Racikan Toyota Kijang Innova Zenix memang tak main-main. Karakter Kijang lawas sudah hilang. Paling signifikan tentu dari sasisnya. Menanggalkan ladder frame (tangga), beralih pakai platform monokok TNGA: GA-C. Betul, sebuah struktur rangka monokok yang juga dipakai Voxy. Jarak sumbu roda pun ikut meregang menjadi 2.850 mm. Segenap formulasi itu diadopsi bersama sistem penyangga roda, agar memberikan kenyamanan penghuni kabin. Khususnya di baris pertama maupun kedua.
Penggunaan suspensi baru jelas punya andil besar dalam menyuguhkan kenyamanan. Kijang Innova Zenix pakai McPherson Strut di depan. Lalu Torsion Beam di belakang, menggantikan tipe Multilink. Racikan ini bikin mobil punya redaman rigid, namun rebound atau pengembalian pegas terasa lembut. Alhasil, kala kendaraan berlari kencang di atas 100 km/jam terasa stabil. Minim body roll. Saat menginjak jalan tak rata memang sedikit terasa kurang, namun masih dalam batas toleransi.
Berkat TNGA pula, Kijang Innova Zenix enak ditunggangi. Platform ini memberikan ruang bagi insinyur Toyota dalam meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mereduksi suara yang masuk ke dalam kabin. Semua dalam rangka meningkatkan kestabilan dan kenyamanan pemakai saat berselancar di jalan.
Baca Juga: Ini Perubahan Mesin dan Transmisi Toyota Kijang Innova Terbaru
Ada alasan lain kenapa baris Innova Zenix lebih nyaman diduduki. Posisi suspensi tidak berada di atas jok kedua. Namun sedikit mundur. Misal saat mobil melindas gundukan atau jalan tak rata. Getaran tidak langsung tersalur ke badan penumpang. Itulah yang dirasakan saat test drive dari Kulon Progo, Semarang hingga ke Jakarta.
Tidak berhenti di situ. Kendaraan ini juga dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan demi memikat kebutuhan keluarga millennial. Duduk di baris kedua terasa nikmat lantaran terpasang panoramic retractable roof (Q & V HV), new captain seat with ottoman (Q HV), new head unit 10 inci, berikut sambungan ponsel pintar (Q & V HV). Kemudian new 10 inci dual rear seat entertainment (Q & V). Anda bisa mengakses aneka hiburan (film, musik, Netflix) dari bangku kedua.
“Yang jelas, kenyamanan Kijang Innova Zenix itu tersedia karena penggunaan platform TNGA. Wheelbase lebih panjang, membuat kabin semakin lapang. Lalu posisi jok lebih rendah (dibanding model lawas). Pengguna lebih mudah menjangkau jok ketika hendak masuk mobil. Sistem suspensi juga baru, memberikan redaman dan kestabilan lebih baik. Intinya Toyota selalu mendengarkan berbagai masukan untuk memberikan yang terbaik,” terang Dimas Aska, Head of Interactive Communication Toyota Astra Motor kepada OTO Media Group. (Alx/Odi)
Baca Juga: Sewa Kijang Innova Zenix Bisa Lewat Kinto, Segini Uang Bulanannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.