menghasilkan daya 204 hp (207 PS). Salah satu motor elektrik punya torsi lebih besar hingga 335 Nm. Tunggu informasi selengkapnya saat GIIAS 2023 berlangsung. (Alx/Odi)
Baca Juga: All New Honda CR-V Meluncur di Thailand, Ada Varian Turbo dan Hybrid
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.