Ini yang Dimaksud "Turbo" di Yamaha Nmax Terbaru

Yamaha Nmax Turbo

Generasi ketiga Yamaha NMax telah resmi diluncurkan. Indonesia adalah negara pertama yang mendapatkan kesempatan untuk memasarkannya. Ada lima varian yang tersedia, dengan inovasi terbaru mulai dari varian Turbo.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan NMax Neo dengan harga Rp32,7 juta, Neo S Rp33,7 juta, Turbo Rp37,750 juta, Turbo TechMax Rp43,250 juta, dan varian terbatas Turbo TechMax Ultimate dengan harga Rp45,250 juta OTR Jakarta.

Banyak yang masih keliru mengenai penggunaan istilah 'turbo' di Yamaha NMax 2024. Penting untuk dicatat bahwa Yamaha menggunakan istilah 'turbo' dalam tanda petik sebagai bagian dari strategi pemasaran, dan bukan merujuk kepada komponen turbo sebenarnya.

Alasannya adalah karena tidak ada komponen turbocharger atau 'keong' sebagai perangkat induksi paksa dalam mesin Yamaha Nmax. Istilah 'Turbo' yang digunakan lebih kepada sensasi yang diberikan oleh teknologi terapan Yamaha pada model NMax terbaru ini.

Justru Inovasi CVT

Yamaha menawarkan sensasi turbo melalui CVT terbarunya, yang dikenal sebagai YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission). Teknologi YECVT mengubah gaya sentrifugal tradisional yang dihasilkan oleh roller komponen pada sheave pulley menjadi gaya yang dikendalikan oleh motor dan diatur secara elektronik. Sistem ini dikendalikan oleh TCU (Transmission Control Unit), yang mengirimkan data ke ECU (Engine Control Unit).

TCU bertugas membaca pergerakan area CVT dan mengatur perpindahan rasio. Ada dua sensor, sekunder dan primer, yang mengukur kecepatan putaran pulley depan dan belakang.

Teknologi ini memungkinkan pemilik untuk mengatur rasio CVT melalui tombol Y-Shift di saklar sisi kiri. Y-Shift menawarkan pengalaman berkendara yang unik, memungkinkan pengendara untuk mengakselerasi dengan cepat pada tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3).

Fungsi Y-Shift sangat berguna saat pengendara perlu menyalip atau mendaki tanjakan. Yamaha ingin menonjolkan sensasi akselerasi dan torsi yang ditingkatkan dengan fitur "Turbo" ini.

Fungsi atau penggunaan Y-Shift hanya dapat diaktifkan ketika RPM minimal mencapai 3.000 RPM. Untuk rinciannya, Low (1) berada pada kisaran 3.000 rpm, Medium (2) sekitar 5.000 rpm, dan High (3) di atas 8.000 rpm. Penggunaan Y-Shift yang sesuai dengan levelnya akan menjaga RPM tetap tinggi, sehingga motor dapat bergerak lincah dan mendapatkan torsi yang lebih besar. Fungsi ini mirip Overdrive di mobil otomatis konvensional. Misalnya, jika Anda berkendara dengan kecepatan 90 km/jam dan mesin berputar pada 3.000 rpm, kemudian mengaktifkan Overdrive, RPM mesin akan meningkat dan karakter mesin menjadi lebih agresif untuk mencapai power yang diinginkan.

Riding Mode Berperan Penting

Teknologi Y-Shift dikombinasikan dengan fitur Riding Mode dengan dua pilihan: T (Town) Mode untuk efisiensi bahan bakar dan mesin yang lebih halus, serta S (Sport) Mode untuk akselerasi yang lebih baik saat touring. Semua pengaturan mode berkendara ini dikontrol oleh ECU.

Yamaha NMax versi terbaru masih menggunakan mesin 155 cc, 4 katup, SOHC, satu silinder dengan teknologi VVA. Namun, untuk varian Turbo, Turbo TechMax, dan Turbo TechMax Ultimate, telah dilengkapi dengan YECVT. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 14,2 Hp di 6.500 rpm dan torsi 13,9 Nm di putaran sama, dengan peningkatan torsi sebesar 0,3 Nm dibandingkan model sebelumnya.

Akselerasi Meningkat

Menurut klaim dan pengujian internal Yamaha, teknologi YECVT yang memberikan sensasi turbo, termasuk mode berkendaranya, dapat meningkatkan akselerasi motor. Dengan teknologi ini, motor dapat melaju dari titik nol hingga 100 meter hanya dalam 7,2 detik, berbanding dengan mesin sebelumnya tanpa YECVT yang memerlukan 7,43 detik.

Selanjutnya, NMax "Turbo" diuji dalam akselerasi sejauh 200 meter dan berhasil mencapai 11,56 detik dengan kecepatan 90 km/jam, sedangkan model NMax sebelumnya membutuhkan waktu 11,93 detik untuk mencapai kecepatan 86 km/jam.

Yamaha juga melakukan pengujian di lintasan menanjak dengan kemiringan 10 derajat sepanjang 150 meter. Hasilnya, NMax "Turbo" menyelesaikan tes dalam 11,73 detik pada kecepatan 60 km/jam, sementara NMax model sebelumnya memerlukan waktu 12,33 detik dengan kecepatan 56 km/jam. (Kit)

Baca Juga: Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?

Jelajahi Yamaha Nmax Turbo

  • Tampak depan serong Yamaha Nmax Turbo
  • Samping kanan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang serong Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak depan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Samping Kiri Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang kanan serong Yamaha Nmax Turbo
Yamaha Nmax Turbo
Rp 32,7 - 45,25 Juta Cicilan : Rp 746.098

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Zenuar Yoga . 18 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Zenuar Yoga . 13 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Zenuar Yoga . 03 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 6: Eksplorasi Ranah Minang Lewat Tanjakan Viral
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 6: Eksplorasi Ranah Minang Lewat Tanjakan Viral
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Autovaganza 2024: Yamaha Pajang Nmax Turbo dan Lexi
    Autovaganza 2024: Yamaha Pajang Nmax Turbo dan Lexi
    Zenuar Yoga . 24 Agu, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024